Perbedaan Bimtek dan Worksop

Beginilah Perbedaan Bimtek dan Workshop

Dalam dunia pelatihan, ada istilah yang sering kita dengar dengan istirlah Bimtek atau bimbingan teknis dan workshop. Kedua hal ini cukup berbeda dalam beberapa sisi. Simak beberapa perbedaan dari Bimtek dan Workshop yang diulas dalam artikel dibawah ini.

Beginilah Perbedaan Bimtek dan WorkshopPerbedaan bimtek dan workshop
Perbedaan bimtek dan workshop

Orang-orang yang bekerja di bidang kepegawaian, khususnya PNS, sering mendengar istilah seminar, workshop, Bimtek, training (baik basic maupun advanced training) dan sosialisasi. Sebagian besar dari kita mendengar kata-kata ini karena undangan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan seminar, workshop, bimbingan teknis, pelatihan (pendidikan dan pendidikan berkelanjutan), sosialisasi?

Workshop, kursus pelatihan dan seminar memiliki definisi dan tujuan yang berbeda. Sepintas ketiga kegiatan tersebut terlihat sama, namun orang bisa saja salah arti dan salah menyebutkan. Ketiga kegiatan tersebut memiliki definisi, tujuan, manfaat, dan kelompok sasaran yang berbeda. 

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara Bimtek dan Workshop dan membantu Anda memahami perbedaannya. Setelah Anda memahami ketiganya, Anda harus dapat memilih aktivitas yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda Pelajari apa yang perlu Anda ketahui tentang peristiwa dan perbedaannya. 

Pengertian Bimtek 

Bimbingan Teknis (BIMTEK) merupakan kegiatan dimana peserta mendapatkan pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilannya. Beberapa topik yang dibahas adalah Membangun Tim Kerja yang Efektif, Teknik Komunikasi dalam Rangka Pelayanan Prima, Survei Indeks Kepuasan Masyarakat dan Penanganan Keluhan Pelanggan, Tata Kelola yang Baik dan Aparatur Profesional, Kepemimpinan, dll. 

Tujuan Bimtek adalah meningkatkan profesionalisme dan keterampilan peserta dalam pengembangan dan persaingan sumber daya manusia Indonesia; meningkatkan kinerja kerja berbasis kompetensi; meningkatkan kerja sama dan koordinasi dalam pelayanan publik dasar; dan meningkatkan tata kelola keuangan dan kepegawaian ASN dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Tata Kelola. Selain itu, tujuan Bimtek adalah membantu masyarakat memahami dan mengikuti aturan yang sudah Tupoksi di lapangan. 

Apa itu workshop? 

Workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang yang tertarik, berpengetahuan luas dan aktif di bidang tertentu mendiskusikan dan mempelajari topik atau proyek tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk membantu semua orang yang menghadiri acara tersebut untuk belajar lebih banyak tentang bekerja. Dalam kelompok Ini adalah jenis kegiatan di mana sekelompok orang-orang profesional atau profesional berkumpul untuk terlibat dalam kegiatan interaktif dan mendiskusikan topik tertentu. 

Sebagian besar kegiatan workshop juga mencakup diskusi tentang isu-isu spesifik yang harus dihadapi karyawan. Perusahaan perlu mengajari dan melatih orang-orang bagaimana menangani berbagai masalah. Berpartisipasi dalam program ini memastikan bahwa karyawan mempelajari informasi dan keterampilan baru yang akan membantu mereka dalam pekerjaan. 

Manfaat dan Tujuan Teknis 

Apakah yang menjadi Tujuan Bimbingan Teknis itu?  Ada banyak tujuan bimbingan teknis, termasuk: 

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia bersama. 
  • Meningkatkan koordinasi instansi.
  • Memiliki keterampilan terbaik untuk melakukan sesuatu. 
  • Jika Anda ingin naik ke posisi yang lebih tinggi, maka Bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan Anda. 
  • Peningkatan kinerja Agensi untuk membantu Agensi berhasil. 

 

Seiring dengan perubahan dunia, demikian pula bimbingan teknis. Salah satu materi teknis yang biasa digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan di era digital ini adalah materi IT. 

Memahami saran teknis dalam bentuk materi pelatihan untuk pengembangan karyawan menjadikan saran teknis penting bagi keberhasilan individu dan organisasi. 

Apa manfaat dari Bimbingan teknis? 

Manfaat mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) adalah peserta Bimtek dapat memberikan pelatihan yang berharga untuk meningkatkan kompetensi mereka. Pelatihan dan materi yang diberikan meliputi: membangun tim kerja yang efektif, teknik komunikasi untuk pelayanan prima, survei indeks kepuasan masyarakat dan cara menangani keluhan pelanggan, tata kelola yang baik dan profesionalisme fasilitas, kepemimpinan dll. 

Manfaat dan Tujuan Workhsop 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan baru kepada peserta terkait dengan apa yang mereka pelajari. Workshop ini juga dimaksudkan agar seluruh peserta dapat mempelajari lebih dalam tentang materi-materi yang berkaitan dengan bekerja dalam kelompok. 

Banyak perusahaan menggunakan workshop itu sendiri untuk lebih mengembangkan keterampilan karyawan mereka. Sistem HRIS dapat digunakan untuk mengelola karyawan tersebut, terutama yang berkaitan dengan penugasan tugas SDM dan manajemen karyawan. Anda dapat melakukan ini menggunakan sistem. 

Mengapa menghadiri workshop? 

Workshop adalah tempat terbaik bagi karyawan untuk memajukan karir mereka.  Acara ini bukan hanya tempat untuk belajar lebih banyak, tetapi juga menawarkan banyak manfaat yang akan membantu Anda sebagai pekerja terampil. 

Di bawah ini untuk mengetahui mengapa Anda harus menghadiri workshop, diantaranya adalah:

1. Menambah Wawasan dan Bakat 

Workshop Satu hal yang pasti akan Anda dapatkan dari kursus ini adalah ide dan cara berpikir baru tentang apa yang dibahas.  Karena ini adalah diskusi, orang biasanya dapat saling berbagi ide dan pemikiran tentang topik tersebut. Nah, ini akan membawa ide-ide baru dan mengubah cara berpikir Anda. Kegiatan ini juga memiliki banyak sesi praktik yang dapat Anda gunakan untuk melatih keterampilan Anda dan lebih memahami materi. 

2. Bicara dengan pakar dan pakar di bidangnya.

Apakah Anda memiliki panutan di tempat kerja? Jika demikian, workshop bisa menjadi kesempatan Anda untuk bertemu langsung dengan mereka dan mendiskusikan ide dengan mereka. Acara diskusi ini biasanya menghadirkan para pakar dan profesional di bidangnya, seperti seminar. Anda dapat belajar lebih banyak di sini daripada hanya membaca teori secara online. 

3. Ajang Networking yang Baik 

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menghabiskan waktu bersama dan berbicara tentang orang-orang yang menyukai hal yang sama dengan Anda. Workshop diadakan terutama untuk bertemu dengan pakar lain di bidang yang sama. Selain mendengarkan apa yang dikatakan pembicara, Anda dan orang lain di sana juga dapat saling belajar dengan membagikan pendapat Anda. 

4. Mencoba Hal-Hal Baru 

Walaupun Anda tidak ahli dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk mengikuti workshop di bidang tersebut. Karena event ini merupakan kesempatan bagus untuk menguji kemampuanmu di berbagai bidang. Salah satu contohnya adalah pergi ke lokakarya khusus seni. Siapa tahu Anda akan menemukan hobi dan minat baru setelah percakapan selesai. 

5. Mendapatkan informasi lebih lanjut sebelum berganti pekerjaan. 

Minat kerja yang tidak sesuai dengan jurusan atau karir yang Anda pelajari di universitas? Anda juga bisa mengikuti workshop tertentu untuk mempersiapkan diri sebelum berpindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja yang lain. 

Apa yang harus diberikan? Pasalnya, ketika Anda mengikuti pelatihan, Anda mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa Anda tahu sesuatu tentang suatu bidang. Meskipun sertifikat ini tidak sepenting pengalaman kerja, ini bisa menjadi langkah kecil menuju pekerjaan baru. 

6. Menciptakan peluang bisnis baru 

Workshop juga terbuka bagi mereka yang ingin belajar bagaimana memulai bisnis. Materi tidak hanya diambil dari teori bisnis. Anda juga dapat membaca tentang banyak topik menarik yang berkaitan dengan keterampilan kewirausahaan. 

Bahkan, Anda dapat mengikuti banyak kelas bisnis yang menarik, seperti workshop desain grafis, penulisan, dan dekorasi. Dengan keterampilan yang dipelajari di acara ini, Anda bisa memulai bisnis atau mendapatkan pekerjaan sampingan. Bukankah itu mengasyikkan? 

Jenis-Jenis Bimtek 

Bimbingan teknis terdapat berbagai jenis yang berkisar dari bimtek keuangan hingga bekerja sama dengan pemerintah. Bimtek digunakan oleh pegawai pemerintah, guru, PNS, perawat dan profesi lainnya. Beberapa contoh-contoh Bimtek adalah: 

Bimtek Keuangan Daerah 

bimbingan teknis ini mencakup pelatihan pengelolaan ekonomi daerah yang baik. Orang-orang belajar mencatat, menyiapkan, dan menganalisis laporan keuangan sehingga mereka dapat membuat kebijakan yang mencapai tujuan. Bimbingan teknis ekonomi daerah ini biasanya diikuti oleh departemen ekonomi pemerintah daerah seperti pemerintah daerah, kelurahan dan kecamatan hingga tingkat nasional. Tujuannya juga untuk meningkatkan keterampilan staf, yang seharusnya membantu mendapatkan karyawan yang lebih jujur, baik hati, dan kompeten. 

Bimtek Lurah / camat 

Ini semacam petunjuk teknis bagi masyarakat yang ingin menjadi atau sudah menjadi kepala desa atau camat. Bimtek dapat berbicara tentang pengelolaan desa mulai dari pengelolaan internal hingga pengelolaan eksternal hingga uang. Selain itu, bagaimana mengembangkan solusi bersama di tingkat regional dan sub-regional dan bagaimana melatih untuk membuat kebijakan yang memecahkan masalah dan merespon situasi. 

Bimtek Guru / PNS 

Bimbingan teknis ini ditujukan untuk guru atau PNS. Tujuannya agar para guru atau pendidik terinformasi dan mampu mengajar dengan baik dan efektif. Misalnya, bantuan teknis untuk pembelajaran atau teknologi komputer. Guru belajar bagaimana menggunakan komputer sederhana dan bagaimana teknologi dapat membantu siswa belajar. 

Bimbingan Teknis Kesehatan 

Contoh lain dari pendidikan teknik adalah bidang kesehatan. Jenis bimtek ini biasanya ditujukan kepada orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan, seperti apoteker, perawat, dokter, dll. Salah satu contoh pelatihan adalah mengajarkan orang tua untuk memperlakukan pasien dengan lembut sesuai SOP. 

Jenis-Jenis Workshop

Jika kita melihat ide acara, dapat dibagi menjadi dua jenis: diskusi dan pelatihan. Tetapi orang-orang ini tidak hanya dipikirkan dalam hal peristiwa. Berikut adalah beberapa jenis lain yang harus Anda ketahui. 

Berdasarkan Sifatnya

Workshop berfiat Mengikat: Artinya semua workshop harus memverifikasi hasil proses workshop. Dalam kebanyakan kasus, acara ini diselenggarakan oleh orang atau institusi tertentu. 

Opsional: Di sisi lain, workshop ini tidak wajib, mis. peserta tidak harus mengikuti hasil workshop. 

Berdasarkan Waktu 

Beruntun: Kegiatan workshop ini dilakukan beberapa kali selama periode waktu tertentu.   Workshop tidak diselenggarakan mingguan atau bulanan. Dengan kata lain, kegiatan ini hanya terjadi sekali dalam jangka waktu yang lama, seperti seminggu sekali atau sebulan sekali. 

Workshop untuk lembaga atau kelompok pendidikan tertentu 

Menyelenggarakan workshop ini menurut lembaga atau kelompok pendidikan membuat workshop. Seringkali diskusi dalam workshop ini juga terbatas pada bidang-bidang tertentu. Orang-orang berbicara tentang masalah yang muncul dan cara untuk menyelesaikannya. 

Perbedaan Lain Antara Bimtek dan Workshop

Workshop dan pelatihan adalah dua hal yang berbeda. Keduanya menawarkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan mempelajari hal-hal baru, tetapi keduanya sangat berbeda. Ada beberapa perbedaan mengenai kedua kegiatan tersebut, diantaranya adalah:

Jangka waktu 

Untuk kegiatan bimtek, biasanya berlangsung lebih lama dari workshop. Workshop biasanya akan dapat berlangsung 1-3 hari dan 5-9 jam kerja per hari, tergantung topiknya. Sebaliknya untuk Bimtek dapat berlangsung dari satu hari hingga lebih dari seminggu. 

Karakteristik Kegiatan

Dalam workshop, tujuannya adalah menemukan cara untuk memecahkan masalah yang menjadi fokus kegiatan.  Kegiatan ini juga digunakan sebagai wadah untuk mendiskusikan ide dan fokus pada pemecahan masalah. 

Bimtek biasanya akan berfokus pada peningkatan keterampilan peserta. Kegiatan pelatihan juga lebih terfokus untuk memungkinkan orang menyelesaikan banyak pelatihan dalam waktu singkat. 

Partisipan

Orang-orang yang mengikuti workshop akan lebih beragam. Ini berarti bahwa peserta workshop dapat bervariasi dari orang yang baru di bidangnya dan ingin belajar lebih banyak, hingga mereka yang sudah ahli. 

Kegiatan Bimtek sebaliknya, biasanya diikuti oleh orang-orang yang ingin memperoleh keterampilan baru untuk menjadi profesional. Dalam kebanyakan kasus, bimtek tersebut sudah mengetahui dasar-dasar departemen. 

Demikianlah perbedaan antara workshop dan bimtek. Jika Anda mengikuti kedua jenis kegiatan tersebut, Anda  perlu memiliki menyiapkan souvenir tas untuk acara tersebut. Oscas Indonesia merupakan produsen tas seminar siap membantu Anda membuat tas souvenir acara seminar dan bimtek terbaik.

 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini