Cari tahu jenis bahan tas gunung terbaik

Bahan Tas Gunung yang Bagus dan Kuat, Nylon atau Polyester?

Bahan tas gunung paling umum adalah nylon dan polyester. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih baik?

Bahan Tas Gunung yang Bagus dan Kuat, Nylon atau Polyester?

Bahan tas gunung paling umum adalah nylon dan polyester. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih baik?

Sebelum itu, mari kenali dulu karakteristik bahan tas ransel yang bagus secara umum. Tas ransel setidaknya harus nyaman, kuat, tahan air, dan ringan.

Di satu sisi, ransel untuk naik gunung memerlukan semua hal tersebut. Maka dari itu kamu tidak boleh sembarang memilih bahan.

Nylon dan polyester menjadi pilihan populer diikuti beberapa bahan alternatif lainnya. Untuk tahu lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya.

Bahan Tas Gunung Nylon vs Polyester

Berikut ini lima faktor pembanding antara bahan tas gunung nylon dan polyester:

1. Daya Tahan

Keduanya sama-sama tahan lama, tetapi nylon cenderung lebih kuat untuk menahan beban yang berat.

Selain itu, nylon dan polyester juga tahan aus. Dalam hal ini polyester sedikit lebih unggul.

Kemudian dari segi tampilan, warna kain polyester tidak mudah memudar meskipun sering terpapar sinar matahari. 

2. Waterproofing

Selanjutnya, nylon punya sifat tahan air. Akan tetapi, bahan ini tetap bisa menyerap jika intensitasnya tinggi. Sebagai contoh, saat diguyur hujan nylon akan melar dan jadi semakin berat.

Itulah alasan tas gunungnylon biasanya menambah lapisan tahan air. Berbeda dengan nylon, bahan polyester sama sekali tidak menyerap air.

3. Kenyamanan

Pada dasarnya nylon memiliki permukaan yang lembut sebagai keunggulannya. Namun, produsen polyester saat ini sudah bisa membuat kualitas yang sepadan.

Maka dari itu, soal kenyamanan kedua bahan tas gunung ini tidak terlalu berbeda.

Hanya saja, nylon agak lebih panas sehingga kurang nyaman dipakai di siang hari. Walaupun, karakteristik tersebut justru menguntungkan saat malam hari.

4. Elastisitas

Amat disayangkan karena polyester ternyata tidak elastis. Ini agak berisiko terutama ketika kamu membawa barang-barang berat.

Nylon mengungguli polyester untuk faktor ini. Bahkan dalam kondisi basah, peregangan kain nylon malah semakin baik.

Namun, apabila produsen menambahkan lapisan tahan air, kemungkinan elastisitas nylon akan sedikit berkurang.

5. Harga

Harga bahan tas gunung nylon relatif mahal, apapun mereknya. Berarti jika budget kamu terbatas, pilihan terbaik adalah kain polyester.

Ketika memproduksi tas secara massal, kamu perlu mempertimbangkan secara matang soal harga bahan.

Pilihan lainnya kamu bisa tentukan di antara beberapa bahan tas gunung alternatif.

Alternatif Bahan Tas Gunung

Selain nylon dan polyester, berikut beberapa bahan yang sering jadi alternatif untuk membuat tas gunung:

  • Polypropylene – Bahan plastik yang punya kemampuan tahan air dan cepat kering. Sayangnya, gampang memudar kalau terpapar sinar matahari berkepanjangan.
  • Cordura – Bahan merek Cordura umumnya terbuat dari nylon atau campuran nylon. Kuat, tahan lama, tahan aus, dan tahan air, sangat ideal untuk tas gunung.
  • Ballistic Nylon – Bahan nylon tebal dari merek DuPont. Bersifat tahan robekan dan berat. Dahulu bahan ini digunakan untuk jaket anti peluru.
  • Nylon Baby Ripstop - Bahan dengan pola kotak-kotak dan rapat untuk mencegah robekan jika terkena benda tajam. Selain kuat, baby ripstop juga tahan air dan lembut.

Salah satu penanda kualitas bahan tas gunung adalah dinir atau denier, yang memengaruhi ketebalan dan beratnya. Semakin tinggi dinir, artinya bahan semakin tebal dan tahan lama.

Mana Bahan yang Terbaik untuk Tas Gunung?

Kualitas tas gunung berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya. Semua tergantung model dan bagaimana cara produksinya.

Dari pilihan yang ada, nylon masih dianggap sebagai bahan tas gunung terbaik. Segala keunggulannya menawarkan kenyamanan lebih bagi para pendaki.

Harganya memang lebih mahal, tetapi kualitasnya sangat sepadan. Kamu akan mendapat tas ransel yang bagus dan kuat, cocok untuk berpetualang.

Penutup

Kesimpulannya, berbeda dengan pembuatan tas ransel pada umumnya, bahan tas gunung lebih terbatas. Pasalnya, tas ini butuh kriteria khusus agar tetap nyaman dan fungsional di kondisi ekstrem sekalipun. Jika kamu bingung, percayakan pemilihan bahan dan proses produksinya kepada OSCAS.CO.ID.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini