Beda PU Leather dan Kulit Sintesis (pexels/nappy)

Cara membeda PU leather dan kulit sintesis paling akurat

Apa Beda PU Leather dan Kulit Sintesis, Sama-sama Kulit Palsu?

Sebelum memilih produk kulit yang berkualitas, Anda harus mengetahui beda PU Leather dan kulit sintesis agar tidak menyesal dan bisa tahan lama bahkan membuat Anda percaya diri saat memakainya

,

PU Leather merupakan singkatan dari polyurethane yang memiliki arti salah satu serat sintetis yang paling banyak digunakan setelah polyester, Sehingga ada beda PU Leather dan kulit sintesis. Sedangkan PU Leather adalah kulit sintesis yang terbuat dari polyurethane. 

Kulit sintesis sendiri merupakan jenis yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan dari produk seperti dompet, jok motor, sepatu dan masih banyak lagi lainnya.

Bahan kulit sendiri Memang memiliki dua jenis yaitu itu kulit palsu dan asli. Banyak orang yang mengatakan bahwa kulit palsu adalah kulit sintesis. Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa itu merupakan PU Leather. Beda PU Leather dan kulit sintesis sendiri memiliki perbedaan yang ternyata keduanya tidak identik.

Kelebihan PU Leather untuk Semua Jenis Kulit

1. Daya Serap

Kulit PU Leather tidak mudah menyerap air. Hal ini membuat produk buatan dari kulit pu dapat cepat kering dan mudah dibersihkan. Contohnya saja jok sepeda motor yang dapat dicuci dengan sabun dengan pencucian dalam kurun waktu dekat. Hal itu tidak akan membuat jok motor tersebut rusak justru akan bersih dan mengkilap.

2. Daya Tahan

Dengan bahan yang kuat ini tidak akan cepat mengering atau kaku saat berada di udara terbuka ini membuktikan bahwa pu leather memiliki kualitas yang bagus karena dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama.

3. Pewarnaan

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan dompet ataupun sandal yang berwarna-warni dari mulai merah hijau hingga oranye. Hal ini karena dapat diberikan pewarna tanpa menimbulkan kerusakan pada produknya. 

Tentu saja hal ini ini bagus untuk pemasaran dan juga permintaan pasar. Jika anda menemukan barang-barang kulit yang berwarna seperti ini itu berarti produknya terbuat dari polyester bukan dari kulit asli.

4. Harga Lebih Terjangkau

Beda PU Leather dan kulit sintesis terdapat pada harga. PU Leather tentu jauh lebih terjangkau dibanding sintesis dibandingkan dengan kulit asli. Harga ini memang jauh lebih murah. 

Kulit asli sendiri Memang berasal dari hewan dan bergantung pada usia hewan yang diambil kulitnya. Jika stok habis pula terdapat dibuat sendiri tetapi jika kulit hewan harus menunggu regenerasi hewan selanjutnya.

5. Dapat Didaur Ulang 

PU Leather merupakan jenis plastik maka hal ini dapat di daur ulang. Jadi, jika nantinya terjadi kerusakan pada barang atau produk tidak perlu dibuang, tetapi dapat diubah menjadi barang lain atau produk lain.

Kelemahan PU Leather Untuk Semua Jenis Kulit

1. Mudah Sobek 

Dibandingkan dengan kulit asli jelas terlihat lebih tipis. Hal ini yang nantinya akan membuat produk atau barangnya dapat robek.

2. Bahan Kimia

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bau aroma barang baru. Produk-produk yang terbuat dari PU Leather kerap kali dijumpai memiliki bahu bau kimia yang cukup tajam.

3. Tidak Ramah Lingkungan

Dengan bahan yang terbuat dari plastik jelas ini membutuhkan waktu beberapa tahun untuk dapat mengurai dengan bumi. Hal ini yang membuat bahan pola tersendiri tidak menjadi ramah lingkungan.

4. Mudah Dibedakan

Beda PU Leather dan kulit sintesis terlihat dari segi visual ada banyak barang yang terlihat sangat jelas perbedaannya dengan kulit asli.

Lalu Bagian Mana Beda PU Leather dan Kulit Sintesis?

PU Leather sendiri sebenarnya adalah kulit sintesis. Tetapi kulit sintesis sendiri mempunyai beberapa jenis. Kulit sintetis garis besar yang lebih dikenal dengan faux leather atau kulit palsu. Bahan yang satu ini terbuat dari bahan campuran yang bahan utamanya adalah polyester yang sudah umum digunakan.

Polyester sendiri dibuat dari bahan lain seperti polivinil klorida, lilin dan poliuretan yang sama dengan penggunaan dalam membuat pakaian. Faux leather sendiri terkadang dibuat dari 100% bahan campuran. 

Tetapi pada umumnya dibuat dari campuran kulit binatang yang biasanya paling umum adalah kulit sapi. Bagian kulit sapi ini Tentunya adalah bagian kulit sapi yang berserat kemudian bagian atasnya dilapisi dengan kulit palsu. 

Tujuan dalam hal mencampur kulit asli dan kulit palsu ini untuk mendapatkan barang yang lebih kualitas tetapi masih dengan harga yang terjangkau. 

Beda PU Leather dan Kulit Sintesis dalam Berbagai Aspek

1. Tingkat Ketebalan

Lebih tipis dibanding dengan kulit sintetis karena PU Leather tidak memiliki campuran kulit asli apapun.

2. Tekstur

Kulit PU Leather memiliki terlihat begitu seragam dan tidak abstrak. Beberapa kulit tekstur yang masih memiliki kandungan kulit asli memiliki tekstur yang abstrak. Sedangkan sintesis yang tidak memiliki kulit asli jauh lebih rapi dibandingkan pu leather.

3. Warna

Beda PU Leather dan kulit sintesis dapat dilihat dari warnanya. Kulit sintesis memiliki kulit asli yang hanya memiliki dua warna yaitu coklat atau hitam. Sedangkan kulit PU Leather cenderung memiliki berbagai variasi warna.

4. Bahan Pembuatan

Kulit sistesis memiliki bahan yang dicampur dengan kulit asli. Sedangkan PU Leather dibuat dari 100% bahan sintesis.

5. Daya Tahan Air

Beda PU Leather dan kulit sintesis memiliki perbedaan dalam menyerap air. Kulit sintesis tetap akan menyerap air dengan proses yang cukup lama. Sedangkan PU Leather memiliki ketahanan dalam menyerap air. 

6. Tingkat Kekuatan

Kulit sintesis yang memiliki campuran kulit asli akan kaku jika dibiarkan terlalu lama dalam ruang terbuka. Tetapi PU Leather tidak akan kaku sekalipun dibiarkan dalam udara yang terbuka dalam kurun waktu yang cukup lama.

Beda PU Leather dan kulit sintesis memiliki hal yang berbeda dalam soal perawatan. PU Leather dengan basis bahan plastik justru tidak akan memilih menimbulkan sebuah masalah jika dicuci dengan sabun atau apapun. Sedangkan kulit sintesis sendiri memiliki perawatan khusus untuk membersihkannya.

Perbedaan di atas membuktikan bahwa keduanya hal yang sama-sama baik. Tetapi harga dan perawatan memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan kulit sintetis yang telah dicampur. Jadi, selain mengetahui beda PU Leather dan kulit sintesis, Anda cerdas dengan lebih memilih kulit sintesis atau pola terdalam produk yang nantinya Anda beli.

Biar tidak bingung, Anda bisa membelinya di OSCAS. Perusahaan jasa pembuatan tas ini sudah berpengalaman sejak 2015 yang memproduksi berbagai macam tas kulit sintesis yang berkualitas. Anda juga bisa memesan semua jenis tas di OSCAS sesuai kebutuhan dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau.