Informasi Cara Memperbaiki Sablon yang Rusak dan Tips Sablon Awet

Cara Memperbaiki Sablon yang Rusak dan Tips Sablon Anda Awet Tahan Lama

Untuk Anda yang tidak ingin sablon kaos rusak, maka bisa memakai cara memperbaiki sablon yang rusak dari OSCAS sekaligus tips terbaik agar sablon Anda awet tahan lama.

Cara Memperbaiki Sablon yang Rusak dan Tips Sablon Anda Awet Tahan Lamapexels/AnnaShvets

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri saat memakai kaos yang sablonnya telah rusak? Ini juga yang menuntut kita pada sebuah pertanyaan tentang memperbaiki sablon yang telah rusak. Untuk memahami cara memperbaiki sablon yang rusak, Anda perlu mengetahui seberapa jauh kerusakan pada sablon kaos tersebut. 

Ada banyak alasan sablon mengalami kerusakan seperti, terlalu sering dalam pemakaian hingga seringnya mencuci kaos tersebut. Hal tersebut dapat mengakibatkan sablon yang tertempel pada kaos mengalami kerontokan. Tetapi, tidak semua hal tersebut yang menyebabkan sablon rontok. Ada hal lainnya, namun itu alasan yang mungkin terjadi. 

Sablon dengan jenis polyflex memiliki kualitas tenaga yang rekat dan juga tinggi. Dengan kualitas yang bagus tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa sablon jenis polyflex tidak mengalami kerusakan. 

Cara Memperbaiki Sablon yang Rusak

Selama sablon yang rusak masih belum terlalu jauh atau parah dan hanya masih meliputi terkelupas sedikit, Anda masih memiliki memperbaikinya. Inilah beberapa cara memperbaiki sablon yang rusak yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan Mesin Press Baju

Untuk menggunakan cara yang satu ini, Anda dibutuhkan untuk mengeluarkan dana yang cukup besar. Tetapi, jika Anda memiliki press t-shirt atau mesin cetak tentunya dapat dimanfaatkan. 

•    Anda diharuskan untuk menyimpan bagian sablon yang sudah terlepas
•    Menyiapkan mesin press t-shirt
•    Mengatur mesin pada temperatur 160ᵒ/10 sekon
•    Melapisi t-shirt yang mau ditempelkan dengan kain teflon
•    Tempatkan sablon yang telah terlepas pada zona t-shirt yang diinginkan
•    Tekan mesin press t-shirt pada kaos
•    Setelah menunggu beberapa detik, pastikan bahwa sablon menempel dengan erat dan rekat
•    Jika belum merekat, maka lakukan kembali dengan beberapa detik

2. Memakai Setrika

Jika Anda menginginkan alat dan juga dana yang lebih terjangkau, maka ada pilihan lainnya yaitu dengan memakai setrika. cara memperbaiki sablon yang rusak satu ini bisa Anda lakukan tanpa ribet. Hasil dari alat sebelumnya mungkin lebih maksimal dan dengan waktu beberapa detik saja.

Sedangkan menggunakan setrika Anda memerlukan waktu yang lebih lama dan tidak menghasilkan sablon yang efektif seperti dari mesin.

•    Menyiapkan sablon yang telah terlepas
•    Siapkan setrika dengan suhu yang panas
•    Tempatkan t-shirt yang ingin ditempelkan
•    Proses hampir sama seperti mesin yang mana melapisi kaos dengan kain teflon
•    Sesuaikan sablon yang terlepas pada kaos yang telah disiapkan
•    Gosokan setrika untuk merekatkan sablon kembali dengan berulang kali
•    Waktu yang dibutuhkan juga sedikit lebih lama untuk merekatkan sablon kembali

Jika Anda tidak memiliki kain teflon dan mesih ingin menggunakan metode dengan setrika. Ada cara lainnya seperti ini:
    
•    Menyiapkan sablon yang terkelupas
•    Menghidupkan setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas seperti sebelumnya
•    Siapkan t-shirt lalu letakkan kertas putih yang tebal pada tempat yang ingin ditempelkan sablon
•    Gosok setrika beberapa kali agar merekat dan juga pastikan bahwa kertasnya tidak terbakar. 
•    Lakukan berulang kali hingga sablon merekat kembali pada kaos

3. Menggunakan Lem Perekat

Cara memperbaiki sablon yang rusak lainnya lebih praktis. Menggunakan metode yang satu ini tidak seefektif cara-cara sebelumnya. Dan sangat besar kemungkinan untuk sablon nantinya lepas kembali. Tetapi, jika Anda tidak memiliki setrika maupun mesin. Cara ini dapat digunakan meski bertahan sebentar.

•    Siapkan perekat fox ataupun castol
•    Menempelkan perekat pada bagian kaos yang sablonnya telah terlepas
•    Pastikan menempelkan dengan jumlah yang sesuai, agar tidak mengotori bagian yang tidak terkelupas
•    Diamkan dalam waktu sehari dan jauhkan dari air ataupun benda cair

Tips Sablon Agar Awet Tahan Lama

Setelah memahami cara memperbaiki sablon yang rusak. Sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana menjaga dan merawat sablon agar awet dan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Banyak sekali t-shirt yang memiliki motif sablonan pada bagian depannya dan harus selalu terlihat rapi agar percaya diri dalam memakainya. 

Sablon seperti itu akan memudar seiring dengan seringnya penggunaan. Tetapi, ada cara lain untuk membuat sablon lebih tahan lama. Cara yang satu ini menjaga sablon dalam metode menyetrika yang seringkali dilakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Membalik Kaos Saat Menyetrika

Bukan hal asing lagi dengan trik dan metode yang satu ini. Membalik kaos saat menyetrika dapat mencegah sablon cepat terkelupas atau retak. Gunakan cara ini pada kaos yang memiliki sablon tempel bukan yang timbul. 

2. Melapisi dengan Kertas HVS 

Gunakan kertas HVS polos saat menyetrika kaos sablon. Hal ini digunakan sebagai isolator yang mana berfungsi agar kaos sablon tidak terlalu terkena suhu yang begitu panas dari setrika. 

Anda dapat menggunakan tips yang satu ini pada sablon bahan plastisol dan cenderung timbul pada kaos.

3. Menyetrika dengan Searah dan Pelan

Sebisa mungkin untuk menyetrika secara perlahan dan dengan searah. Hal ini bertujuan agar suhu panas tidak menyebar pada area lainnya dan tentunya agar kaos rapi. Suhu panas akan cenderung tetap stabil dan paparan besi dari setrika cenderung sama. 

4. Hindari Menyemprotkan Pewangi pada Arah Sablon

Pewangi memang berperan penting dalam hal setrika karena dapat menumbuhkan aroma yang harus serta melembutkan baju. Tetapi, pewangi memiliki bahan kimia yang mana saat memiliki kontak dengan panas dapat merusak warna. Hal ini yang membuat sablon cepat memudar.

5. Menggunakan Setrika dengan Suhu Rendah

Pastikan setrika yang akan digunakan sesuai dengan sablon kaosmu. Tetap menjaga kerendahan suhu setrika agar sablon kaosmu tetap awet dan bertahan lama. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan setrika yang memiliki bahan teflon anti gores.

Hal ini akan membuat baju nampak lembut dan tidak mudah mengalami kerusakan. Anda juga dapat mengatur suhu kapasitas pada listrik dan tentunya hal ini akan membuat lebih hemat pada biaya. 

Beberapa cara memperbaiki sablon yang rusak dan juga tips agar sablon tetap dapat awet dalam kurun waktu yang cukup lama. Cara di atas dapat Anda gunakan pada t-shirt sablon kesayangan yang ingin selalu terlihat rapi dan bagus. Kuncinya ada pada kesabaran dan konsisten untuk membuatnya awet. 

Agar bisa mendapatkan jenis sablon yang berkualitas dan dijamn tidak gampang rusak, maka bisa memakai produk dari OSCAS. Untuk harga dijamin terjangkau dengan sistem produksi yang terbaik.

Sebagai jasa pembuatan tas terpercaya di Indonesia OSCAS sudah memproduksi berbagai macam tas. Mulai tas sekolah, tas kanvas, tas kantor dan masih banyak jenis lainnya. Sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Bahkan bisa langsung mendesain sendiri lalu serahkan semua prosesnya kepada OSCAS.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini