Kumpulan Contoh Backdrop Seminar yang Menarik dan Kekinian

Backdrop adalah salah satu elemen penting yang perlu Anda siapkan sebelum menyelenggarakan seminar. Berikut ini beberapa contoh backdrop seminar untuk referensi Anda!

Kumpulan Contoh Backdrop Seminar yang Menarik dan KekinianFreepik by rawpixel
contoh backdrop seminar

Entah itu seminar offline maupun online, kehadiran backdrop sangat penting untuk menambahkan daya tarik dan peluang branding yang prima untuk menjaga perhatian audiens. Dan terkadang membuat contoh backdrop seminar ini bisa jadi hal yang memusingkan sebab harus menyesuaikan ukuran, warna, template, dll agar terlihat tidak terlalu lebay dan sesuai dengan tema seminar yang akan diadakan.

Nah, untuk membantu Anda mendapatkan inspirasi, artikel berikut ini akan membahas tentang serba-serbi backdrop seminar. Tanpa berlama-lama lagi, langsung sama simak penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Backdrop?

Kata backdrop mengacu pada arti tirai besar yang tergantung di belakang panggung atau set, entah itu polos, dicetak atau dicat. Awalnya, backdrop digunakan sebagai elemen scenic untuk teater, tapi sekarang backdrop mulai diaplikasikan hampir di semua acara, mulai dari pertunjukan di atas panggung hingga konferensi, pameran dagang, seminar, workshop, pelatihan, dan lainnya. 

Tirai backdrop biasanya terbuat dari bahan yang tebal, tidak mudah robek, tahan api dan dijahit tepinya. Tidak hanya untuk set panggung event yang diadakan secara offline, tapi backdrop juga dibutuhkan oleh event online seperti webinar hingga live streaming sebagai background layar. 

Sebab tak bisa dipungkiri bahwa backdrop adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan, menekankan tema acara, mempromosikan produk, atau menciptakan pengakuan untuk suatu merek. Dalam acara seminar, backdrop bisa menjadi salah satu solusi branding fleksibel yang berdampak positif pada acara dan meninggalkan kesan.

Selain itu, backdrop dalam acara seminar juga memiliki banyak manfaat lain, di antaranya: 

  • Membantu menciptakan branding yang berdampak untuk perusahaan atau organisasi yang menyelenggarakan seminar.
  • Sebagai latar belakang yang menarik bagi pembicara dan pemateri seminar.
  • Membantu untuk meningkatkan dan menekankan tema dan gaya seminar Anda melalui desain dan gambar khusus.
  • Menciptakan titik fokus acara seminar Anda.
  • Dapat dipajang di meja pendaftaran acara, area resepsionis, dinding media, area photo booth, dan kampanye seminar di media sosial.
  • Sebagai latar belakang bagi fotografer untuk mengabadikan acara seminar.

Contoh Backdrop Seminar

Setelah mengetahui apa itu backdrop seminar dan manfaatnya, masihkah Anda ragu untuk menggunakannya? Jika Anda berencana menyelenggarakan acara seminar dalam waktu dekat, berikut ini beberapa contoh backdrop seminar yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk mulai mendesain:

1. Backdrop Seminar Bisnis

Desain latar belakang harus sesuai dengan kepribadian perusahaan yang menjadi tuan rumah acara seminar tersebut. Misalnya, tema seminar bisnis yang terkenal dengan skema warna cerahnya hindari memiliki latar belakang hitam putih. 

Seperti contoh di atas, perpaduan warna-warna yang berani seperti fanta, biru gelap, dan biru cerah mencerminkan enterpreneur yang tak takut mengambil risiko. Serta penggunaan elemen-elemen titik dan garis-garis lengkung menggambarkan dunia bisnis yang kreatif. 

Akan tetapi penggunaan warna yang mencolok juga diimbangi dengan ruang kosong berwarna putih untuk meletakkan judul seminar dan tulisan lain seperti deskripsi dan tanggal. Tujuannya adalah supaya tulisan tetap terlihat jelas dan tidak terlalu memeuhi desain backdrop sehingga akan terlihat lebih profesional dan proporsional.

Penggunaan warna cerah bisa juga Anda akali dengan menerapkan gradasi warna seperti contoh backdrop seminar bisnis di atas. 

2. Backdrop Seminar Hukum

Contoh lain misalnya tema seminar hukum seperti desain di atas menggunakan garis-garis tegas dan minimalis dengan pemilihan warna hijau yang ibaratnya menggambarkan ‘meja hijau’ pengadilan. 

Karena tema yang diangkat adalah tentang hukum, tentu harus medatangkan pembicara yang memiliki latar belakang hukum, baik itu dalam pendidikan maupun pekerjaannya. Nah, Anda bisa menambahkan foto pembiacara yang Anda undang ke seminar Anda dan meletakannya di sisi kanan atau kiri judul seminar.

Jangan lupa tambahkan juga logo organisasi Anda di bagian pojok atas backdrop. Sebagai catatan, jika seminar Anda menggunakan sponsor maka sebaiknya batasi jumlah logo yang ditampilkan di backdrop. 

Usahakan maksimal 5 logo sponsor yang muncul. Karena harus dibatasi, ada baiknya jika masalah ini Anda komunikasikan dengan para sponsor untuk menghindari kesalahpahaman.

3. Contoh Backdrop Seminar Kesehatan

Tema kesehatan identik dengan warna putih dan biru. Bahkan menurut 99Designs, lebih dari 80 persen perusahaan perawatan kesehatan terkemuka di industri memiliki logo yang menonjolkan warna biru. 

Maka dari itu, dominasi warna biru dan putih akan cocok digunakan sebagai desain backdrop Anda jika seminar yang akan Anda adakan bertema kesehatan. Untuk meningkatkan kepercayaan audiens, Anda bisa menambahkan foto serta biodata singkat pembiacara yang mengisi acara seminar Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan variasi font (batasi 2 – 3 jenis font) pada desain backdrop dan buat perpaduannya secara tepat. Untuk judul atau tema seminar, buatlah dengan ukuran yang lebih besar dan tebal. 

Sedangkan untuk tagline atau copywriting buatlah dengan ukuran yang beberapa level lebih kecil. Kemudian untuk tulisan nama pembiacara beserta hari dan tanggal buatlah agak lebih besar dari copywriting.

4. Contoh Backdrop Seminar Marketing

Untuk seminar yang bertema maerkting, Anda bosa mencontoh desain backdrop di atas. Penggunaan garis-garis diagonal pada bingkai backdrop menambah kesan tegas. Sedangkan skema warna oranye dan hitam menggambarkan yang digunakan mengasosiaikan optimisme, jiwa muda, enerjik, dan keterjangkauan yang sesuai dengan relate dengan dunia marketing.

5. Backdrop Webinar Bertema Olahraga

Pada contoh di atas, desain backdrop didominasi oleh warna biru lengkap dengan avatar pemain sepak bola yang menandakan bahwa jenis olahraga yang akan diangkat ke dalam acara adalah olahraga sepak bola. Warna biru dalam dunia olahraga mewakili nilai tim atau individu yang jujur dan sportif. 

Kalau ingin, Anda juga mengganti pilihan warna  dan avatar sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian organisasi Anda. Misalnya warna merah yang melambangkan performa atletik, warna oranye untuk memberi kesan kebijaksanaan, dan sebagainya.

Asalkan, Anda tidak lupa untuk mencantumkan website pendataran, tagline, hari dan tanggal, serta keterangan platform apa yang digunakan untuk mengadakan seminar (jika online).

6. Backdrop Seminar Mobile Friendly

Jika Anda berencana menggelar seminar online alias webinar, pertimbangkan juga untuk membuat desain backdrop yang mobile friendly. Artinya, segala gambar serta tulisan dalam backdrop bisa menyesuaikan dengan ukuran ponsel sehingga keseluruhannya bisa dilihat di layar ponsel dan tidak terpotong-potong.

7. Backdrop Seminar Teknologi

Pada contoh backdrop seminar teknologi di atas bisa Anda lihat bahwa pemilihan font-nya yang terkesan tegas dan warna yang cenderung gelap. Dalam dsain backdrop tersebut juga menambahkan bentuk lingkaran dan heksagonal yang meningkatkan kesan futuristik sehingga sangat cocok digunakan sebagai backdrop seminar bertema teknologi.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh backdrop seminar yang bisa Anda jadikan referensi dalam pembuatan backdrop versi Anda sendiri. Intinya, perhatikan pemilihan warna, ukuran, model dan ukuran font, elemen dekorasi, jumlah dan ukuran logo, dan ruang kosong untuk proporsi.

Selain menyiapkan backdrop, Anda juga memerlukan souvenir untuk memeriahkan acara seminar Anda. Dan salah satu pilihan souvenir terbaik untuk diberikan kepada peserta seminar adalah tas. Bisa berupa tas selempang, tas jinjing, tas ransel, dan sebagainya.

Jika Anda perlu memesan tas untuk souvenir, silahkan hubungi OSCAS. Hanya di sinilah Anda bisa mendapatkan tas seminar berkualitas premium dan free kustom dengan penawaran harga yang sangat bersahabat.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini