Desain sertifikat seminar yang bagus untuk pemateri

10 Contoh Sertifikat Seminar untuk Pemateri & Cara Buatnya

Simak beberapa contoh sertifikat seminar untuk pemateri beserta tips membuat sertifikat yang simpel namun elegan.

10 Contoh Sertifikat Seminar untuk Pemateri & Cara Buatnya

Artikel kali ini akan mengulas beberapa contoh sertifikat seminar untuk pemateri, lengkap dengan kata-kata dan template desainnya.

Ya, sertifikat tidak hanya berguna bagi peserta, melainkan juga pemateri seminar. Pasalnya, ini merupakan portofolio untuk meningkatkan nilai dan karier.

Katakanlah kamu pernah menjadi pembicara di seminar nasional. Dengan pengalaman tersebut, tentu semakin banyak acara yang ingin mengundangmu.

Sertifikat menjadi bukti bahwa kamu pernah mengisi sebuah seminar. Oleh karenanya, panitia sebaiknya tidak membuat sertifikat secara asal-asalan.

Contoh Sertifikat Seminar untuk Pemateri

Berikut panduan membuat desain sertifikat seminar yang profesional beserta contohnya:

1. Penentuan Konsep Desain

Langkah pertama, pilih konsep desain sertifikat. Tidak perlu pakai desain yang rumit. Konsep minimalis lebih disarankan karena memberi kesan profesional untuk pemateri.

Contoh sertifikat seminar untuk pemateri dengan desain minimalis:

2. Berikan White Space

Perhatikan white space atau ruang kosong antar baris pada layout desain sertifikat. Jangan terlalu kosong, tetapi jangan pula kepenuhan. Supaya terlihat proporsional, tuliskan informasi yang penting saja.

Contoh sertifikat seminar untuk pemateri dengan white space yang pas:

3. Pilih Warna yang Sesuai

Kadang-kadang desainer sudah mendapat brief warna mengikuti tema acara atau identitas brand. Jika tidak, carilah kombinasi warna yang tepat. Dalam hal ini warna-warna terang lebih disarankan.

Contoh sertifikat seminar untuk pemateri yang warnanya sesuai identitas brand:

4. Padukan Jenis Font yang Tepat

Boleh saja menggunakan font dekoratif yang kelihatan berkelas, tetapi tulisan di sertifikat seminar harus mudah dibaca. Untuk menuliskan judul sertifikat, gunakan jenis font tebal. Sedangkan teks di bawahnya lebih tipis.

Contoh sertifikat seminar untuk pemateri dengan font dekoratif dan mudah dibaca:

5. Lengkapi Elemen Sertifikat

Informasi apa saja yang sebaiknya tertera di sertifikat seminar untuk pemateri? Berikut beberapa elemen utama dalam sebuah sertifikat resmi:

  • nama organisasi yang mengeluarkan sertifikat,
  • tanggal penyelenggaraan acara seminar,
  • judul sertifikat (memberi penghargaan untuk apa),
  • nama pemateri yang menerima sertifikat,
  • nama dan tanda tangan penanggung jawab acara.

Contoh sertifikat seminar untuk pemateri yang lengkap:

Contoh Sertifikat Seminar Bahasa Inggris

Apabila memerlukan contoh sertifikat pemateri seminar dalam bahasa Inggris, silakan gunakan template di bawah ini:

Cara Membuat Sertifikat Pemateri Seminar

Selain dari contoh di atas, cara termudah mendesain sertifikat seminar yaitu menggunakan template. Aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Canva (Freemium)
  • Microsoft Office Word (Berbayar)
  • Google Docs (Gratis)
  • Certifier (Freemium)
  • Certificate Magic (Gratis)
  • Visme (Freemium)

Maksud freemium adalah aplikasi terkait punya paket gratis, tetapi akan lebih lengkap fiturnya jika berlangganan premium.

Gunakan salah satu dari aplikasi di atas agar tidak ribet membuat desain. Tinggal pilih desain, masukkan teks dan download

Sertifikat Seminar berguna untuk apa?

Sertifikat seminar berguna untuk melamar kerja sebagai bukti kamu memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai suatu bidang. Ini akan menjadi nilai plus bagi pelamar.

Apakah sertifikat sama dengan penghargaan?

Tujuan sertifikat dan piagam berbeda. Piagam diberikan untuk penghargaan atas pencapaian tertentu, misalnya meraih juara. Sementara itu sertifikat umumnya cuma sekadar bukti keikutsertaan suatu acara.

Apakah sertifikat seminar bisa dimasukkan ke CV?

Apabila seminar tersebut berkaitan dengan bidang keilmuan yang relevan dengan kamu, maka sertifikatnya bisa dimasukkan ke dalam CV.

Penutup

Dari contoh sertifikat seminar untuk pemateri di atas, kuncinya adalah berikan kesan yang simpel namun elegan. Sebelum mencetaknya, jangan lupa pastikan nama penerima tidak salah tulis.

Selain sertifikat, kamu juga bisa memberi kenang-kenangan kepada pemateri berupa tas. Hubungi konveksi tas  OSCAS.CO.ID untuk pemesanan tas seminar.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini