Contoh surat permohonan narasumber bimtek

Cara Membuat dan Contoh Surat Permohonan Narasumber Bimtek

Dalam sebuah seminar biasanya akan terdapat narasumber yang harus diundang untuk mengisi seminar tersebut. Jika Anda akan mengundang narasumber, maka Anda harus menyiapkan surat permohonan kepada narasumber tersebut dengan melihat beberapa hal berikut ini.

Cara Membuat dan Contoh Surat Permohonan Narasumber Bimtek

Saat Anda akan mengadakan sebuah acara, biasanya Anda akan mencari narasumber yang sudah paham di bidang teknologi. Terlebih lagi apabila acaranya formal atau informal, maka harus pandai dalam mengambil langkah harus diambil. Ada beberapa prosedur formal yang harus diikuti, seperti penggunaan surat yang benar untuk mengundang narasumber.

Permintaan resmi untuk menjadi lembaga untuk fasilitas tertentu harus dimulai dengan surat permintaan. Singkatnya adalah Surat resmi harus dikirim untuk mendapatkan izin dari otoritas pemerintah untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. 

Bahkan, mengirim surat ke instansi telah menjadi standar untuk diikuti. Contoh surat perminataan nara sumber memiliki beberapa kalimat yang memerlukan persetujuan atau dengan kata lain, persetujuan untuk hadir . Jadi, jika Anda ingin mengundang atau membawa narasumber ke suatu acara, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar. 

Pengertian & Tujuan Surat Permohonan Narasumber


Sesuai dengan namanya, tujuan surat permohonan ini adalah untuk mengundang narasumber, entah itu perusahaan atau orang. Surat permohonan ini juga memuat informasi tentang mengundang nara sumber berdasarkan keahlian dan keterampilannya. 

Banyak orang mungkin bertanya mengapa surat perhomonan ini dibuat. Secara formal, surat permintaan ini dimaksudkan sebagai langkah awal dalam mengikuti aturan formal proseudr dan etika saat mengundang atau meminta sumber daya untuk suatu acara. Jadi surat permohonan ini adalah cara meminta seseorang dengan sopan mengikuti aturan pengantar. 

Surat ini harus dikirim paling lambat seminggu atau tiga hari sebelum acara. Garis waktu yang diberikan adalah langkah menuju seseorang yang melihat peristiwa seperti hari itu. Anda sebagai pembuat acara dapat berpartisipasi atau tidak berpartisipasi dalam acara tersebut. 

Jika nara sumber memiliki masalah atau tidak dapat berpartisipasi, maka acara tetap dapat dilanjutkan. Jadi jika salah satu narasumber tidak bisa hadir, Anda sebagai penyelenggara acara bisa membawa penampil lain sebagai gantinya. 

Fungsi Surat Permohonan



Surat permohonan memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan penulis atau pengirimnya. Beberapa fungsi surat permohonan adalah: 

1.    Permintaan bantuan dari pihak tertentu. 

Fungsi asli surat permohonan adalah untuk meminta bantuan orang tertentu. Misalnya, mencari bantuan dalam bentuk uang, tenaga, atau motivasi dari suatu organisasi, bisnis, atau individu. 

2.    Meminta Persetujuan dari Pihak Tertentu. 

Selain itu, tujuan surat permohonan adalah permintaan izin atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Misalnya, seorang siswa dapat melamar magang di sekolah atau perusahaan tertentu. 

3.    Meminta Partisipasi dari Pihak Tertentu 

Tujuan lain dari surat permohonan adalah untuk meminta kerjasama bisnis dari pihak tertentu. Misalnya, sekolah dapat mengeluarkan surat kepada perusahaan minuman yang meminta dukungan untuk pesta kelulusan. 

Jenis-Jenis Surat permohonan 


Surat permohonan datang dalam berbagai format, ditulis berdasarkan minat dan kebutuhan Anda. Beberapa jenis surat permohonan adalah: 

1.    Permohonan Sponsor 

Jika Anda mengajukan permohonan bantuan keuangan dari sponsor, Anda dapat melengkapi permohonan sponsor. Surat permohonan tersebut disiapkan oleh penyelenggara untuk lembaga atau perusahaan tertentu. Ini dengan jelas menyatakan siapa yang dicari sponsor, tujuan acara dan manfaat mensponsori acara. 

2.    Permohonan Kerjasama 

Jika kedua belah pihak setuju untuk bekerja sama, permohonan dalam formulir berikut akan dikeluarkan. Namun, penting juga untuk menunjukkan bahwa kedua pihak memiliki alasan, manfaat, dan pemahaman komersial yang jelas untuk bekerja sama. 

3.    Meminta Izin Acara 

Izin acara biasanya diminta untuk alasan otorisasi dan keamanan. Misalnya pentas seni, seminar, konser musik, dll. 

4.    Permohonan Beasiswa 

Fungsi Selanjutnya, surat permohonan beasiswa yang ditujukan untuk meminta dukungan keuangan untuk pendidikan Anda. Jenis surat ini biasanya ditulis oleh seorang pelajar kepada suatu lembaga atau lembaga pendidikan tertentu sebagai pemberi beasiswa. 

5.    Meminta Cuti 

Karyawan atau pekerja berhak meminta cuti dari atasannya. Karena karyawan memiliki kebutuhan di luar pekerjaan, permintaan cuti dikembangkan berdasarkan kebutuhan masing-masing individu. Misalnya, mungkin ada reuni keluarga atau pembelaan disertasi.

Contoh Surat Permohonan Narasumber


Ada banyak contoh surat permohonan yang dapat dijadikan pedoman penulisan surat lamaran yang baik dan benar. Dengan melihat contoh di bawah ini, Anda dapat menulis surat permohonan untuk narasumber yang baik dan benar. 

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SILIWANGI

SATUAN PENGAWASAN INTERNAL (SPI)

Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122

 
 

Purwokerto, 20 Desember 2021

Nomor             : 01/002/XII/2021

Lampiran         : 1 (Satu)                                                                                                                             

Perihal             : Permohonan Untuk Menjadi Narasumber

 

Kepada Yth,

Bapak Ibnu Jamil,

Direktur PT. Telekomunikasi

Di Tempat

 

Salam Hormat 

Universitas Jenderal Soedirman berniat akan mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi baru mengenai aplikasi jual beli produk pertanian Mahasiswa. Tujuannya agar mahasiswa bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu para petani agar dapat bertemu dengan penjual. Kami sangat berharap dan berharap Bapak/Ibu dapat berpartisipasi dalam acara ini sebagai nara sumber. Tahap pertama dari rencana sosial ini akan berlangsung: 

Hari/Tanggal: Senin 10Januari 2022 

Waktu: 8:00 - 12:00 WIB 

Lokasi: Auditorium Pertanian Universitas Jenderal Soedirman

Kami berharap Anda dapat meluangkan waktu untuk menghadiri acara tersebut. Kami menghargai waktu, kesabaran, dan kebaikan Anda. 

 

KEPALA DEKAN FAKULTAS PERTANIAN

 

WIJOYO KUSUMO, S.P.
NIP. 123456789

 

 

Tentu saja pelatihan membutuhkan nara sumber yang benar-benar tahu apa yang diajarkan. Tentu saja, pemain berkualitas tinggi dan berpengalaman dibawa ke pelatihan.  Oleh karena itu, untuk mengundang seseorang sebagai nara sumber diperlukan surat permohonan.

Dalam kasus pertama, surat permohonan harus berisi nama kantor yang mengundang orang tersebut ke acara tersebut. Surat tersebut juga harus mencantumkan nama instansi atau orang yang mengundang Anda ke acara tersebut. Kemudian Anda harus mengatakan dalam surat permohonan tersebut mengenai maksud dan tujuan dibuatnya surat. Catat juga tanggal acaranya. 

Contoh lain surat permohonan 


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SILIWANGI

SATUAN PENGAWASAN INTERNAL (SPI)

Jalan. Siliwangi Nomor. 24 Kota Tasikmalaya Kode Pos 46115 Telepon (0265) 330634, 333092 Faksimil (0265) 325812

Laman: www.unsi1 .ac.id Posel: info@unsil.ac.id• Website: www.unsi1.ac.id Email: info@unsil.ac.id

 

Nomor         : 036/UN58.02/LL/2018                                           5 Juli 2022

Permohonan Kesediaan Sebagai Narasumber

 

Kepada Yth.

Ahmad Akbar, Ak MProf Acc di

Tempat

 

 

Bismillahirrohmanirrohim, 

Disampaikan langsung bersamaan dengan Seminar Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Kawasan Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Universitas Siliwang. Untuk mewujudkan perguruan tinggi negeri yang bersih dan murni dan bebas korupsi, kami mohon kesediaan Saudara untuk menjadi narasumber pada acara yang akan diselenggarakan pada: 

Hari              : Senin, 5 Juli 2022

Waktu          : 10.00 WIB s.d selesai

Materi          : Wilayah Bebas Konipsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

(WBBM)

Tempat        : Ruang rapat rektorat Lt 3

 

 

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas kehadiran dan kerjasama Bapak kaini ucapkan terima kasih.

Satuan Pengawasan Internal

 

 

Siti Maryam   

 

Demikianlah cara membuat dan contoh surat permohonan narasumber bimtek yang bisa anda lakukan, selain itu, Anda dapat memiliki jenis tas yang berkualitas bagus dan bisa digunakan dengan baik saat anda bekerja. Beragam jenis tas yang unik dari pabrikan yang paling direkomendasikan untuk pembuatan tas adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas mampu membuat tas warna hitam berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tas seminar sampai tas hangout.

 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini