Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tas, Bisa Ditiru!

Dalam kehidupan sehari-hari maupun berbisnis, pasti Anda kerap melakukan negosiasi. Lantas, bagaimana contoh teks negosiasi jual beli tas?

Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tas, Bisa Ditiru!Pexels

Istilah 'negosiasi' tentu tidak asing lagi. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sangat erat kaitannya dengan kegiatan negosiasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negosiasi adalah proses tawar menawar dengan cara berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dengan pihak lain (kelompok atau organisasi).

Proses negosiasi merupakan hal yang lumrah dilakukan. Biasanya kegiatan tawar menawar ini sering terjadi dalam proses jual beli, entah itu barang kebutuhan pokok, kendaraan, rumah, pakaian, baju, tas, dll. Hal ini biasanya dilakukan untuk mencapai kesepakatan satu sama lain. 

Nah, artikel kali ini akan khusus membahas mengenai contoh teks negosiasi dalam transaksi jual beli tas. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat teks negosiasi, Anda juga bisa belajar dari postingan ini. Ada banyak contoh teks negosiasi jual beli tas dengan berbagai tema yang bisa Anda tiru. 

Apa Itu Teks Negosiasi? 

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai contoh, Anda perlu pahami terlebih dahulu arti dari teks negosiasi. Negosiasi sendiri diartikan sebagai suatu dialog yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan untuk menyelesaikan titik-titik perbedaan tertentu guna mencapai suatu hasil yang disepakati bersama.

Bagi individu, misalnya antar anggota keluarga, antar saudara, teman, dll, negosiasi merupakan jembatan antara dua kepentingan yang berbeda. Sedangkan dalam bisnis, negosiasi merupakan strategi untuk mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan antara dua belah pihak. 

Bagi pebisnis, negosiasi tidak melulu soal harga, tapi juga merupakan sarana untuk menjalin kerjasama, investasi bisnis, ekspansi bisnis, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, mempelajari contoh dan cara membuat teks negosiasi jual beli menjadi hal yang sangat penting, entah produk itu berupa barang elektronik, furniture, bahan makanan, sepatu, atau tas.

Struktur Teks Negosiasi

Secara garis besar, struktur teks negosiasi terdiri terdiri dari lima komponen yaitu orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran dan persetujuan. Jadi, dalam menulis teks negosiasi, usahakan memuat ketujuh struktur tersebut. Berikut penjelasannya:

  • Orientasi: Pemaparan pengantar dari pihak pertama dan pihak kedua untuk saling mempelajari pemaparan agar masalahnya jelas.
  • Permintaan: Sebuah konsep dari kedua belah pihak untuk dipertimbangkan ke tingkat berikutnya.
  • Pemenuhan: Dalam hal ini pihak pertama memenuhi permintaan pihak kedua.
  • Penawaran: Solusi alternatif yang harus diperhatikan dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi.
  • Kesepakatan: Pada bagian ini merupakan proses pemilihan solusi yang tepat dan menguntungkan kedua belah pihak. Dimana juga berisi kesepakatan atau kesimpulan antara kedua belah pihak.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tas 

Tas telah ada sejak lama dan begitu pentingnya dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Baik pria maupun wanita menemukan kegunaan mengapa mereka membawa tas sendiri ke sekolah, bekerja, atau aktivitas lain. Tak heran jika dalam jual beli tas, sering terjadi negosiasi.

Tak hanya antar penjual tas dan pembeli saja, antara pemasok dan produsen tas pun juga sering bernegosiasi dengan saling mengirim teks negosiasi jual beli tas agar sama-sama untung. Baik itu melalui surat, email, atau pesan chat. Pertanyaannya, bagaimana contoh teks negosiasi jual beli tas?

1. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tas Branded

Orientasi

Penjual : Selamat pagi, pak. Ada yang bisa kami bantu?

Pembeli : Saya ingin membeli tas Chennel untuk istri saya. Apakah stoknya masih ada?

Pemenuhan

Penjual : Masih, Pak. Di sini kami punya koleksi tas Chennel dari berbagai model, mulai dari yang klasik, mewah, sampai yang feminim juga ada. Model tas seperti apa yang istri bapak sukai?

Permintaan

Pembeli : Istri saya suka dengan model tas yang bernuansa klasik. Bisa tolong tunjukkan barangnya?

Penjual : Silahkan, Pak. Sambil melihat-lihat, izinkan saya untuk menjelaskan tentang kualitas dan model dari tas ini, ya.

Pembeli : Baik, silahkan lanjutkan.

Penjual : Jadi, tas ini bermodel mini handbag yang terbuat dari bahan kulit domba berkualitas premium. Lengkap dengan rantai emas 24 cm sebagai handling akan membuat kesan klasik dan mewah. Memakai tas ini pasti akan membuat istri Anda jadi makin elegan. Untuk harganya, tas ini dibanderol sebesar Rp. 10 juta, namun harga tersebut sangatlah sepadan dengan fitur dan kemewahan tas ini, Pak.

Penawaran

Pembeli : Apakah tidak bisa kurang, Mbak?

Penjual : Jika Bapak bisa menunjukkan kartu member atau voucher, maka akan diskon sebesar 15% untuk pembelian minimal Rp. 8 juta, Pak. Artinya, karena harga tas ini Rp. 10 juta jadi kami bisa memberi diskon sebesar Rp. 1,5 juta yang membuat harga finalnya Rp 8,5 juta, Pak.

Perjanjian

Pembeli : Promonya cukup menarik. Oke, saya beli tas ini secara cash, ya.

Penjual : Silahkan ke kasir untuk pembayaran, Pak. Saya akan membungkus tas ini untuk Anda bawa pulang.

2. Teks Negosiasi Jual Beli Tas Secara Massal

Orientasi

Pembeli : Selamat pagi, Mas.

Penjual : Selamat pagi, Mbak. Ada yang bisa kami bantu?

Pembeli : Saya ingin memesan tas sebanyak 200 pcs untuk kebutuhan souvenir seminar

Penjual : Mbak ingin model tas apa? Pilihannya ada banyak, mulai dari tas ransel, tas selempang, tas pouch, dll.

Permintaan 

Pembeli : Kayaknya tas selempang yang paling cocok deh, Mas. 

Pemenuhan

Penjual : Ini, silahkan dilihat dulu, Mbak. 

Pembeli : Untuk pemesanan 100 pcs kena harga berapa, Mas? 

Penjual : Rp. 9,5 juta, Mbak. Harga tersebut sudah termasuk PPN, free kustom logo perusahaan, gratis ongkir, dan bonus ATK untuk setiap tas. 

Penawaran

Pembeli : Sangat tertarik, Mas. Saya lihat, bahan tasnya juga berkualitas. Jadi, pasti bakal awet dan kesannya eksklusif. Cocok banget buat souvenir acara seminar saya. Tapi harganya sedikit melebihi anggaran yang sudah saya ajukan, yaitu Rp. 8 juta. Apakah ada cara untuk menekan lagi harganya agar pas sama dengan anggaran?

Penjual : Bisa sih, Mbak. Tapi, tanpa free kustom dan dan tanpa bonus ATK. Bagaimana?

Pembeli : Wah, kalau free kustom jangan dihilangkan, Mas. Karena saya butuh untuk memperkuat brand awareness komunitas saya.

Penjual : Kalau begitu, saya hanya bisa memberi harga mentok Rp. 8,5 juta, Mbak.

Pembeli : Duh, masih kelebihan Mas. Bagaimana kalau kekurangan Rp. 500 ribu-nya saya lunasi sebelum pengiriman? Biar saya coba diskusikan lagi anggarannya dengan ketua panitia seminar saya.

Perjanjian

Penjual : Oke, deh. Kalau begitu saya buatkan surat perjanjiannya dulu, ya.

Pembeli : Oke, Mas. Uang mukanya Rp. 2 juta dulu, gapapa kan?

Penjual : Iya, boleh.

3. Contoh Transaksi Jual Beli Tas Sekolah

Orientasi

Penjual : Selamat pagi, Bu. Ingin cari tas model apa?

Pembeli : Saya ingin cari tas sekolah untuk anak cewek saya yang udah menginjak SMA, Mbak. 

Pemenuhan

Penjual : Silahkan ke sebelah sini, Bu. Di sini kami punya jenis tas backpack, tas serut, ranel dorong, tas hobo, dan banyak lagi. Untuk anak cewek kami juga menyediakan banyak pilihan model, ada yang polos, bermotif, ada juga yang modelnya ala-ala Korea yang trendy di kalangan remaja cewek sekarang.

Permintaan

Pembeli : Saya mau yang bahannya kokoh dan awet, Mbak. Karena barang bawaannya sehari-hari lumayan banyak. Terus modelnya yang kekinian.

Penjual : Kalau menurut preferensi Ibu, saya rekomendasikan tas dari Bigmoo dan Exsporte. Bu. Kedua merk tas ini terbuat dari bahan yang berkualitas dan anti air. Modelnya kekinian dan warnanya kalem yang cocok banget untuk remaja perempuan.

Penawaran

Pembeli : Harganya berapa, ya?

Penjual : Kalau tas Bigmoo ini harganya Rp 500 ribu, sedangkan yang tas Exsporte harganya Rp 670 ribu.

Pembeli : Harga tas Bigmoo kemahalan, Mbak. Kurangin jadi Rp. 450 ribu bisa, nggak?

Penjual : Wah, maaf Bu belum bisa. Karena tas ini tinggal stok satu-satunya, bahannya premium pula. 

Pembeli : Rp 475 ribu deh, Mbak.

Penjual : Rp. 480 ribu sudah harga pas, Bu.

Perjanjian

Pembeli : Oke, deh saya beli harga Rp 480 ribu, ya.

Penjual : Iya, Bu.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh teks negosiasi jual beli tas beserta strukturnya yang bisa Anda pelajari. Jika Anda ingin mendapatkan tas berkualitas premium, baik itu tas ransel, tas selempang, tas jinjing, dll Anda bisa mengandalkan CV OSCAS Indonesia yang merupakan perusahaan konveksi tas terbaik No. 1 di Bandung.

Meskipun menggunakan bahan yang premium, harga yang ditawarkan OSCAS sangat ramah di kantong dan bisa dinego seperti contoh di atas, sehingga cocok untuk pemesanan satuan maupun eceran. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini