Breaking News

Mengenal Tugas Notulen Seminar, Pengertian Dan Contoh Notulen Seminar

Mengenal Tugas Notulen Seminar, Pengertian Dan Contoh Notulen Seminar

Dalam suatu acara biasanya akan ditemukan seseorang yang akan mencatat keseluruhan poin-poin pembahasan yang disampaikan oleh pembicara. Catatan yang dibuat saat seminar misalnya, biasanya disebut dengan notulensi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencatat hasil seminar dan tugas para notulen seminar akan dibahas pada artikel ini.

Mengenal Tugas Notulen Seminar, Pengertian Dan Contoh Notulen SeminarMengenal Tugas Notulen Seminar, Pengertian Dan Contoh Notulen Seminar
Mengenal Tugas Notulen Seminar, Pengertian Dan Contoh Notulen Seminar

Apakah Anda familiar dengan istilah “notulen” dalam seminar? Notulen berfungsi sebagai catatan urutan acara seperti rapat, seminar, kuliah, dengar pendapat umum, dll, dan kegiatan yang berlangsung dari awal sampai akhir acara. Notulis menulis memoar tertulis. Koordinator kegiatan mengungkapkan acara setelah beberapa notulen dan akhirnya menghitung di depan semua peserta

Anda juga mungkin sering mendengar ungkapan 'notula' yang dikenal sebagai 'nutulen'. Terutama bagi yang sering mengecek jadwal seminar, baik global, nasional maupun lokal. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, materi yang dimuat dalam notula hanya berkaitan dengan apa yang perlu diketahui oleh panelis atau mereka yang tidak dapat hadir. Oleh karena itu, di Indonesia, orang yang menulis acara penting seperti rapat dan seminar dikenal sebagai notulen dan tugasnya mendokumentasikan agenda dalam bahasa Indonesia baku. 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian notulen dalam seminar misalnya, cara menyusunnya dan tugas notulen seminar. Simak beberapa penjelasannya dibawah ini

Pengertian Notulen Seminar

Notulen adalah sebutan untuk laporan moderator kegiatan. Notulen tersebut ditulis oleh Notulis dan akhirnya dijelaskan kepada seluruh anggota atau peserta acara. Notulen dapat ditulis dari hasil rapat, seminar, diskusi, atau ringkasan kursus dari awal hingga akhir sesi. 

Teks formal yang mencatat urutan peristiwa (tindakan) dari pendahuluan hingga pembahasan hingga kesimpulan suatu masalah adalah definisi lain dari notulen. 

Judul memorandum, lokasi, tanggal dan waktu diskusi, panitia penyelenggara, peserta dan moderator, hasil atau rangkuman diskusi, komentar khusus dan persetujuan semua harus dicantumkan dalam notulen seminar.  Notulen Seminar berisi laporan Tanya Jawab yang menempati sebagian besar halaman karena setiap catatan akan bermakna dan berguna di masa depan. 

Fungsi Notulen 

Notulen berfungsi sebagai catatan formal hasil kegiatan atau diskusi untuk ditinjau pada diskusi selanjutnya dalam pembahasan kegiatan tindak lanjut. 

Selain itu, notulen memiliki banyak tujuan dan penting untuk operasi berkelanjutan dari bisnis atau lembaga pemerintah. Beberapa fungsi dari notulen adalah: 

1. Menjadi pengingat

Dokumen atau selembar kertas yang tercatat, terorganisir dan terstruktur berisi semua informasi dari awal hingga akhir pertemuan. Rincian dan hasil keputusan penting untuk didokumentasikan sehingga menjadi sebuah pengingat dan poin poin penting dari sebuah kegiatan tidak mudah dilupakan.

Membuat notulen memungkinkan orang-orang untuk dengan mudah meringkas hasil pertemuan pertama jika pertemuan lanjutan diperlukan. Notulen rapat misalnya, di sisi lain, berguna jika ketua secara tidak sengaja keliru menyebutkan hasil keputusan pada rapat sebelumnya.

2. Mengetahui progres rencana

Setiap topik yang dibahas dalam pertemuan berkaitan langsung dengan strategi pelaksanaan program atau kegiatan. Setiap peserta kegiatan dapat menggunakan catatan untuk memeriksa status tugas dan pekerjaan tertentu. 

Anggota kelompok diskusi dapat membandingkan apa yang dikatakan pada pertemuan pertama dan melihat apakah kemajuan telah dicapai pada pertemuan kedua. 

3. Dapat dijadikan sebagai referensi

Notulen dapat dikutip atau disajikan sebagai bukti di pengadilan. Keputusan yang dibuat bertentangan dengan hasil keputusan maka akan dianggap batal atau tidak pernah dibuat. 

4. Hasil rapat dapat diberitahukan bagi peserta yang tidak hadir

Semua pihak harus diberitahu tentang keputusan rapat. Notulen dapat digunakan untuk melacak diskusi bagi orang-orang yang berhalangan saat sakit untuk hadir pada suatu kegiatan. Sebagai notulis Anda perlu memahami cara mengikuti format dan menulis dengan benar. Format memainkan peran penting. 

Cara Membuat Notulen 

Sekalipun mencatat adalah satu-satunya pekerjaan Anda, menulis membutuhkan konsentrasi dan pemikiran cepat. Anda harus memperhatikan pembahasan rapat ketika memutuskan informasi apa yang penting dan apa yang bisa diabaikan. 

Notulen yang efisien dan canggih dapat dicapai dengan beberapa cara. Untuk mempermudah, lihat langkah-langkah membuat notulen rapat di bawah ini. 

1. Kunjungi Situs Web E-Notulen 

Kemajuan teknonotuleni memungkinkan menulis tanpa buku atau pena. Akses ke e-notulen hanya dimungkinkan melalui tablet, laptop atau smartphone. Situs web E-Notulen memudahkan untuk mencatat peristiwa penting selama rapat. Yang menarik adalah catatannya tidak ditulis tangan, jadi Anda bisa mengisinya dengan cepat dan rapi. Tersedia notulen online sehingga peserta dapat memasukkan alamat email mereka untuk berbagi dengan mudah dan ada banyak template yang dapat mereka akses. 

2. Terapkan mind mapping

Alternatif lain untuk menangkap beberapa pemikiran dengan mudah selama sesi brainstorming adalah dengan membuat peta pikiran. Peta pikiran dan buku online adalah alat untuk digunakan. 

3. Menggunakan Notes 

Versi Notes biasanya hanya dapat digunakan untuk percakapan pribadi satu arah dengan satu pihak. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menggunakan metode konsep dengan rapat dalam skala besar

Struktur Notulen 

Judul Notulen ditata sedemikian rupa sehingga notulis dapat dengan cepat memahami cara menulis notulen yang benar dan akurat. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur notulen Anda dengan jelas dan notulenis. 

1. Kepala Notulen 

Bagian dari notulen yang harus ditulis terlebih dahulu agar tidak lupa adalah kepala notulen. Berikut adalah judul dari notulen: 

  • Nama atau Topik yang Dibahas 
  • Tanggal dan Waktu Acara 
  • Waktu Mulai dan Berakhirnya Acara . 
  • Tempat pelaksanaan acara
  • Keberlangusngan acara
  • Unsur-unsur yang terdapat dalam acara, diantaranya:
  • Ketua dan Wakil Ketua 
  • Sekretaris 
  • Notulis

2. Isi notulen 

Isi notulen adalah bagian-bagian penting dari kegiatan tersebut yang isinya merupakan hal-hal penting dan tanpa ada yang tertinggal. Isi notulen dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipisahkan dari susunan matematis notulen.

Bentuk penulisan notulen yang biasa adalah: 

  • Pembukaan 
  • Pembahasan 
  • Pembacaan keputusan berdasarkan hasil 
  • Waktu (jam) penutupan 
  • Bagian Akhir Notulen

Menulis atau menjelaskan topik di akhir penulisan notulen biasanya terdapat di akhir notulen. Meski sudah mendekati akhir, pemahaman dan penempatannya sangat penting saat menulis notulen. 

Bagian terakhir dari notulen ini disusun secara sistematis sebagai berikut:

  • Nama Jabatan
  • Tanda tangan
  • Nama pejabat, pangkat, dan NIP

3. Penandatanganan

Penandatanganan adalah sekumpulan tanda tangan dari orang-orang yang dianggap penting untuk legalitas kegiatan. 

Penjelasan tentang tanda tangan dapat dilihat di sini: 

  • Notulen yang ditandatangani oleh pejabat sekretariat daerah ditulis di atas kertas berukuran folio dengan menggunakan kop surat sekretariat. 
  • Notulen ditulis di atas kertas di atas kop surat resmi unit organisasi terkait dan ditandatangani oleh pejabat unit yang berwenang. 
  • Notulen ditandatangani oleh presiden, wakil presiden, sekretaris dan notulen. 

Sistematika Penulisan Notulen

Notulen disusun secara tersturkur dan sistematis. Sistematis artinya tersusun secara permanen menurut pedoman yang relevan. Terstruktur dalam arti terpola dengan cara tertentu. 

Perhatikan susunan notulen di bawah ini. 

Hari dan tanggal : ––––––––––––––––––––––––––––

Tempat : ––––––––––––––––––––––––––––

Moderator : ––––––––––––––––––––––––––––

Topik rapat/diskusi : ––––––––––––––––––––––––––––

Peserta : ––––––––––––––––––––––––––––

Jumlah peserta : ––––––––––––––––––––––––––––

Susunan acara : ––––––––––––––––––––––––––––

a.

––––––––––––––––––––––––––

b.

––––––––––––––––––––––––––

c.

––––––––––––––––––––––––––

d.

––––––––––––––––––––––––––

e.

––––––––––––––––––––––––––

Jalannya rapat :

Pembukaan : ––––––––––––––––––––––––––––

Inti rapat : ––––––––––––––––––––––––––––

Hasil rapat : ––––––––––––––––––––––––––––

Penutup rapat : ––––––––––––––––––––––––––––

Mengetahui,

Tempat dan tanggal notulen ditulis

Notulis                                                                                    Pemimpin rapat

 

(nama terang)                                                                                      (nama terang) 

 

Contoh Notulensi  Seminar

Contoh seminar yang berlangsung tentang kewirausahaan sebagai berikut: 

Notulen seminar yang mempromosikan kewirausahaan. semangat pemuda dan aspirasi para aktor potensial. 

Tujuannya adalah untuk mempromosikan kewirausahaan sehingga kaum muda dan pengusaha tidak terlalu bergantung pada subsidi pemerintah. 

Tempat : Kelurahan Sidoarjo Kemalang

Waktu : Senin, 17 Februari 2017

Moderator: Rahman Al-Fariz 

Peserta: pelaku UMKM Kabupaten Kemalang J

Susunan acara

1. Sambutan oleh Moderator 

2. Pembicara menyampaikan materi 

Sesi tanya jawab 

Simpulan

Penutup

 

Pelaksanaan 

Moderator menyambut semua orang dan memberikan gambaran singkat tentang seminar. Pengusaha muda Adi Nugroho diperkenalkan sebagai pembicara dan pemateri yang akan mempresentasikan karyanya. 

Pembicara menekankan kepada hadirin bahwa kita tidak boleh menyerah dalam mencari pekerjaan hanya karena saat ini tidak ada pekerjaan yang tersedia, misalnya di pabrik atau sebagai pegawai negeri. Bahkan menjual nasi kucing kepada pekerja pabrik dapat menghasilkan jumlah yang signifikan. pemateri menjelaskan persyaratan UMKM yang dapat menerima dukungan negara, terutama untuk bisnis yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Sesi tanya jawab: 

Tanya: Jika saya meminjam uang dari bank untuk ternak saya, saya harus membayarnya kembali bulan depan. Faktanya, menjual nasi kucing atau sembako tidak bisa dibandingkan dengan menjual sapi. Setelah beberapa bulan, kami mendapatkan hasil. Jadi apa solusinya?

Jawab: Bahkan, dimungkinkan untuk dibicarakan persyaratan kontrak perusahaan semacam itu terlebih dahulu. Yang saya tahu, Bank BRI memberikan layanan kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Jadi Anda dapat menghubungi bank Anda untuk informasi lebih lanjut. 

Tanya: Saya sangat ingin memiliki bisnis tetapi setiap kali saya mencoba untuk menjual toko kelontong saya mengalami pasang surut dan bangkrut. Yang menyebabkan pasang surut mengingat saya tinggal di desa dengan banyak hutang. 

Jawab: Adapun menggabungkan uang bisnis dengan kebutuhan sehari-hari yang lebih mahal seperti belasungkawa dll, menjual bisnis tidak bekerja jika seseorang berhutang. Anda harus yakin dengan pelanggan. Menurut prinsip bahwa jika ada uang, barang-barang yang diperlukan harus diproduksi, jadi buatlah catatan harian tentang pendapatan dan pengeluaran Anda. 

Kesimpulan: Pemaparan dari penyaji menunjukkan bahwa pemerintah mempertimbangkan solusi untuk bisnis dalam bentuk subsidi bank. Manajemen yang kuat juga diperlukan untuk menghindari pasang-surutnya kegiatan berbisnis. 

 

Contoh notulen rapat-seminar acara 

Dalam seminar ada penanggung jawab notulen. Gambaran notulen rapat seminar adalah sebagai berikut: 

Notulen Seminar

Topik seminar : Interaksi dalam perspektif Islam. 

Waktu : 9:00 WIB - Selesai 

Hari : Sabtu, 15 Maret 2019 

Lokasi : Ambarukmo Plaza Lantai 2 

Notulen : Lina Hakim 

Notulensi Seminar : 

Islam memandang komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia dalam cita-cita akidah Islam, yaitu tenang, ramah, tanpa kekerasan dan santun. Dan orang-orang yang berinteraksi dengannya dan orang lain di sekitarnya harus menemukan kenyamanan dalam hal ini. Al-Quran dan Hadits, dua prinsip dasar Islam, memberikan karakteristik komunikasi dan interaksi antaragama.

Pemimpin Rapat,  Notulis,

Ahmad Arif Larisa Hakim

 

Tips menulis notulensi

Dalam menulis notulensi, sebenarnya Anda Hanya perlu mencatata bagian penting dari percakapan yang harus direkam; sisanya tidak perlu. Perhatikan rekomendasi berikut. 

1. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan 

Sebelum rapat dimulai, peralatan harus disiapkan dengan baik. Pastikan pena diisi jika Anda menulis secara manual. Jika Anda menggunakan perekam dan laptop secara bersamaan, pastikan perangkat berfungsi dan masa pakai baterai mencukupi. Hindari penggunaan peralatan yang buruk dan tidak memadai karena akan menyulitkan untuk mencatat. 

2. Menulis dengan bahasa yang jelas 

Anda mungkin tidak punya banyak waktu selama rapat untuk mencatat setiap kata dari peserta rapat. Cara terbaik untuk mendekati ini adalah dengan memperhatikan detail dan pon- poin utama. Gunakan kalimat pendek untuk membuat tulisan Anda lebih mudah diingat. 

3. Periksa kembali sebelum notulensi didistribusikan 

Pastikan notulensi bebas kesalahan dalam beberapa notulensi setelah penulisan ulang. Terakhir, dapatkan persetujuan atasan Anda sebelum membagikan ini kepada orang-orang yang tidak hadir dalam acara. 

Tugas Notulen Seminar 

Yang dimaksud dengan "notulen adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencatat notula atau catatan dalam sebuah acara atau kegiatan. 

  • Notulen harus mendengarkan dan menulis secara efektif agar tidak ketinggalan topik penting yang dibahas dalam rapat. 
  • Tugas Notulis adalah mendokumentasikan secara singkat, ringkas dan jelas seluruh proses pertemuan, termasuk apa yang dibahas dan pilihan apa yang dibuat. 
  • Notulen juga harus memuat data tanggal, waktu dan tempat acara serta jumlah peserta. 
  • Penulis harus mampu menunjukkan ketidakberpihakan dan objektivitas. 

Karena notulen hanya dapat memuat informasi tentang topik yang dibahas dalam acara seminar maka catatan tidak boleh memuat pemikiran atau pendapat para peserta rapat.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai tugas notulen seminar, dan contoh-contoh notulen dalam seminar. Selain itu, sebagai notulen Anda juga dapat memilih beragam jenis tas yang unik dari pabrikan yang berkualitas dan paling direkomendasikan untuk pembuatan tas adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas mampu membuat tas warna hitam berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tas seminar sampai tas hangout.

 

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini