Informasi Tentang Perbedaan Sablon Rubber dan Polyflex

Inilah Perbedaan Sablon Rubber dan Polyflex, Lebih Baik Mana untuk Kaos

Untuk Anda yang ingin melakukan proses desain kaos dan ingin mencetak sendiri, maka perlu tahu perbedaan sablon rubber dan polyflex agar lebih memahami mana yang lebih baik untuk hasil kaos Anda.

Inilah Perbedaan Sablon Rubber dan Polyflex, Lebih Baik Mana untuk Kaospixabay/hayleyzacha
Foto tinta sablon

Sudah tidak asing lagi bukan dengan sablon maupun percetakan kaos. Hal yang begitu familiar terdengar dalam pendengaran kita semua. Perbedaan sablon rubber dan polyflex kerap kali dipertanyakan kebagusannya. Banyak yang bimbang memilih antara 2 sablon tersebut yang mana keduanya juga memiliki kekurangan hingga kelebihannya masing-masing. 

Pengertian Sablon

Perbedaan sablon rubber dan polyflex juga terletak pada bagian pengertiannya masing-masing yaitu sebagai berikut:

Sablon Rubber

Sablon rubber masuk dalam urutan sablon terbaik kedua setelah sablon plastisol yang menempati posisi urutan pertama. Sablon rubber ini merupakan sablon yang paling banyak dalam dunia sablon percetakan. Sablon rubber masuk dalam jenis sablon yang memiliki bahan air. 

Water based merupakan nama lain dari sablon rubber yang mana memiliki arti jenis tinta yang dapat menyatu dengan air. Sablon yang satu ini dapat disebut dengan karet GL, cat GL hingga pasta dan masih banyak yang lainnya. 

Sablon Polyflex

Sablon polyflex menggunakan teknik elastis untuk membuat cetakan mereka rekat dan erat. Sablon yang satu ini menggunakan bahan vinyl ataupun stiker pada produksi yang mereka lakukan. Penggunaan bahan ini agar membuatnya menjadi lebih kuat dibandingkan dengan jenis sablon lainnya. 

Sablon polyflex memiliki kualitas bahan yang cukup tinggi dan cenderung akurat dalam pakaian yang nantinya akan diberi sablon. 

Kelebihan dari Sablon Rubber dan Polyflex 

- Kelebihan Sablon Rubber

1. Memiliki Sifat yang Elastis

Dengan bahan yang memang terbuat dari karet tentunya membuat sablon ini tampak lentur dan tidak mudah pecah saat tertarik. Sablon ini juga digunakan dalam jangka waktu yang lama karena semakin melebar kain, maka sablon akan mengikuti seberapa besar kain tersebut melebar.

2. Harga yang Terjangkau

Sablon rubber ini mampu menjadi pilihan jika Anda ingin sablon dengan harga murah dengan kualitas yang bagus. Dibandingkan sablon lain yang cukup mahal, sablon rubber memang terbilang memiliki harga yang terjangkau. 

3. Mudah Diperbaiki

Sablon rubber ini memiliki bahan utama air dan hal itu bertujuan untuk memudahkan kaos dalam membersihkan jika memang terjadi sebuah kesalahan. Tetapi, hal itu berlaku saat sablon masih basah. Anda tidak perlu mengganti kaos ataupun menunggu hingga kering untuk membersihkannya. 

4. Menggunakan 3 Jenis Tinta

Perbedaan sablon rubber dan polyflex dalam hal kelebihan lainnya yaitu 3 jenis tinta yang berbeda. 

-    Tinta pertama berwarna putih digunakan khusus pada kain yang berwarna gelap.
-    Tinta kedua rubber netral digunakan dalam mencampurkan warna sebagai penetral dalam warna tersebut. 
-    Dan yang ketiga berwarna transparan yang digunakan dalam mencampurkan dengan warna lain yang diperlukan. 

5. Mudah Kering

Keunggulan lain yang dimiliki oleh sablon rubber ini merupakan kecepatan keringnya. Dibandingkan dengan sablon lainnya, dapat dikatakan bahwa sablon ini memiliki tinta mengering dalam kurun waktu 15 sampai 20 detik. Sablon ini telah menggunakan mesin heat dengan suhu pengering 120 derajat. 

6. Tidak Mudah Luntur

Dengan kualitas yang mampu melekat dengan erat dan juga tidak mudah luntur. Dapat dijadikan pakaian dengan penggunaan dalam setiap hari. 

- Kelebihan Sablon Polyflex

1. Tidak Mudah Pudar

Gambar yang tercetak dengan sablon polyflex ini tidak mudah lepas, kikir maupun pudar. Dengan penggunaan yang cukup sering tidak akan membuatnya menjadi pudar. 

2. Awet dalam Jangka Panjang

Polyflex yang memiliki kualitas tinggi akan membuat kaos atau pakaian dengan sablon tersebut akan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Pakaian jangka panjang seperti ini tentunya menjadi pilihan yang tepat. 

3. Lebih Rapi

Hasil sablon yang berkualitas tinggi akan membuat lebih rapi dan akurat dalam pakaian.

4. Dapat Memilih Sablon Satuan

Kualitas yang dimiliki sablon ini begitu tinggi tidak lantas membuat selalu memesan dalam jumlah banyak. Anda dapat melakukan sablon satuan dengan sablon polyflex tersebut.

5. Selesai Lebih Cepat

Proses pembuatan sablon polyflex ini cenderung memiliki waktu cepat dibandingkan dengan jenis sablon lainnya.

Kekurangan dari Sablon Rubber dan Polyflex 

- Kekurangan Sablon Rubber

1. Sablon Menimbulkan Kerak

Sablon jenis ini memiliki waktu kering yang cukup cepat. Sehingga akan menimbulkan kerak pada screen. Hal ini terjadi dalam proses penyablonan. Tersumbatnya pori-pori pada screen menjadi penyebab munculnya kerak tersebut. Perlunya untuk pembersihan dengan teratur atau dapat menggunakan screen baru yang lebih bersih. 

2. Sablon Menghasilkan Sebuah Limbah

Tidak ada sablon yang tidak menghasilkan limbah. Tetapi, sablon rubber menghasilkan lebih banyak limbah dibandingkan dengan jenis sablon lainnya. Tinta yang mudah kering akan membuat Anda harus berusaha keras dalam pencuciannya dan hal ini yang menjadi penyebab munculnya limbah. 

- Kekurangan Sablon Polyflex

1. Kurangnya Varian Warna

Sablon polyflex tidak memiliki banyak pilihan warna dibandingan dengan sablon rubber dan digital printing.

2. Bahan yang Mahal

Sablon polyflex cenderung membutuhkan bahan vinyl polyflex yang mana harga untuk mendapatkan terbilang mahal pada produksi sablon.

3. Menggunakan Mesin Cetak

Bahan yang satu ini menggunakan mesin cetak yang mana harganya juga sama mahalnya. 

4. Belum Diketahui

Sablon polyflex ini memiliki teknik yang belum banyak orang ketahui karena teknik yang satu ini memang masih cenderung dikenal dikota. Dengan membutuhkan teknologi yang cukup canggih tentunya membutuhkan tempat yang dapat menjangkaunya, seperti ibukota. 

5. Bahan Terbatas

Dengan yang masih terbilang terbatas tentunya cetakannya pun menjadi begitu terbatas ukurannya untuk sablon polyfles tersebut.

Mana yang Terbaik Sablon Rubber dan Polyflex?

Keduanya memiliki kualitas bahan yang baik dan bagus. Namun, jika kita membahas tentang perbedaan sablon rubber dan polyflex mana yang baik atas keduanya. Ada baiknya jika melihat secara luas dan tidak hanya berpatokan pada satu poin saja. Kita dapat memakai perumpamaan sebagai berikut:

1.    Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa menunggu terlalu lama. Maka, sablon polyflex menjadi pilihan yang baik karena memiliki waktu penyelesaian yang cukup cepat. 

2.    Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang memperhitungkan harga. Tentunya sablon rubber menjadi solusi terbaik. Harga terjangkau dengan kualitas produk yang masih baik. Pilihan mana yang terbaik tentunya menjadi opsional tergantung pada kepribadian pengguna. 

3.    Jika Anda adalah orang yang menyukai sablon dengan banyak warna. Maka, sablon rubber menjadi pilihan yang tepat karena memiliki tiga jenis tinta. Sedangkan sablon polyflex tidak memiliki banyak varian.
 
4.    Jika Anda merupakan penyuka sablon yang cenderung dengan satuan. Pilihan Anda jatuh kepada sablon polyflex yang mampu memproduksi secara satuan. Tidak perlu menunggu dengan jumlah yang cukup banyak.

Kedua sablon di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat membuat banyak berpikir berulang kali dalam memilihnya. Tetapi, jika Anda telah menetapkan sebuah prinsip pada beberapa poin. Maka, pilihan akan terasa mudah untuk dilakukan. 

Banyak poin dari perbedaan sablon rubber dan polyflex yang telah disebutkan. Sehingga diharapkan bisa membuat Anda menjadikannya sebuah acuan dan referensi dalam memilih sablon jenis apa yang harus digunakan. 

Namun jika masih kebingungan memilih jenis sablon yang akan digunakan terutama untuk desain tas Anda, maka bisa menyerahkan semuanya kepada OSCAS. Sebab perusahaan yang sudah ada sejak tahun 2015 ini dipercaya sebagai jasa pembuatan tas terbaik di Indonesia.

OSCAS memiliki berbagai macam jenis produk tas yang bisa Anda pilih. Mulai tas sekolah, tas ransel, tas kanvas dan masih banyak yang lainnya. Terkait harga dan kualitas dipastikan terjamin.

Bagi Anda yang sudah memiliki desain untuk tas kesayangan atau digunakan dalam jumlah yang banyak, agar tidak kebingungan dan tidak ribet, serahkan semuanya kepada OSCAS sebagai solusi terbaik pembuatan tas berkualitas di Indonesia.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini