Cara Bisnis Tas Untuk Pemula, Pasti Berhasil dan Sukses!

Cara Bisnis Tas Untuk Pemula, Pasti Berhasil dan Sukses!

Menjadi seorang karyawan bukanlah pekerjaan yang menjanjikan pada saat  pandemi Covid-19 seperti ini. usaha tas merupakan satu dari sekian bisnis yang sangat menguntungkan untuk Anda coba. Cara bisnis tas untuk pemula pun juga cukup mudah, sehingga Anda tak perlu risau dan bingung.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih untuk membuka bisnis tas ini. Bagaimana kiat-kiat membuka usaha yang satu ini? simak jawaban selengkapnya dalam ulasan di bawah ini ya!

Ini Dia Cara Bisnis Tas Untuk Pemula

1. Tentukan Konsumen

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan konsumen, tak terkecuali dengan bisnis tas. Tak dapat dipungkiri bahwa masa depan dari sebuah usaha terdapat pada konsumen yang tetap setia menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.

Menentukan konsumen juga akan menjadi titik awal dalam lingkaran usaha di mana akan berpengaruh terhadap metode pemasaran, vendor, proses produksi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, bagi Anda yang merupakan seorang pemula dalam bisnis tas, tentukanlah terlebih dahulu siapa konsumen yang Anda sasar nantinya.

2. Persiapkan Modal

Setelah tahu jenis tas apa yang akan Anda pasarkan, kini saatnya memikirkan masalah modal usaha. Tak dapat dipungkiri bahwa modal merupakan kunci dalam memulai sebuah usaha. maka dari itu, mempertimbangkan dengan baik sumber dan jumlah seluruh modal yang harus dimiliki sangatlah penting untuk dipersiapkan pemula seperti Anda.

Modal usaha tersebut dapat Anda gunakan untuk merintis usaha seperti membeli peralatan untuk proses produksi atau kulakan dari para vendor apabila Anda penjual barang jadi. Tak hanya sampai di situ, dana tersebut dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis seperti sewa tempat usaha, biaya promosi, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

3. Menentukan Jenis Usaha

Apabila modal sudah dikantongi, kini saatnya bagi Anda untuk memikirkan masalah jenis usaha. bagaimana maksudnya? Terdapat dua pilihan dalam bisnis tas ini, yang pertama yaitu sebagai usaha manufaktur yang memproduksi barang dagangannya sendiri atau perusahaan dagang yang mengambil persediaan dari vendor terkait.

Keputusan dalam poin yang satu ini memegang peranan yang cukup penting untuk kelanjutan bisnis Anda di masa depan. Ketika memilih mengambil barang dari vendor, maka Anda harus membuat daftar vendor dan menyeleksinya untuk mendapatkan tas yang berkualitas.

Sedangkan untuk jenis usaha manufaktur, Anda harus memikirkan banyak hal seperti karyawan, peralatan memproduksi, tempat usaha, skill, dan masih banyak lagi.

Jadi bagaimana? Keputusan terdapat di tangan anda. Tentukan pilihanmu dengan baik dan bijak ya!

4. Tentukan Apa Keunggulan Produk Anda?

Apa keunggulan produkmu? Pertanyaan ini pasti dipikirkan atau bahkan dilontarkan oleh sebagian customer ketika sedang membandingkan tas buatan Anda dengan tas sejenis dari produsen lain.

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagai seorang customer pun Anda ingin mendapatkan barang yang berkualitas dan bagus. Nah, poin inilah yang menjadi kesempatan bagi Anda untuk berinovasi agar produk tasmu lebih unggul dari pesaing.

Tentukan keunggulannya! Apabila Anda ingin bermain dalam hal kualitas, pastikan bahan tas Anda berkualitas pula. Pastikan pula proses produksi juga berjalan lancar, sehingga tas dalam keadaan prima dan kecacatan barang dapat diminimalisir.

Namun apabila Anda ingin unggul dalam hal harga, pastikan harga yang Anda kenakan lebih rendah dibandingkan dengan pesaing. Lakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengamati harga yang dikenakan pesaing untuk tas sejenis. Untuk harga yang bersaing, Anda dapat bermain dalam hal bahan produksi atau kuantitas produksi.

Ingat barang yang terjangkau bukan berarti barang murahan ya! Meskipun Anda mematok harga murah, namun Anda tetap harus memantau proses produksi dan output dari proses produksi yang dilakukan.

5. Tentukan Juga Apa Kelemahan Produk Anda?

Setiap hal di dunia ini pasti memiliki kekurangan! Kalimat tersebut memang ada benarnya bahkan dalam hal bisnis tas ini. meskipun melalui proses produksi yang apik dan bahan yang berkualitas, produk tas yang Anda miliki tentunya memiliki satu kekurangan.

Meskipun demikian, hal ini bukan menjadi alasan bagi Anda untuk menutup-nutupinya agar pelanggan tidak kabur. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Anda untuk memastikan kelebihan yang dimiliki jauh lebih besar daripada kekurangannya.

Contohnya saja, produk tas Anda memiliki satu kekurangan yaitu harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan tas sejenis dari produsen lainnya. Tentu harga menjadi satu dari sekian banyak pertimbangan dari customer.

Dibalik harga yang mahal tersebut, Anda harus dapat meyakinkan pelanggan bahwa dana yang dikeluarkan akan sepadan dengan kualitas yang didapatkan. Pastikan bahwa produk Anda memiliki kualitas super dengan bahan berkualitas.

Hal inilah yang menjadi alasan bagi para sosialitas untuk membeli merek tas ternama seperti Hermes, Channel, Zara, dan masih banyak lagi meksipun memiliki harga yang selangit. Selain untuk gengsi mereka juga percaya bahwa tas dari merek tersebut memiliki kualitas yang bagus.

6. Strategi Marketing

Berbeda dengan merek-merek tas yang kami jelaskan di atas, tanpa promosi berlebih mereka akan tetap memiliki pelanggan setia meskipun dengan harga selangit. Anda yang merupakan seorang pemula kini sedang membangun brand image dari produk yang dimiliki.

Marketing menjadi satu dari sekian banyak cara bisnis tas untuk pemula yang cukup penting. Marketing digunakan untuk memasarkan produk tas Anda kepada semua orang, sehingga tertarik untuk membeli. Tak hanya itu, marketing juga memegang peranan penting dalam membangun branding image dari bisnis yang Anda bangun.

Dengan adanya perkembangan teknologi, tidak salah Anda turut mengikuti agar dapat terus terpantau dari jangkauan pelanggan. Jangan sampai, pelanggan malas membeli hanya karena akses pembelian yang rumit dan susah.

Contohnya saja, gunakan media sosial instagram atau platform e-commerce lainnya untuk terus memberikan informasi dan promosi lengkap kepada pelanggan.

7. Kreativitas dan Keunikan Produk Tas

Kunci sukses untuk menjadi seorang pengusaha bisnis tas yang handal meskipun seorang pemula adalah terus memupuk kreativitas dan keunikan dalam setiap produk yang dihasilkan. Dengan sentuhan kreativitas, produk Anda akan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan milik pesaing.

Keunikan juga menjadi nilai tersendiri di mana konsumen untuk terus tertarik dan menaruh minat dalam produk anda.

Lalu bagaimana cara menjadi kreatif dan unik? Caranya cukup mudah yaitu dengan terus belajar dan berinovasi dengan melihat tren yang sedang berkembang saat ini. tambahkan sedikit kreativitas agar produk Anda unik dan terkesan orisinil dibandingkan dengan produk milik pesaing.

Tentukan sendiri kreativitas dan keunikan dengan gaya diri Anda!

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa langkah mudah dan cara bisnis tas untuk pemula. Kira-kira kapan Anda akan memulai usaha bisnis tas ini sendiri? Segeralah mulai agar Anda dapat terus berkreasi dengan hadian pundi-pundi rupiah yang terus bertambah.

Salah satu wirausaha yang telah sukses dapat Anda jadikan contoh dalam bisnis tas ini adalah jasa konveksi tas oscas. Bagi Anda yang sedang mencari jasa untuk produksi tas dapat pula menggunakan jasa kami. Atau Anda ingin memiliki brand tas milik Anda sendiri tapi tidak ingin ribet masalah produksi, tak masalah kami juga bisa membantu Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda di masa depan nanti, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami