OSCAS.CO.ID – Apa pun bidang usaha yang akan ditekuni, seorang pebisnis tentu perlu menyusun strategi yang tepat. Usaha yang besar bisa dimulai dari bisnis kecil-kecilan, misalnya dengan memasarkan produk tas pada khalayak umum. Sebelum itu, sebaiknya perlu menambah wawasan tentang strategi jitu pemasaran produk tas supaya nantinya lebih banyak diminati oleh customer.
Berjualan tas di masa sekarang tentunya juga mempunyai prospek yang cukup tinggi. Hadirnya media sosial bisa menjadi sarana dalam memperkenalkan produk tas yang unggul pada calon costumer tanpa perlu memasang iklan yang mahal. Bila tertarik untuk memulai usaha dari rumah, berikut pembahasan tentang strategi pemasaran yang perlu disimak:
Pengertian Strategi Pemasaran
Secara garis besar, strategi pemasaran yaitu usaha untuk memasarkan produk melalui penyusunan rencana tertentu. Tujuan dari strategi jitu pemasaran tas tidak lain agar lebih banyak produk yang terjual.
Sehingga, produsen mendapatkan keuntungan yang besar dan bisnis penjualan tas bisa berkembang menjadi lebih luas lagi. Strategi pemasaran akan terus diterapkan produsen dalam menjual barang di samping persaingan pasar yang ada.
Penyusunan strategi pemasaran sifatnya sangat luas, sebab ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis. Misalnya seperti alokasi pemasaran, teknik memperkenalkan produk kepada customer, serta program pemasaran lain agar produk lebih unggul di pasar.
Fungsi Penetapan Strategi Pemasaran
Setiap produsen tentu menginginkan produknya banyak oleh customer, sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan demikian, nilai ekonomi perusahaan tentunya menjadi semakin meningkat.
Untuk itulah, perlu ditetapkan strategi pemasaran agar dapat mencapai tujuan tersebut. Berikut penjelasan dan tentang fungsi dari strategi pemasaran yang perlu dipelajari untuk para pebisnis:
1. Mengembangkan Motivasi Customer
Terkadang peluang bisnis tidak selalu muncul pada permintaan pasar, tetapi pelaku usaha perlu menciptakannya sendiri. Melalui adanya strategi bisnis, produsen dapat menciptakan peluang usaha dengan memberikan inovasi terbaru.
Situasi seperti ini membuat customer yang awalnya tidak membutuhkan produk tersebut akhirnya termotivasi untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk menghasilkan inovasi diperlukan bantuan tim dalam sebuah perusahaan.
Tim khusus ini melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, customer sebenarnya tidak perlu mengganti tas setiap bulan. Namun, dengan strategi jitu pemasaran produk tas mampu meyakinkan konsumen bahwa produk tas terbaru memiliki berbagai keunggulan.
2. Mengkoordinasikan Tim Dengan Baik
Adanya strategi pemasaran juga berfungsi sebagai alat untuk mengkoordinasikan tim dengan baik. Salah satunya menetapkan bidang masing-masing anggota agar dapat bekerja sesuai dengan target perusahaan.
Sebagai contoh, produsen perlu membentuk tim untuk kebutuhan produksi, bagian pemasaran, serta divisi lain. Agar produk yang dijual diterima masyarakat, bagian pemasaran harus gencar dalam berpromosi.
Begitu pula saat produk yang dijual laris, maka bagian produksi lebih giat dalam bekerja agar pesanan customer terpenuhi. Meskipun ada pembagian seperti ini, masing-masing divisi harus mampu berkoordinasi dengan baik agar target perusahaan tercapai.
3. Merumuskan Tujuan Usaha
Penerapan strategi pemasaran juga berfungsi untuk merumuskan tujuan usaha yang sedang dikelola. Tujuan usaha yang dimaksud haruslah bersifat kuantitatif, sehingga pengukurannya jauh lebih mudah dan jelas. Misalnya seperti target pemasukan, target penjualan, besar keuntungan, dan tolak ukur lain yang menjadi tujuan usaha.
Strategi Jitu Pemasaran Produk Tas Untuk Dipahami
Di dalam berbisnis penjualan tas, ada banyak strategi yang bisa diterapkan dalam rangka mencapai target perusahaan. Menjalankan strategi jitu pemasaran produk tas termasuk diantara hal penting yang perlu dikerjakan bagi pebisnis.
Adapun usaha memasarkan produk dengan baik guna meningkatkan penjualan tas secara maksimal bisa dilakukan dengan menerapkan cara berikut ini:
1. Pelajari Target Pasar
Sebelum beranjak pada usaha yang lebih kompleks, hal dasar yang perlu dilakukan pebisnis yaitu mempelajari target pasar. Pebisnis tas tentunya perlu mengetahui kepada siapa produk harus dipromosikan. Semakin spesifik target yang sudah ditetapkan, maka pemasaran produk berjalan lebih terarah. Sebab, pebisnis tahu bagaimana cara melakukan pendekatan terbaik untuk customer.
Misalnya bila tas yang diproduksi sengaja dibuat untuk tas wanita, maka sesuaikan desain dengan selera paling banyak dicari. Begitu pun dengan teknik promosi yang akan dilakukan. Pebisnis bisa melakukan soft selling agar mampu menarik perhatian wanita untuk memilih produk tas tersebut dibandingkan dengan brand lainnya.
2. Memproduksi Tas Berkualitas
Customer mungkin akan merekomendasikan produk tas pada kerabat dan teman saat mengetahui kualitasnya sangat unggul. Misalnya bahannya kuat, desainnya elegan, dan mempunyai pilihan warna yang banyak.
Lain halnya ketika produk tas yang diterima justru mudah tergores, luntur, dan seterusnya. Tentu orang lain akan enggan untuk mempromosikannya. Alih-alih membantu promosi pada teman, costumer justru tidak akan percaya lagi pada toko penjualan tas tersebut.
Itulah mengapa aspek kualitas menjadi salah satu poin penting yang perlu didahulukan sebelum produk sampai ke tangan customer. Tanpa promosi yang terlalu rumit, costumer akan tetap berlangganan apabila produk tas yang dijual berkualitas.
3. Berikan Pelayanan Ramah Untuk Customer
Baik penjualan online maupun offline, pebisnis harus mampu memberikan respon yang baik pada customer. Sehingga, orang-orang mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.
Misalnya bila terjadi keluhan customer, maka pebisnis harus sabar menanganinya. Jangan sesekali menyalahkan customer, sebab hal ini dapat menurunkan kepercayaan pada toko.
4. Berikan Sampel Tas Untuk Direview Influencer
Zaman sekarang, promosi bukan hanya bisa dilakukan melalui iklan di TV dengan biaya yang besar. Sebab, media sosial juga membawa pengaruh yang luas untuk kemajuan sebuah bisnis penjualan produk.
Produsen tas bisa memberikan beberapa sampel tas kepada influencer yang dipercaya dan sudah memiliki banyak viewers di akun media sosialnya. Bersamaan saat mengirim tas tersebut, sampaikan alasan mengapa mengirim sampel produk.
Ketika influencer mereview tas dan bahkan mengunggah foto ketika menggunakan tas tersebut. Maka secara tidak langsung influencer sudah mengiklankan pada para followernya. Sehingga banyak yang mengenal produk ini dan termotivasi untuk membeli tas serupa.
5. Buat Sistem Kode Referral
Dari satu pembeli, pebisnis bisa mendapatkan customer lain dengan menerapkan sistem kode referral. Berikan kode unik pada setiap customer yang sudah berbelanja di toko tas untuk disebarkan.
Adapun untuk costumer lain yang membeli tas menggunakan kode tersebut, cobalah untuk memberikan reward tertentu seperti diskon atau gratis ongkir. Sehingga, customer yang menerima kode referral tersebut akan dengan senang hati mempromosikan tas kepada orang lain.
Bahkan mungkin membelinya lagi menggunakan kode referral yang sudah dimiliki. Pemilihan strategi jitu pemasaran tas seperti ini dinilai efektif untuk mengembangkan toko agar lebih banyak customer yang berbelanja.
6. Meminta Testimoni dari Customer
Review dari customer merupakan strategi jitu pemasaran produk tas yang bisa diterapkan lebih efektif. Sebab, hampir sebagian orang akan memutuskan membeli produk setelah mengetahui penilaian dari customer sebelumnya.
Testimoni yang positif akan semakin menambah motivasi dalam membeli produk tas yang ditawarkan. Bila mempromosikan produk tas melalui akun media sosial, sertakan pula testimoni dari customer yang sudah berbelanja.
Pebisnis bisa menyertakan komentar positif dari pembeli atau pun membuat tagar khusus galeri pembeli. Dengan demikian, orang-orang bisa mempertimbangkan kualitas produk yang nantinya akan diterima bila membeli tas tersebut.
7. Unggah Konten yang Persuasif
Pemasaran produk tas yang paling basic yaitu dengan mengunggah konten berisi promosi serutin mungkin. Pelajari juga trend apa yang sedang disukai masyarakat supaya bisa menghadirkan konten yang menarik.
Unggahan yang berisi kuis maupun tema humor akan lebih disukai viewers, sehingga nantinya bisa dibagikan ke orang lain. Untuk bisnis yang sifatnya online, peran media sosial sangatlah besar dalam membangun kepercayaan customer.
Sebisa mungkin pebisnis menampilkan kelebihan dari produk tas yang ditawarkan pada audiens. Melalui akun media sosial ini pula, pebisnis juga bisa mengadakan event seperti review produk secara live streaming, flash sale, giveaway, lelang, dan sebagainya.
BACA JUGA :
Mau Mulai Bisnis Tas? Simak Dulu Yuk Analisa Peluang Usaha Tas Berikut!
Itulah pembahasan tentang strategi jitu pemasaran produk tas yang bisa dijadikan referensi untuk membangun usaha dari rumah. Bagi pembaca yang tertarik memulai usaha penjualan produk tas bisa menghubungi layanan jasa untuk pemesanan tas berkualitas. Konsultasikan desain dan bahan tas yang diinginkan dengan cara menghubungi kontak yang sudah tersedia.