Kini media sosial telah menjadi alternatif bagi banyak orang dalam menjual produknya secara online. Media sosial yang paling sering digunakan sebagai platform marketing yaitu Instagram. Platform besutan facebook ini tidak hanya digunakan untuk mengabadikan moment penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga dimanfaatkan untuk berjualan. Bagi Anda yang ingin berjualan tas di Instagram, harus mempelajari tips jualan tas di Instagram agar toko Anda banjir orderan.
Instagram memang merupakan platform yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai media berbisnis, pasalnya jumlah pengguna yang aktif dalam sebulan bisa mencapai 1 miliar jiwa. Dengan begitu ketika Anda berhasil menerapkan tips jualan tas di Instagram ini, maka peluang produk Anda dilihat banyak orang menjadi lebih besar.
Kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan pelaku bisnis mempromosikan produk atau jasanya di media sosial. Yah memang cara ini cukup bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda. Berjualan di media sosial memang sangat menguntungkan, selain gratis, produk Anda akan dikenal banyak orang dalam jangkauan yang luas.
Produk yang paling banyak dipasarkan di Instagram yaitu produk fashion, seperti tas, sepatu, baju dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan Instagram paling banyak digunakan oleh anak-anak muda yang kebutuhan fashionnya sangat tinggi. Jadi tidak heran kenapa kita sering mendapati Instagram penuh dengan iklan-iklan fashion.
Walaupun terlihat mudah, namun sayangnya masih saja banyak orang yang gagal dalam berbisnis di Instagram. Kesalahan paling umum yang sering kita dapati adalah cara mereka mempromosikan barang dagangannya. Bukannya semakin bekembang, malahan akun bisnis Instagram mereka hanya jadi kenangan. Agar Anda tidak termasuk dalam orang yang gagal seperti mereka, sebaiknya lakukan tips jualan tas di Instagram yang tepat dan benar.
Sebagai media berjualan online, Instagram memang media sosial yang paling tepat Anda gunakan. Sayangnya masih saja didapati banyak pelaku bisnis yang melakukan kesalahan-kesalahan yang akhirnya membuat bisnis mereka menjadi gagal. Ingin tau kesalahan-kesalahan seperti apa itu? Mari kita lihat di bawah ini
Kesalahan yang Membuat Gagal Berjualan Tas di Instagram
Untuk menghindari kegagalan dalam berbisnis di Instagram, Anda harus menjauhi kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang berikut ini.
1. Tidak Memiliki Target Audience
Mempromosikan produk harus jelas mengarah ke mana, siapa yang Anda target itu harus ditentukan sejak awal sebelum memulai pemasaran produk. Jika Anda tidak menentukan siapa target pasar, itu sama saja Anda membuang-buang waktu, tenaga dan juga uang. Misalnya saja Anda mempromosikan tas pria sedangkan followers Anda kebanyakan wanita, semenarik apapun cara promosi Anda mereka tidak akan membeli produk yang Anda tawarkan karena mereka tidak membutuhkannya.
2. Hanya Fokus Untuk Menambah Follower
Jumlah follower memang berpengaruh pada penjualan produk, sedikit follower maka sedikit juga peluang Anda mendapatkan keuntungan. Namun hal itu bukan berarti Anda hanya fokus ke situ saja. Jumlah follower memang bisa jadi tolak ukur popularitas akun Anda, tapi kalau Anda hanya terlalu fokus untuk mengejar jumlah follower, maka banyak hal yang akan terabaikan. Anda harus tau bahwa dari semua followers Anda hanya 10% saja yang rutin melihat konten Anda.
Jika jumlah followers Anda sudah cukup banyak, saatnya untuk fokus membuat konten yang menarik. Dalam membuat konten sebaiknya Anda membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan selera followers Anda. Itulah efektivitas dalam cara Anda memasarkan produk sangat berpengaruh dalam hal ini.
3. Kurang Promosi
Membuat konten saja tidak cukup, karena tidak semua orang akan melihat konten yang Anda buat. Di sini Anda perlu berkorban sedikit untuk mempromosikan produk Anda misalnya saja memasang iklan berbayar. Namun ada juga orang yang ogah memasang iklan berbayar, mereka hanya fokus membuat konten tanpa berusaha mempromosikannya.
Nah 3 hal di atas adalah contoh kesalahan yang bisa menyebabkan kegagalan dalam jualan di Instagram. Setelah mengetahuinya saatnya Anda memulai bisnis dengan tips jualan tas di Instagram berikut ini.
Tips Jualan Tas di Instagram
Tips-tips di bawah ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan jumlah penjualan bisnis tas Anda. Jadi sebaiknya Anda fokus mempelajarinya dan juga mengaplikasikannya.
1. Tentukan Audience
Kesalahan yang kami sebutkan tadi tentu sudah jelas harus Anda hindari dengan cara menentukan target audience. Produk yang Anda tawarkan harus tepat pada sasaran. Pahami kebutuhan orang-orang yang Anda akan tawarkan nanti, apakah produk Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan atau tidak.
2. Buat Akun Bisnis di Instagram
Melihat banyak penggunanya yang menggunakan Instagram untuk berbisnis, menjadi alasan Instagram menyediakan fitur akun personal dan akun bisnis. Maka dari itu orang yang menggunakan Instagram untuk berjualan akan menjadi lebih mudah lagi. Jangan menggunakan akun pribadi Anda untuk berjualan agar akun bisnis Anda terlihat lebih profesional. Nah untuk membuat akun bisnis, sebaiknya Anda menggunakan nama akun yang menggunakan kata kunci misalnya saja @konveksi_tasOSCAR. Jika Anda menggunakan nama dengan kata kunci, maka akun Anda akan lebih mudah ditemukan dalam pencarian.
3. Buat Banyak Konten dan Semenarik Mungkin
Pastikan Anda terus mengupdate konten setiap waktu, agar feed Instagram Anda tidak begitu sepi. Tapi jangan juga mengejar konten lantas membuatnya secara sembarangan. Anda juga harus membuat konten dengan gambar yang berkualitas dengan memperhatikan sudur pengambilan gambar, pencahayan dan menggunakan efek-efek tertentu. Jika Anda tidak memiliki bakat dalam hal ini, Anda bisa menyewa jasa photografer atau desain grafis.
4. Gunakan Hastag
Hastag akan membatu orang-orang untuk menemukan konten Anda, sebenarnya tips jualan tas di Instagram ini sudah sering digunakan karena memang cukup membantu meningkatkan penjualan. Bukan hanya tas saja, tetapi untuk produk lain juga. Misalnya saja Anda ingin menjual tas, sebagai contoh Anda bisa menggunakan hastag #TasBandung, #KonveksiTasOSCAR dan sebagainya. Pastikan hastag yang Anda gunakan sesuai dengan produk yang Anda jual.
5. Tawarkan Diskon
Menawarkan diskon tidak hanya berlaku di toko offline saja, tetapi juga ampuh dalam penjualan online. Siapa sih yang tidak suka diskon, semua orang pasti suka. Dengan penawaran ini orang-orang akan melirik akun Anda. Cobalah untuk menawarkan diskon atau promo gratis ongkir.
6. Upload Testimoni
Cara ini adalah hal yang sangat penting untuk menambah kepercayaan calon pembeli Anda. Apalagi saat ini banyak pelaku bisnis abal-abal yang banyak menipu orang. Di sini tugas Anda untuk mendapatkan kepercayaan orang-orang dengan mengupload testimoni misalnya bukti pembayaran dan pengiriman dari Whatsapp, Instagram dan media sosial lainnya.
Artikel lain : Cara Memulai Bisnis Tas Brand Sendiri Agar Sukses
Sukseskan Jualan Tas Online dengan Produk Berkualitas dari CV. OSCAS Indonesia
Selain dari keenam tips jualan tas di Instagram di atas, penting juga agar Anda mencari konveksi yang menghasilkan tas berkualitas tinggi dan tentunya harga yang terjangkau. Sebagus apapun cara Anda memasarkan produk kalau kualitas tas yang Anda jual tidak terjamin akan membuat pelanggan Anda menjauh. Konveksi tas OSCAS adalah konveksi tas yang paling tepat Anda pilih. Sudah banyak orang yang menjalin kerjasama dengan perusahaan tas ini karena selalu mengedepankan kualitas, kepercayaan dan keamanan. Dengan bekerjasama dengan OSCAS, bisnis Anda akan semakin berkembang dan sukses.