Mengenal Bahan Spunbond dan Karakteristiknya untuk Bahan Buat Tas

Mengenal Bahan Spunbond dan Karakteristiknya untuk Bahan Buat Tas

Tas menjadi salah satu benda wajib yang harus Anda bawa saat berkegiatan. Ya, tas memang digunakan untuk mempermudah Anda dalam membawa suatu barang bawaan. Tas dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kulit hewan asli, kulit imitasi, sampai dengan kain. Kain spunbond menjadi salah satu kain yang sering sekali digunakan dalam membuat tas jenis goodie bag. Bahan spunbond dan karakteristiknya yang ramah lingkungan, menjadikan kain ini banyak diminati untuk membuat tas berupa goodie bag. Goodie bag biasnya digunakan untuk membawa barang belanjaan.

Ya, sekarang ini memang penggunaan plastik sudah dibatasi, dan mulai banyak orang yang beralih menggunakan goodie bag atau tas belanja dari spunbond yang lebih ramah lingkungan. Selain tas, bahan ini juga sering sekali digunakan dalam pembuatan masker.

Agar makin mengenal mengenai bahan spunbond dan karakteristiknya, mari langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Macam-macam Bahan Spunbond

Jika dilihat dari ketebalannya, kain spunboun memiliki beberapa macam. Nah, berikut adalah ulasannya.

1. Kain Spunbond 25 – 50 Gram

Pertama ada kain spunbond yang memiliki ketebalan antara 25 – 50 gram (gr). Jenis ini merupakan jenis kain spunbond yang paling tipis. Karena tipis, kain ini biasanya hanya digunakan untuk membungkus produk atau barang-barang setelah menggunakan packaging. Seperti tas, sepatu, dompet, sandal, dan produk lainya. Dengan karakteristiknya yang tipis, jelas kain ini memiliki harga yang sangat murah.

2. Kain Spunbond 55 – 75 Gram

Selanjutnya, ada kain spunbond dengan ketebalan sekitar 55-  75 gr. Kain spunsond dengan ketebalan ini mungkin sering sekali Anda jumpai. Ya, kain spunbond dengan ketebalan inilah yang sering digunakan untuk bahan membuat goodie bag. Dengan ketebalannya membuat kain ini akan mudah sekali untuk dilipat, sehingga goodie bag Anda yang dibuat dengan kain ini akan mudah untuk disimpan.

3. Kain Spunbond 100 Gram

Kain spunbond dengan ketebalan 100 gr adalah jenis kain spunbond yang paling tebal. Karena ketebalan inilah menjadikan kain ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibanding dengan dua kain spunbond sebelumnya. Dengan kain ini, Anda bisa membuat tas yang dapat membawa barang bawaan yang cukup berat.

Itulah beberapa jenis kain spunbond berdasarkan dari ketebalannya. Jika Anda  ingin membuat tas goodie bag maka ada baiknya Anda menggunakan kain spunbond dengan ketebalan 55-75 gr. Tapi jika Anda ingin membuat tas yang dapat menampung barang bawaan yang berat maka pilihlah kain spunbond dengan ketebalan 100 gr. Pilihlah bahan yang cocok untuk membuat tas.

Selain tas, kain spunbond juga digunakan untuk membuat berbagai produk. Nah, berikut adalah beberapa produk yang dibuat dari kain spunbond.

Produk yang Terbuat Dari Bahan Spunbond

Tas Spunbond

Kain spunbond tak hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat tas. Produk-produk berikut ini dibuat dengan menggunakan kain spunbond.

1. Masker dan Penutup Kepala

Selaian masker, ternyata kain spunbond di dunia medis juga digunakan sebagai bahan pembuatan penutup kepala. Ya, kain spunbond memang terkenal ramah lingkungan dan higienis, jadi tak heran jika kain ini banyak dimanfaatkan untuk membuat masker dan tutup kepala.

2. Pampers

Selaian masker dan penutup kepala, kain spunbond yang memang higienis dan ramah lingkungan ini juga digunakan dalam pembuatan pampers. Ya, kain spunbond memang dikenal sebagai kain yang lembut.

3. Pelapis Kemasan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kain spunbound dengan ketebalan 25 -55 gr sering sekali digunakan sebagai pelapis berbagai produk, mulai dari tas, bahkan sepatu. Bahan spunbond dan karakteristiknya memang cocok dijadikan sebagai bahan pelapis produk.

Itulah beberapa produk atau benda yang dibuat dengan menggunakan kain spunbond.

Bagi Anda yang memang berniat membuat tas dari kain spunbond, maka Anda harus mengetahui dulu beberapa karakteristik dari kain spunbond sebagai bahan tas. Nah, berikut adalah beberapa ulasannya.

Karakteristik Bahan Spunbond

Bahan baku utama dari kain spunbond adalah biji plastik, tapi meskipun begitu kain ini dikenal dengan kain yang ramah lingkungan dan tidak bahaya, sebab kain ini tahan terhadap bahan kimia yang tinggi, dapat didaur ulang, dan anti bakteri maupun virus. Jadi kain ini memang sangat aman. Nah, agar lebih jelasnya berikut adalah beberapa karakteristik dari kain ini.

1. Lebih Tahan Lama

Seperti yang sudah dijelaskan, biasanya kain spunbond memang sering digunakan untuk membuat tas belanja. Sebagai tas belanja, jelas tas dari bahan spunbond lebih tahan lama jika dibanding dengan plastik. Dengan sifatnya yang tahan lama, menjadikan Anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih hemat, serta Anda pun bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.

2. Dapat Dicuci

Kelebihan lain dari tas yang dibuat dari kain spunbond adalah tas tersebut bisa Anda cuci. Jadi jika tas dari kain spunbond Anda kotor, maka Anda bisa dengan mudah mencuci tas Anda tersebut. Tas kain spunbond yang bisa dicuci inilah yang juga menjadikan tas kain spunbond bisa digunakan berulang kali.

3. Memiliki Banyak Warna

Kain spunbond dikenal memiliki banyak sekali warna yang tak kalah cantik dengan jenis kain lainya. Dengan ketersediaan banyak warna inilah Anda bisa membuat tas dengan beragam warna. Hal ini juga menjadikan kain spunbond cocok dijadikan tas souvenir atau tas promosi.

4. Aman

Seperti yang sudah dijelakan sebelumnya bahwa kain spunbond memang terkenal ramah lingkungan, sebab kain ini tak mengandung bahan kima berbahaya, jadi Anda pun akan merasa tenang ketika menggunakan tas berbahan spunbond.

5. Mudah Didaur Ulang

Bahan spunbond dan karakteristiknya mudah untuk didaur ulang. Selain mudah di daur ulang, kain spunbond juga tidak menimbulkan polusi.

6.      Mudah Disimpan

Bahannya yang ringan dan tidak memerlukan perawatan yang ribet, menjadikan tas yang terbuat dari kain spunbond mudah untuk Anda simpan. Anda bisa saja menyimpan tas yang terbuat dari kain spunbon dengan cara dilipat kemudian simpanlah di laci. Mudah sekali bukan untuk menyimpan tas kain spunbond?

7.      Harga Ekonomis

Selain ramah lingkungan, kain spunbond juga dikenal sebagai kain yang  memiliki harga yang ekonomis. Hal ini akan sangat cocok untuk Anda yang memang ingin membuat goodie bag atau tas untuk souvenir dalam jumlah yang banyak.

Di berbagai negara maju, seperti Eropa, America, Australia dan negara maju lainnya, sudah banyak mengganti kantong plastik dengan tas belanja. Kain spunbond inilah yang sering sekali digunakan dalam membuat tas belanja. Untuk mengurangi sampah atau limbah dari kantong plastik, memang sebaiknya mulai dari sekarang Anda beralih menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain spunbond. Mari jaga bumi bersama.

Bahan spunbond dan karakteristiknya dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk, salah satunya adalah tas. Bagi Anda yang memang ingin membuat tas dari kain spunbond kualitas terbaik, maka Anda bisa langsung saja menghubungi jasa konveksi tas Oscas. Oscas merupakan jasa konveksi tas yang aman dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami