Pengrajin Tas Kulit Bandung

Pengrajin Tas Kulit Bandung

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, sektor industri UMKM di Indonesia memang makin berkembang. Satu diantara sekian banyak UMKM yang perkembangannya cukup signifikan adalah usaha pengrajin tas kulit Bandung. Tidak hanya mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri, beberapa pengrajin bahkan sudah berhasil mengekspor tas hasil produksinya ke luar negeri.

Pengrajin Tas Kulit Bandung
Pengrajin Tas Kulit Bandung

Fakta ini menunjukkan bahwa tas kulit produk dalam negeri juga tidak kalah berkualitas dibanding dengan produk impor. Disamping berkualitas, para pengrajin juga sangat pintar untuk mengkreasikan beragam tas kulit yang mampu menjangkau berbagai kalangan usia serta gender. Jadi, sudah semestinya Anda menggunakan tas kulit lokal untuk aktivitas keseharian.

Jenis-jenis Produk Tas Kulit

  1. Tas Kulit Berbahan Suede

Suede merupakan salah satu jenis kulit yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan tas. Pada umumnya, proses produksi tas dengan bahan ini dilakukan secara terbalik dimana disamak dari bagian dalam kulit hewan. Tas kulit berbahan dasar suede memiliki karakteristik utama berupa teksturnya yang halus dan sedikit berbulu. Ciri khas inilah yang membuat sebagian besar orang menggemari jenis tas ini.

Baca juga : Produsen Tas Termurah di Bandung dengan Kualitas Standar Pabrik

Dikarenakan kekhasan teksturnya tersebut, maka proses perawatan jenis tas ini pun mesti Anda lakukan dengan benar. Supaya kebersihan tas tetap terjaga dan bahannya tidak berubah menjadi kasar, Anda bisa menggunakan beberapa alat di bawah ini. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan langkah berikut pada waktu membersihkan tas berbahan suede.

Cara Membersihkan dan Merawat Tas Kulit Suede:

  • Pertama, semprotkan cairan pembersih suede pada handuk hingga meresap.
  • Kedua, gunakan handuk tersebut untuk membersihkan bagian noda sambil menekannya. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan agar tidak menggosok noda pada permukaan tas. Sebab tindakan ini dapat menyebabkan noda menyebar ke bagian lainnya. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa hair dryer saat membersihkan tas.
  • Ketiga, dalam kondisi kering gunakanlah sikat halus untuk membersihkan noda pada bagian tas. Penerapan langkah ini bertujuan agar kulit bagian luar tas tetap lembut dan tidak berubah bentuk.
  • Keempat, khusus untuk membersihkan tas kulit suede yang terkena noda tinta maka Anda perlu menerapkan cara berbeda. Dalam kasus ini, Anda sebaiknya memakai alat berupa penghapus pensil guna membersihkan noda di tas ketika kondisinya kering. Disarankan untuk menggunakan penghapus pensil putih untuk tas berwarna cerah. Sebaliknya, jika tas Anda berwarna gelap maka gunakanlah penghapus pensil warna hitam untuk menghilangkan noda.
  • Kelima, selain menyesuaikan warna penghapus pensil dengan warna tas, saat membersihkan tas suede dari noda tinta Anda sebaiknya melakukannya secara perlahan. Tujuannya tentu saja agar tas kulit berbahan dasar suede milik Anda ini tidak cepat rusak.
  • Keenam, untuk membersihkan noda membandel, Anda bisa menggunakan cuka putih dan handuk.
  • Ketujuh, agar bentuk tas tetap terjaga, Anda bisa mengisi bagian dalamnya dengan kertas koran untuk tas berwarna gelap. Sementara itu, untuk tas berwarna cerah, sebaiknya bagian dalam tas Anda isi dengan kertas minyak. Kemudian, Anda juga dapat menambahkan komponen silica gel supaya tas lebih awet. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat kering.

 

  1. Tas Kulit Berbahan Brush Off

Selain menggunakan bahan suede, para pengrajin tas kulit Bandung juga menggunakan brush off sebagai bahan alternatif. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, tas berbahan brush off umumnya lebih mudah dikenali. Dikarenakan jenis tas ini mempunyai bagian permukaan yang mengkilap. Selain itu, tas ini juga kerap dikombinasikan dengan acrylic. Kemudian, tas kulit brush off juga relatif mudah untuk dibersihkan.

 

Cara Membersihkan dan Merawat Tas Kulit Brush Off:

Perawatan tas berbahan dasar brush off termasuk cara membersihkannya tergolong cukup mudah. Sebab tas ini memiliki karakteristik lapisan permukaan yang licin. Dengan demikian, untuk menjaga kebersihan tas ini Anda tidak membutuhkan keahlian dan bahan khusus. Ya, Anda hanya perlu memakai cairan pembersih untuk menghilangkan noda pada tas.

  1. Tas Kulit Berbahan Full Grain

Sebenarnya, tas kulit dengan bahan dasar full grain sudah sering Anda temui. Proses produksi tas dengan bahan full grain sendiri dilakukan tanpa mengubah struktur kulit bawaannya. Dengan demikian, motif permukaan pori-pori kulit tas madih terlihat alami atau natural. Jadi, jangan heran apabila tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas.

Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Full Grain

  • Pertama, jika tas dalam kondisi basah maka jangan dikeringkan menggunakan hair dryer. Cara ini bertujuan agar tas kulit full grain Anda tidak kaku dan melengkung. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengeringkan tas ini? Cukup keringkan tas pada suhu ruangan normal supaya permukaan tas tetap lentur.
  • Kedua, apabila tas sudah kering maka gunakanlah kain lembut serta krim lotion untuk mengusap bagian permukaan tas full grain.
  • Ketiga, ketika tas milik Anda kotor, jangan gunakan bahan kimia seperti sabun maupun detergen untuk membersihkan noda. Dalam kasus ini, Anda disarankan untuk menggunakan air bersih dan kain lembut basah untuk membasuh.
  • Keempat, jangan sekali-kali membungkus tas kulit jenis full grain dengan plastik. Sebab tindakan ini hanya akan semakin membuat permukaan tas menjadi rusak. Cara tepat untuk merawat tas ini adalah dengan membungkusnya ke dalam dust bag. Setelah itu, Anda tinggal menyimpannya di tempat kering.
  • Kelima, agar tas kulit full grain milik Anda tetap awet, silakan oleskan leather conditioner secara rutin.

    4.  Tas Kulit Berbahan Buk/Nubuck

Kebanyakan orang terkadang mengira bahwa tas kulit berbahan buk atau nubuck sama dengan suede. Padahal, kedua jenis bahan ini jelas berbeda karena buk atau nubuck diambil dari kulit hewan bagian luar. Sementara itu, berbeda halnya dengan tas kulit suede yang dibuat menggunakan kulit hewan bagian dalam.

Proses pembuatan tas jenis ini yang dilakukan oleh para pengrajin sendiri tergolong unik. Sebab Mereka biasanya menggunakan alat dengan tekstur kasar guna menghaluskan permukaan tas. Penerapan cara inilah yang membuat permukaan tas buk atau nubuck bisa sehalus jenis suede.

Cara Membersihkan dan Merawat Tas Kulit Buk/Nubuck:

Jika dibandingkan dengan jenis suede, maka cara merawat dan membersihkan tas berbahan buk atau nubuck relatif lebih mudah. Disamping itu, bahan yang digunakan untuk menjaga kebersihan tas juga mudah ditemukan. Dikarenakan hanya menggunakan bahan berupa shampoo, sikat gigi halus dan handuk. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan shampoo dan sikat gigi halus untuk menghilangkan noda.

Caranya yaitu dengan menggosok bagian tas yang kotor secara perlahan. Lalu, Anda bisa menghilangkan busa dengan menggunakan handuk basah. Diamkan sampai mengering di bawah cahaya sinar matahari secukupnya. Terakhir, Anda bisa membungkusnya dengan dust bag supaya tas tetap awet.

Itulah keempat bahan yang sering digunakan oleh pengrajin tas kulit Bandung dalam proses produksinya. Keempat jenis bahan di atas tentu mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga cara perawatannya pun tak sama. Supaya tas kulit yang Anda miliki senantiasa awet, maka cara perawatannya dapat disesuaikan dengan jenis bahannya.

Kata Kunci : Pengrajin Tas Kulit Bandung, Pabrik Tas Kulit Bandung, Konveksi Tas Kulit Bandung, Vendor Tas Kulit Bandung, Konveksi Dompet Kulit, 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *