Semua hal yang perlu kamu tahu tentang bahan suede

Bahan Tas Suede, Karakteristik, Jenis-jenis & Kelebihannya

Bahan tas suede juga sering digunakan untuk sepatu, jaket dan furniture. Ini adalah material kulit berkualitas yang cocok untuk macam-macam produk.

Bahan tas suede juga sering digunakan untuk sepatu, jaket dan furniture. Ini adalah material kulit berkualitas yang cocok untuk macam-macam produk.

Supaya harga jual produknya tidak terlalu mahal, di pasaran tersedia pula bahan suede sintetis. Apa perbedaannya dengan yang asli?

Semua hal yang perlu kamu tahu mengenai bahan tas suede akan dibahas pada artikel kali ini. Langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Apa Itu Bahan Suede?

Bahan tas suede adalah jenis material kulit yang terbuat dari sisi dalam kulit hewan. Alasannya karena bagian tersebut dinilai sangat lembut.

Berbeda dengan bahan kulit pada umumnya yang berasal dari sapi, suede menggunakan kulit domba, kambing, anak sapi, rusa, dan babi.

Secara kualitas bahan suede tergolong mewah. Ini berkat kelembutan dan kenyamanannya saat dikenakan.

Apa bedanya dengan nubuck?

Jika kamu memegang sepotong bahan kulit asli non-finishing, permukaan luarnya yang mulus disebut nubuck. Bagian ini sudah dihaluskan.

Saat dibalik kamu akan mendapati bahan tas suede, yang mana itu juga halus tetapi masih berbulu. Itulah ciri khas suede.

Karakteristik Bahan Tas Suede

Supaya mudah membedakannya dengan bahan kulit lain, pahami karakteristik bahan tas suede berikut ini:

Dilihat sekilas, suede memang mirip dengan kain bludru, tetapi jauh lebih halus dan warnanya tidak sementereng bludru.

Bahan Suede Sintetis

Penggunaan kulit hewan asli pada produk fashion selalu jadi pro dan kontra, baik dari sisi lingkungan maupun harga yang lebih mahal.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, para produsen tekstil kemudian menciptakan suede sintetis atau imitasi sebagai alternatif.

Suede jenis inilah yang banyak diminati di pasaran. Selain harganya murah, beberapa kekurangan suede asli juga bisa dimodifikasi.

Perbedaan suede asli dan sintetis antara lain:

Tahukah kamu? Produsen bahan suede terbesar di dunia adalah Tiongkok. Antara produk asli dan sintetis bersaing sangat ketat di pasaran.

Sejarah Bahan Suede

Sebelum membahas jenis-jenisnya, kamu mungkin penasaran dengan asal usul suede.

Menurut sejarah yang tercatat, bahan suede pertama kali diproduksi di Swedia pada abad ke-18. Saat itu para bangsawan Prancis sangat menggemari sarung tangan kulit dari Swedia.

Pengrajin kulit Swedia berhasil menemukan bahwa sisi dalam kulit hewan ternyata lebih lembut. Selama beberapa dekade, produksi sarung tangan suede pun terus berjalan.

Sampai akhirnya, produsen tekstil di Eropa mulai menyadari potensi bahan ini. Mulailah bermunculan produk fashion seperti jaket, sepatu dan tas dari bahan suede.

Ini merupakan suatu fenomena unik dalam sejarah tentang cara pemanfaatan kulit hewan untuk pakaian dan aksesori.

Jenis-jenis Bahan Suede

Selain suede sintetis, kamu dapat menemukan beberapa jenis bahan suede berikut di pasaran:

1. Suede Asli

Pengertian suede asli sudah dijelaskan di atas. Hanya saja kamu mungkin menemukan suede dari kulit hewan yang berbeda, misalnya:

2. Ultrasuede

Alternatif suede ini diciptakan oleh Miyoshi Okamoto asal Jepang pada tahun 1970. Bahan dasarnya 20% PU dan 80% serat mikro polyester.

Ultrasuede bisa dicuci dengan mesin cuci dan dijemur, sangat berkebalikan dengan seperti karakteristik suede asli.

Di Italia, sebuah perusahaan mematenkan kain ultrasuede dengan nama Alcantara. Bahan ini sering digunakan untuk jok mobil dan tas tangan.

3. Sueded Silk

Ini adalah silk atau sutra yang diproses sedemikian rupa supaya hasil akhirnya mirip dengan suede. 

Secara umum karakteristiknya tetap sutra, tetapi memiliki tekstur berbulu seperti suede asli. 

4. Sueded Cotton

Selain sutra, bahan katun juga bisa dibuat menjadi suede. Proses dan hasil akhirnya sama, yaitu menciptakan permukaan halus berbulu layaknya suede.

Kelebihan & Kekurangan Tas Suede

Setelah mengenal bahan tas suede dan tertarik membelinya, kamu mungkin perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

Kelebihan Kekurangan
Meskipun tipis suede termasuk bahan yang tangguh dan tahan lama. Bahan suede dari kulit hewan tertentu relatif tipis.
Permukaannya yang sangat halus dan lembut memberi kesan mewah. Suede sama halnya dengan kulit asli, yaitu tidak bersifat tahan air.
Bahannya fleksibel sehingga tersedia berbagai model tas suede. Debu dan kotoran lebih mudah menempel.

Cara Merawat & Membersihkan Tas Suede

Dikatakan sedari awal bahwa bahan tas suede rentan terhadap debu dan kotoran. Di satu sisi, cara membersihkannya harus berhati-hati agar tidak rusak. Begini panduan merawat dan membersihkan noda di tas kulit suede:

  1. Jangan sampai tas suede terkena air seperti ketumpahan atau kehujanan.
  2. Saat membersihkan gunakan penghapus noda khusus atau sikat suede untuk menjaga teksturnya.
  3. Lindungi bahan suede dengan semprotan pelindung noda dan kotoran.
  4. Pembersihan noda basah menggunakan bedak, sedangkan noda kering menggunakan cuka putih.

Apabila kamu cukup berhati-hati dan cermat dalam merawat tas suede, pastinya akan lebih awet dan tahan lama.

Berapa Harga Bahan Suede?

Di pasar internasional, bahan suede dari kulit asli dibanderol Rp450.000 per yard. Suede sintetis tentu jauh lebih murah, yakni sekitar Rp112.000 per yard.

Sangat mudah menemukan suede sintetis murah di marketplace lokal dengan harga mulai 20 ribuan per meter.

Perbedaan harga ditentukan oleh jenis kulit atau bahan dasarnya.

Penutup

Sudah sangat lengkap ulasan tentang bahan tas suede. Sekarang kamu sudah paham karakteristik, jenis-jenis, kelebihan, dan kekurangan suede. 

Bagi kamu yang ingin memproduksi tas suede dengan desain sendiri, hubungi konveksi tas OSCAS.CO.ID. Terpercaya di bidang jasa pembuatan tas sejak 2015.

Editor: Hikmat Prana