Breaking News

Kenali bahan Virotex untuk pembuatan tas

Bahan Tas Virotex (Viroteq), Ciri-ciri & Kelebihan

Salah satu pilihan kulit sintetis kelas menengah yaitu bahan tas Virotex atau Viroteq. Bahannya lentur sehingga mudah dijahit.

Bahan Tas Virotex (Viroteq), Ciri-ciri & Kelebihan

Salah satu pilihan kulit sintetis kelas menengah yaitu bahan tas Virotex atau Viroteq. Bahannya lentur sehingga mudah dijahit.

Kulit Virotex sendiri termasuk bahan yang sering digunakan oleh produsen tas rumahan. Fleksibilitasnya tidak membatasi kreativitas.

Di sisi lain, harganya juga relatif terjangkau. Walaupun bukan bahan semi kulit terbaik, tetapi kualitasnya sudah sangat memadai.

Tertarik menggunakan bahan tas Virotex? Sebelum itu pahami dulu pengertian, ciri-ciri dan kelebihannya berikut ini.

Apa Itu Bahan Tas Virotex?

Bahan tas Virotex adalah jenis kulit sintetis atau oscar dengan kelenturan yang cukup baik. Di pasaran bahan ini juga dikenal dengan nama Viroteq.

Virotex terdiri dari dua macam yaitu Safira dan Cardilac. Perbedan keduanya terdapat pada tekstur atau motif permukaannya.

Seperti diketahui, kulit sintetis atau semi kulit selalu memiliki motif yang membuatnya menyerupai kulit asli.

Pada bahan Virotex, terdapat varian tekstur kulit jeruk (Safira) dan urat kayu (Cardilac). Secara harga, Cardilac memang agak lebih mahal.

Selain itu, pilihan warna Virotex termasuk banyak jika dibandingkan dengan jenis kulit sintetis lain. Jadi, untuk bisnis bahan ini punya prospek yang bagus.

Ciri Bahan Virotex (Viroteq)

Sedikit banyak Virotex membawa karakteristik bahan semi kulit secara umum. Untuk dapat membedakannya, berikut ciri-ciri bahan tas Virotex:

  • bahannya sangat lentur,
  • tidak terlalu tebal,
  • tidak menyerap panas,
  • bertekstur kulit jeruk atau urat kayu,
  • tahan air,
  • lapisan dalam cotton knitted.

Kalau kamu mencari kulit sintetis yang tebal, silakan pilih bahan tas Colombo.

Penggunaan Bahan Virotex

Kulit Virotex alias Viroteq tidak hanya digunakan dalam membuat tas. Kulit sintetis satu ini serbaguna.

Bengkel modifikasi kendaraan misalnya, mereka menjual bahan Virotex sebagai cover jok. Selain itu digunakan juga pada produk furniture khususnya sofa.

Di kategori aksesori fashion, bahan tas Virotex bisa menjadi pouch, ransel, tas selempang, waist bag, tote bag, dan lain-lain.

Bahkan merek fashion terkenal seperti H&M juga menjual beberapa model tas yang menggunakan bahan Virotex.

Kelebihan Bahan Virotex

Berikut beberapa kelebihan bahan tas Virotex yang bisa menjadi pertimbangan kamu:

1. Mudah Dijahit

Bahan yang lentur dan tipis membuat bahan Virotex mudah dijahit. Ketebalannya hanya 1 mm, sudah termasuk backing.

Itulah alasan para penjahit rumahan menyukai bahan satu ini. Kamu bisa membuat berbagai macam model tas dengan Virotex.

Penggunaannya pun tidak terbatas pada lini fashion, di mana bahan Virotex juga lazim untuk cover jok kendaraan dan sofa.

2. Banyak Pilihan Warna

Salah satu kelebihan kulit sintetis yaitu menawarkan lebih banyak pilihan warna. Kamu tidak akan mendapatkan itu jika menggunakan kulit asli.

Warna-warna eksotis bahan tas Virotex tersedia di pasaran. Jika ditotal, jumlahnya mungkin lebih dari 20 pilihan warna.

3. Tahan Lama

Semua bahan semi kulit punya masa pakai yang tidak jauh berbeda. Walaupun tidak seawet kulit asli, tetapi ini tetap tahan lama asalkan dirawat dengan baik.

Ciri-ciri bahan Virotex yaitu permukaannya tidak mudah retak. 

4. Mudah Dibersihkan

Kulit Virotex bersifat tidak menyerap dan tahan air, jadi relatif mudah dibersihkan. Cukup gunakan kain basah lalu usap ke permukaannya.

Silakan baca lebih lengkapnya mengenai cara membersihkan tas kulit jeruk.

Harga Bahan Virotex

Hal terakhir yang perlu kamu ketahui yaitu soal harga. Berdasarkan toko-toko di marketplace lokal, harga bahan Virotex mulai 75 ribuan per meter. Varian warna-warna langka biasanya dibanderol agak lebih mahal.

Penutup

Secara teknis, membedakan bahan tas Virotex dengan kulit sintetis yang lain memang agak sulit. Namun, kamu bisa mengidentifikasinya dari ciri-ciri kecil seperti tekstur, ketebalan dan backing. Intinya, ini adalah bahan yang bagus.

Mau lebih praktis? OSCAS.CO.ID dapat membantu kamu membuat model tas apapun dari bahan Virotex. Ciptakan peluang usaha baru dengan membangun merek tas sendiri.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini