Cara membuat ID Card di Power Point

Mudah, Begini Cara Membuat ID Card di Power point

Membuat ID Card ternyata tidaklah terlalu sulit, Anda bisa memanfaatkan power point untuk membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini.

Mudah, Begini Cara Membuat ID Card di Power pointilustrasi
ID Card

ID Card adalah sesuatu yang dapat diberikan kepada seseorang agar identitas kita ada pada mereka. Dan biasanya menggunakan perangkat lunak desain profesional seperti Photoshop, Adobe Illustrator, Coral Draw, dll. untuk membuat ID CARD.

Selain itu, kartu ID dapat dengan mudah dibuat menggunakan Microsoft Word sebagai alat utama. Anda dapat dengan mudah membuat ID Card menggunakan powerpoint. Itulah mengapa strategi ini sangat cocok untuk orang-orang seperti Anda yang baru memulai. Artikel ini akan memperkenalkan Anda pada banyak fungsi, jenis, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kartu ID di Microsoft Word. 

Seberapa penting pengunaan ID Card? 

Tentu saja ini akan penting bagi seseorang terutama dalam dunia kerja,  karena itu salah satu pakaian wajib yang harus seseorang pakai. Ketika seseorang bekerja di sebuah perusahaan, secara alami seseorang berinteraksi dengan banyak orang. Orang lebih cenderung mempercayai Anda karena Anda lebih profesional dan terorganisir ketika mereka melihat ID Anda. Selain itu, ada beberapa fitur lain, antara lain sebagai berikut: 

  • Aktif dalam proyek kerja meningkatkan kemungkinan karyawan lain akan mengenali Anda sebagai kontributor yang berharga. 
  • Menjadikan diri Anda sebagai pembeda antara karyawan dan non-karyawan perusahaan atau instansi, sehingga yang terakhir dapat menjaga keamanan dan ketertiban di tempat kerja. 
  • Dapat digunakan untuk memeriksa kehadiran karyawan dan bahkan membuka dan menutup pintu menuju tempat kerja. 
  • Memudahkan karyawan dan manajer dari perusahaan yang sama untuk belajar tentang peran satu sama lain dalam organisasi. 
  • Karyawan menerima promosi setiap kali mereka bepergian ke perusahaan lain atau berpartisipasi dalam aktivitas non-kerja lainnya. 

 

Jenis ID Card Diklasifikasikan Menurut Fungsinya 

Mungkin masih ada masyarakat yang belum memahami pentingnya membawa ID Card. Walaupun ID card tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa tanpa harus dikalungkan di leher dengan rantai atau liontin, namun ada beberapa orang yang lupa untuk tidak menggunakan gantungan. 

Meskipun ada beberapa desain ID CARD yang berbeda yang dapat digunakan tanpa leher, seperti ID CARD dengan peniti dan masih banyak lagi lainnya, berikut ini adalah daftar macam-macam bentuk ID CARD: Secara umum ID CARD dapat dibagi . dalam salah satu dari tiga kategori, yaitu sebagai berikut: 

ID CARD IDENTITAS 
ID CARD memiliki jenis identifikasi yang sangat mirip dengan KTP. ID Card sering berisi nama, nomor karyawan dan posisi orang yang diidentifikasi. Tujuan utama dari kartu ID ini adalah untuk menampilkan informasi identifikasi karyawan secara umum kepada orang yang berwenang. 

ID Card Magnetik 
Jenis lainnya adalah ID card yang berupa kartu magnetis. Bagian belakang kartu ini ditandai dalam bentuk panel gelap dan kartu itu sendiri bersifat magnetis. Panel hitam menyimpan informasi sensitif terkait pemilik ID CARD. Kartu ID magnetik adalah bentuk kartu ID yang paling aman dan bekerja hampir persis seperti ATM. 

ID Card Promixity
Jika dipikir-pikir untuk pertama kali, Anda akan melihat bahwa jenis proximity card yang digunakan pada ID CARD sangat mirip dengan kartu pada umumnya. Di sisi lain, ditemukan bahwa kartu tersebut memiliki chip yang dapat menyimpan informasi yang harus dijaga kerahasiaannya. Penggunaan kartu ini di perusahaan besar telah menjadi lebih umum.

 

Cara Membuat ID Card dengan Powerpoint

Kartu nama dan ID Card sangat penting bagi Anda karena memungkinkan Anda mengidentifikasi diri Anda kepada orang lain melalui informasi tertulis dan visual. Setiap kali Anda membutuhkan kartu nama atau ID Card baru, Anda mengirimkan pesanan ke printer yang membuatnya untuk Anda sesuai dengan spesifikasi pesanan. 

Saat membeli kartu nama atau ID Card, seseorang sering menemui kendala karena desain kartu yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang seseorang bayangkan atau harapkan. Namun, pemilik perusahaan percetakan biasanya membuat kartu nama dan ID card menggunakan Corel atau Photoshop. 

Meskipun cukup menyenangkan untuk merancang kartu nama dan ID Card Anda sendiri sesuai dengan preferensi Anda, namun kadang bagi sebagian orang itu akan terasa lebih susah dan merepotjan. Apa saja pilihan bagi pengguna yang tidak dapat menggunakan perangkat lunak? 

Ada beberapa aspek untuk membuat kartu nama atau ID ini menggunakan Microsoft Office Publisher yang lebih sederhana, tetapi desain yang diberikan membosankan dan ada cara terbatas untuk meningkatkan apa yang sudah Anda miliki. Anda bisa mengikuti cara membuat ID card dengan powerpoint langkah-langkah berikut: 

  1. Tentukan ukuran kertas yang akan digunakan. Hasil terbaik yang mungkin dicapai dengan ukuran kertas yang lebih besar. Anda dapat mengubah kertas dengan mengklik template dan memilih page setup dari menu drop-down. Kebanykan orang akan memilih kertas A3; Namun, jika Anda ingin lebih besar dari itu, pilih opsi khusus dan sesuaikan lebar dan tinggi sesuai keinginan Anda. Kemudian klik OK. 
  2. Gunakan menu "Home" untuk masuk ke "Layout" lalu pilih "Empty". Ini menghapus tata letak, membiarkan kertas kosong.
  3. Pergi ke Insert > Shapes dan pilih gambar yang terlihat seperti persegi panjang (rectangle)
  4. Bentuk wadah menjadi persegi panjang
  5. Ulangi langkah 3 dan 4, tapi kali ini buat kotak dengan ukuran berbeda, sepertiga dari ukuran. setiap kotak awal dengan lebar yang sama. Dan untuk mendapatkan warna yang tepat, ubah warnanya dengan cara klik pada gambar dan pilih format- shape fill, dan juga ubah shape outline sesuai dengan warna yang dipilih pada shape fill. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik gambar dan memilih isian formulir.
  6. Buat persegi dengan sudut membulat pada bentuknya, lalu pilih rounded rectangle dengan ukuran yang sama untuk menutupi semua foto. Pilih format dan atur shape, lalu ubah warna isian bentuk menjadi "no fill" atau "tanpa warna". Juga, ubah warna outline bentuk menjadi putih dan atur weightnya menjadi 10. Tujuannya untuk memastikan bahwa sudut kartu nama atau ID card yang seseorang buat membulat seperti kartu nama dan ID card biasa.
  7. Masukkan teks yang diperlukan di textbox menu tambahan, misalnya nama perusahaan atau kantor dan data pribadi sesuai dengan preferensi Anda. Seseorang dapat mengubah warna teks dengan terlebih dahulu memilih teks yang akan diubah, kemudian memilih format textfill dan terakhir memilih warna yang diinginkan.
  8. Gunakan tombol "Insert picture" dan unggah gambar Anda dan gambar pendukung lain yang relevan.  Anda dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.
  9. Jika sudah, simpan dengan masuk ke menu Save as type dan pilih jpeg atau png sebelum mengklik tombol simpan. Disarankan untuk menggantinya dengan png untuk hasil terbaik. 

 

Berbagai Fungsi ID Card

Setelah mengetahui cara membuat id card dengan powerpoint, Anda juga harus mengetahu berbagai fungsi dari ID card, diantaranya adalah:

  1. Personal Branding yang eksklusif
    ID card sebagai merek pribadi yang unik, yang merupakan fungsi dan salah satu keunggulannya. Dengan kata lain, Anda harus memprioritaskan diri sendiri dan kebutuhan untuk menjaga sikap profesional. Jika Anda memiliki kartu ini, calon pelanggan akan lebih percaya kepada Anda sebagai pebisnis yang dapat diandalkan. Setidaknya skeptisisme awal bisa berubah menjadi percaya diri. Apalagi jika Anda menunjukkan kartu nama yang secara singkat dan ringkas mendefinisikan siapa Anda. 
  2. Profil Diri
    ID Card berisi data pribadi pemilik yang lengkap dan lengkap, data ini telah dirangkum dan disajikan secara singkat. Komunikasi identitas diri sangat penting karena berkaitan dengan posisi seseorang di tempat kerja dan bagaimana posisi itu dikomunikasikan kepada orang lain. Oleh karena itu, ID dapat digunakan sebagai bukti ketika mencoba meyakinkan calon pelanggan atau orang lain. Bahkan, calon pelanggan dapat dengan cepat mengetahui kebenaran tentang bisnis yang luar biasa dengan melihat kartu nama mereka. 
  3. Informasi Perusahaan
    Seperti yang baru saja diinformasikan sebelumnya, kartu nama memiliki beberapa tujuan dan memiliki beberapa manfaat baik bagi pemilik maupun penerimanya. Penggunaan kartu nama menawarkan manfaat yang dapat diandalkan bagi pemiliknya, terlepas dari kesulitannya. Orang yang menerima kartu nama Anda tidak akan kesulitan memverifikasi keabsahan bisnis dan mengidentifikasi Anda sebagai pemilik sah kartu tersebut. 
  4. Profesionalitas
    ID Card sering kali memiliki tampilan yang lebih halus dan profesional. Penting juga untuk mengetahui cara kerja kartu nama dan manfaat yang ditawarkannya. Ini adalah salah satu cara agar pemilik kartu nama dapat menampilkan dirinya secara positif kepada orang lain. Orang yang bekerja keras dan memberi nilai pada pekerjaannya mendapatkan poin bonus untuk itu. 

Cara ini adalah salah satu upaya yang akan menunjukkan bahwa Anda profesional. Untuk menggunakan kartu nama ini secara efektif, Anda harus menyadari semua peran dan manfaat dari kartu nama ini. 

Bagi seorang pengusaha, baik pemilik maupun karyawan, memiliki kartu nama sangatlah penting, terutama untuk tujuan pemasaran. Oleh karena itu, hampir semua profesional bisnis harus membawa kartu nama setiap saat. Bahkan ada orang yang memiliki kedua kartu nama yang berbeda dan pilihan kartu nama yang menonjol karena perannya. 

Selain tujuan mereka yang lebih tradisional, kartu nama dapat melayani tujuan promosi penting bagi organisasi dan individu yang menjalankan bisnis jasa. untuk menyegarkan ingatan Anda tentang layanan yang Anda tawarkan dan pesan yang Anda kirimkan kepada calon pelanggan. 

Variasi dari kartu pribadi khusus ini juga dapat berupa identitas atau profil perusahaan atau orang yang membawanya, dan keduanya. Hal-hal yang tercantum pada kartu nama harus memberikan informasi dasar. Informasi ini dapat berupa nama dan logo perusahaan, nama seseorang, alamat, nomor telepon, alamat email, situs web, atau bahkan produk atau layanan. 

Desain kartu nama juga harus sesuai dengan karakter perusahaan atau orang yang diwakili, dalam hal ini baik orang tersebut maupun perusahaannya. Memperkuat citra perusahaan di kalangan profesional. Oleh karena itu, selain nama pemilik, ID CARD yang bersangkutan harus memuat keterangan tentang segala hal dan jasa yang menjadi tanggung jawab pemiliknya.

Selain itu anda juga perlu menyimpan ID Card anda dengan baik seperti halnya anda harus memiliki jenis tas yang berkualitas bagus dan bisa digunakan dengan baik saat anda bekerja. Beragam jenis tas yang unik dari pabrikan yang paling direkomendasikan untuk pembuatan tas adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas mampu membuat tas warna hitam berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tas seminar sampai tas hangout. 

 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini