Breaking News

Ketahui bagaimana memilih bahan berkualitas untuk pembuatan tas

7 Cara Memilih Bahan Tas yang Bagus dan Tahan Lama

Produsen tas wajib tahu cara memilih bahan tas yang bagus. Bahannya harus sesuai dengan kebutuhan supaya kuat dan tahan lama.

7 Cara Memilih Bahan Tas yang Bagus dan Tahan Lama

Produsen tas wajib tahu cara memilih bahan tas yang bagus. Bahannya harus sesuai dengan kebutuhan supaya kuat dan tahan lama.

Ada begitu banyak pilihan kain dan kulit untuk membuat tas. Kadang-kadang itulah yang bikin kamu bingung harus memulai dari mana.

Ini memang tidak semudah kelihatannya, di mana kamu perlu belajar cara menemukan bahan tas yang sesuai. Bukan cuma bagus, tetapi juga awet.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Memilih Bahan Tas yang Bagus?

Berikut panduan memilih bahan yang bagus untuk membuat tas agar menghasilkan produk yang berkualitas:

1. Jenis Bahan

Secara umum ada tiga jenis bahan untuk membuat tas, yaitu alami, sintetis dan campuran.

Bahan alami antara lain katun, linen, sutra, atau kulit, contohnya bahan tas croco yang terbuat dari kulit buaya.

Kemudian yang termasuk sintetis adalah polyester, rayon, nylon dan lain sebagainya.

Kain alami harganya cenderung lebih mahal dibandingkan kain sintetis. Oleh karenanya, pembuat tas sering menggunakan bahan campuran.

2. Kesesuaian Model

Sama seperti membuat pakaian, cara memilih bahan tas yang bagus juga harus sesuai dengan modelnya. Kalau cocok, hasilnya sudah pasti bagus.

Katakanlah kamu ingin membuat handbag. Maka pilihan terbaik jatuh pada bahan kulit atau semi kulit karena tampilannya pas untuk tas fashion

Pada kasus lain seperti tas gunung, tentunya kamu membutuhkan bahan dengan karakteristik kuat, tidak mudah sobek dan tahan air.

3. Berat Bahan

Berat bahan diukur dengan satuan GSM atau gram per meter persegi. Biasanya ini ditentukan oleh faktor-faktor seperti jenis serat, tenunan dan sebagainya. 

Belum tentu bahan yang lebih berat berarti berkualitas baik. Itu semua tergantung kesesuaiannya dengan model.

Beberapa model tas mungkin membutuhkan bahan yang ringan atau sebaliknya.

4. Elastisitas

Menguji elastisitas bahan termasuk cara memilih bahan tas yang bagus. Pasalnya, serat tekstil punya kemampuan peregangan berbeda-beda.

Ambil penggaris dan ukur sepotong bahan. Setelah itu pegang kedua sisinya, tarik sampai maksimal lalu ukur lagi berapa selisih panjangnya.

Contoh kasus kamu punya kain sepanjang 5 cm. Setelah diregangkan, kainnya menjadi 7,5 cm. Kain bertambah panjang 2,5 cm, berarti elastisitasnya 50%.

Bahan kulit atau semi kulit untuk tas-tas besar biasanya harus punya elastisitas tinggi supaya tidak mudah jebol.

5. Cek Warna Sebenarnya

Warna menjadi faktor penting lainnya dalam pemilihan bahan tas.

Kalau mau dapat banyak opsi warna, jangan gunakan bahan kulit asli karena warnanya terbatas.

Selain itu usahakan beli secara langsung di toko. Alasannya pengaruh cahaya dapat membuat warna terlihat agak berbeda jika hanya melihatnya di foto.

Datanglah ke toko kain di siang hari supaya bisa melihat warna aslinya tanpa terdistorsi cahaya lampu.

Cermati detail bahannya dan pastikan tidak ada warna yang belang atau bintik-bintik kotor.

5. Pola

Anda mungkin perlu mempertimbangkan membeli kain berpola seperti bahan tas dolby. Tentu ini akan menghasilkan visual yang lebih menarik.

Umumnya pemula memilih bahan polos karena mudah diproses. Sementara bahan berpola cukup berisiko. Mengapa?

Saat menjahit bahan berpola, kamu harus menyeimbangkan pemosisian polanya. Jika tidak simetris, bisa-bisa tas yang kamu buat malah terlihat kurang estetik.

7. Karakteristik

Cara memilih bahan tas yang bagus terakhir adalah berdasar karakteristiknya.

Karakteristik bukan sekadar tebal, tipis, atau lenturnya bahan. Ini adalah sifat khusus yang tidak dimiliki jenis bahan lain.

Ketahui apakah bahan yang kamu pilih bersifat wrinkle free, tahan air, kaku, tidak bisa di-emboss, dan lain-lain. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Pada akhirnya, karakteristik menentukan kualitas bahan.

Penutup

Kesimpulannya, cara memilih bahan tas yang bagus harus benar-benar cermat dan detail mulai jenisnya, model tas, warna, hingga karakteristik. Kalau sudah terbiasa kamu akan mudah membedakan mana bahan yang bagus dan tidak.

Membuat tas di OSCAS.CO.ID tidak perlu pusing memilih bahan sebab kamu akan dipandu oleh ahlinya. Pesan sekarang untuk mendapat penawaran terbaik.

Topik Terkait:
Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini