Tas kulit Anda mengelupas ? Nih simak cara memperbaikinya.

6 Cara Memperbaiki Tas Kulit yang Mengelupas dengan Instan

Apa tas kulit yang mengelupas harus langsung dibuang? Ternyata ada banyak cara memperbaiki tas kulit yang mengelupas yang bisa Anda coba di rumah

6 Cara Memperbaiki Tas Kulit yang Mengelupas dengan Instan

Berbeda dari tas material lainnya, tas yang terbuat dari bahan kulit cenderung dijual dengan harga yang lebih tinggi. Maka ketika menemukan tas kulit mengelupas, Anda berharap mendapatkan solusi yang tepat. Cara memperbaiki tas kulit yang mengelupas secara efektif sehingga tidak perlu membeli tas kulit baru. 

Terutama jika tas kulit yang mengelupas tersebut merupakan tas kulit favorit atau tas hadiah dari orang yang special. Tentunya menggantikan tas kulit dengan yang baru juga tidak akan terasa sama. 

Cara Memperbaiki Tas Kulit yang Mengelupas

Tas mengelupas jangan langsung dibuang. Anda bisa memperbaikinya tanpa perlu ke tempat reparasi tas dengan mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Rekatkan Tas Kulit dengan Lem

Penggunaan lem sebagai perekat hanya berlaku jika area tas kulit yang mengelupas masih kecil. Lem akan membantu merekatkan tas yang terkelupas dengan baik. Namun pastikan tas kulit Anda tidak dijemur di bawah sinar matahari agar bagian yan baru direkatkan tidak terkelupas lagi.

2. Semir Sepatu atau Spidol

Tips lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan semir sepatu, cat atau spidol untuk menutupi bagian tas yang terkelupas. Langkah ini sangatlah mudah karena baik semir sepatu, cat atau spidol dapat Anda temukan di pasaran. Namun dalam proses reparasi, Anda harus melakukannya dengan benar.

Oleskan cat, spidol atau semir sepatu sebanyak satu lapisan saja kemudian biarkan kering. Lakukan proses ini beberapa kali hingga Anda memperoleh hasil yang diinginkan. Supaya hasil pengecatan sempurna gunakanlah cat khusus kulit. 

3. Tambal Menggunakan Kain

Teknik selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menambal bagian tas yang mengelupas dengan kain baru. Ide ini memang tak biasa tapi tidak mustahil untuk dilakukan. Konsekuensi dari menambal tas kulit menggunakan kain adalah Anda akan kehilangan idenitas alami dari material tas tersebut.

Tas kulit akan lebih terlihat seperti tas kain. Terlebih jika kain yang digunakan cukup banyak dan menutupi hampir keseluruhan permukaan tasnya. Pilih kain yang memiliki motif unik agar tas tetap terlihat stylish dan kekinian. 

4. Pakai Leather Repair Kit

Leather repair kit dikenal sebagai dempul bahan kulit. Bahan ini dinilai lebih efektif mengatasi tas kulit mengelupas daripada hanya mengecatnya menggunakan cat, spidol atau semir. Siapkan tas kulit lalu dempul bagian tas yang terkelupas secara merata. Gunakan kain untuk meratakan dempulan dan tunggu selama 24 jam.

Angkat kain dari permukaan tas dan lihatlah hasil akhirnya. Tas kulit akan tampak lebih mengkilap dan bersinar seperti tas kulit yang baru. 

5. Gunakan Aksesoris 

Sama seperti penggunaan kain, Anda juga bisa memakai aksesoris sebagai produk alternatifnya. Kancing dan pin merupakan dua benda yang dapat Anda gunakan untuk menutupi bagian tas mengelupas. Namun jika tidak mampu melakukannya seorang diri, Anda bisa meminta bantuan dari ahli reparasi tas kulit. 

6. Bawa ke Tempat Reparasi 

Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk memperbaiki tas kulit mengelupas adalah membawanya ke tempat reparasi. Tempat reparasi akan memperbaiki tas terlepas permasalahan yang dialami. Anda bisa mendiskusikan proses perbaikan tas kulit dengan staf reparasi ahli. 

Memperbaiki tas kulit mengelupas adalah langkah paling umum yang dilakukan sebelum merumahkan tas ke gudang. Cobalah beberapa cara di atas dan lihatlah perubahannya. Selain informasi tentang bagaimana memperbaiki tas kulit mengelupas, kolektor tas juga wajib mengetahui informasi penting mengenai konveksi tas

CV. Oscas Indonesia adalah salah satu perusahaan konveksi yang focus memproduksi berbagai tas. Selain menerima pemesanan tas desain yang sudah jadi, Oscas juga menerima orderan tas custom. Anda bisa belanja berbagai model tas seperti tas selempang, tas mika, tas seminar, tas ransel dan lainnya.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini