Tutorial cara menghapus screen sablon

Simak Tips Jitu Cara Menghapus Screen Sablon yang Membandel, Dijamin Bersih Kinclong

Cara menghapus screen sablon yang membandel memang perlu dilakukan agar hasil sablon kita dijamin bersih kinclong tanpa noda. Informasi OSCAS ini bisa dijadikan rekomendasi untuk yang kesulitan menghapus screen sablon.

Simak Tips Jitu Cara Menghapus Screen Sablon yang Membandel, Dijamin Bersih Kinclongpixabay/zeropromosi

Hal yang paling membuat tukang sablon mengeluh adalah menghapus screen. Karena saat sablon sudah dalam keadaan kering terlalu sulit untuk dihilangkan. Banyaknya pesanan seringkali menjadi penyebab tidak sempatnya dalam membersihkan screen sablon yang telah digunakan para penyedia jasa sablon. 

Penyedia jasa cenderung menerima pesanan baru lainnya dan akhirnya screen yang tadinya belum sempat dibersihkan langsung ditinggalkan saja. Pada saat screen sablon dibersihkan, keadaannya sudah lebih dulu mengering dan keras. hal inilah yang membuat screen sablon begitu sulit untuk dibersihkan. 

Gunakan 2 Cara Menghapus Screen Sablon Dijamin Langsung Bersih

Beberapa cara menghapus screen sablon yang sudah dalam keadaan kering dan juga mengeras, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Kristal Cleaner

Kristal cleaner ini merupakan serbuk halus dan mudah ditemukan pada perlengkapan sablon terdekat. Serbuk kristal tersebut dapat melarutkan obat afdruk sablon dan hal itulah yang membuat screen film dapat dibersihkan secara maksimal.

Larutkan serbuk dengan air jernih dan juga aduk agar larut secara merata. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menggosok screen sablon yang susah dibersihkan. Gosok dengan perlahan dan merata pada semua bagian yang perlu untuk dibersihkan. Setelahnya Anda dapat membilas dengan air bersih secara merata.

2. Menggunakan Larutan M3

Sekalipun sudah dibersihkan dengan obat afdruk sablon dengan merata, seringkali masih ada beberapa bagian yang menempel dengan ukuran yang kecil. Tentunya hal ini begitu mengganggu, jika tidak dibersihkan semuanya. 

Sekalipun samar, cat sablon masih mampu menutupi pori-pori kain screen sablon. Dan hal tersebut menyebabkan screen tidak dapat digunakan untuk sablon kembali.

Cara menghapus screen sablon selanjutnya dengan menuangkan larutan M3 dalam botol. Selanjutnya pakai sikat gigi yang belum tercampur dengan larutan kristal sebelumnya. Setelahnya Anda dapat menggosok dengan merata baik depan dan belakang pada screen sablon. 

Tuangkan sunlight atau sabun cuci piring lainnya ke atas screen sablon yang sudah tercampur dalam larutan M3. Gosok merata semua bagian dengan larutan M3 dan sabun cuci piring. Setelah dirasa semua merata, maka Anda dapat membilas air dengan bersih. Lalu Anda akan melihat hasil akhir yang akhirnya screen sablon tampak begitu baru. 

Screen yang terlalu sering digunakan akan robek atau bahkan tidak akan dapat dilalui oleh tinta lagi. Hal ini membutuhkan perawatan yang tepat untuk membuat screen awet dan bertahan lama. 

Perawatan pada screen juga dapat membuat biaya dapat ditekan dan menghindari dalam mengeluarkan dana untuk membeli screen baru. Hal yang paling penting dengan selalu membersihkan screen dengan teratur dan tepat. 


Cara menghapus screen sablon memiliki kondisi berbeda yang mana pertama menghilangkan sisa tinta. Dan yang kedua menghapus obat afdruk dari screen kembali pada kondisi semula. Ada banyak bahan dan obat untuk membersihkan proses yang terasa sulit tersebut. 

Anda harus mencobanya untuk mengetahui cara dan bahan mana yang cocok untuk sablon yang perlu untuk dihilangkan. 

3 Tips Jitu Proses Membersihkan Screen dari Sisa Tinta

Tidak dianjurkan membiarkan tinta sampai mengering diatas screen. Tinta textile saat mengering akan mengumpal dan menyumbat pori-pori pada kain screen. Jika hal itu terjadi, maka akan sulit sekali untuk dibersihkan. Anda dapat membersihkan tinta yang belum kering dengan lap basah ataupun air mengalir. 

Ada beberapa tips cara menghapus screen sablon dari tinta, yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan cairan textile atau printol untuk melunakkan sisa tinta yang sulit untuk dibersihkan. Cairan tersebut dalam proses sablon karena memiliki fungsi menghancurkan tepung yang terkandung dalam tinta seperti itu. Sablon akan terasa lebih mudah dan agak lambat dalam pengeringan.
 
2. Jika Anda ingin menghancurkan afdruk yang telah dibuat karena ingin mengganti gambar ataupun alasan lainnya. Anda mencoba kombinasi beberapa bahan untuk dapat sisa tinta yang susah sekali untuk dihilangkan. Bahan yang dibutuhkan meliputi cairan bayclin atau kaporit yang mana dapat dicampur dengan soda api atau coustic. 

Untuk melakukan hal tersebut Anda harus berhati-hati karena akan menimbulkan gatal pada kulit. Setelahnya dapat menggunakan cairan M3 untuk merontokkan semua sisa tinta yang bandel. Setelahnya Anda menyemprotkannya dengan air yang bertenaga tinggi. Hal itu dapat membantu rontoknya sisa tinta.
 
3. Setelah banyak hal yang sudah dilakukan, tetapi masih belum juga hilang dan rontok. Maka Anda diharuskan untuk melakukan 2 cara yaitu membeli screen baru atau memasang kain saring atau screen baru pada bingkai yang lama dan telah dilubangi. 

Membersihkan Screen dari Obat Afdruk

Beberapa bahan dan obat pembersih untuk membuat screen nampak bersih dalam proses tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Remover Pasta

Cara menghapus screen sablon dengan pembersih yang satu ini cukup efektif. Kelebihan dari pembersih satu ini yaitu ramah lingkungan. Hal ini yang membuat penggunaan cukup aman dalam melindungi kulit dan screen. 

Penggunaannya juga mudah dilakukan hanya dengan oleskan secara merata pada bagian yang masih terlapisi stencil. Setelahnya diam kan selama 5 menit dan disiram dengan air bertenaga tinggi. Ulangi hal tersebut hingga screen benar-benar bersih.

2. Cairan Kaporit dan Soda Api

Bahan kimia yang satu ini mengandung bahan yang cukup keras. Jika Anda menggunakan bahan ini tanpa pelindung apapun, maka bisa dipastikan akan gatal. Kelebihan dan bahan kaporit sudah banyak yang mengakui dalam menghilangkan bekas yang mengganggu. Dan harga dari produk ini juga cukup terjangkau.

Sayang sekali kekurangannya ada pada penggunaan yang tidak boleh berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada kain screen. 

3. Degreaser

Bahan yang satu berfungsi dalam membersihkan sisa kotoran yang menempel seperti minyak, debu dan masih banyak lainnya. Bahan ini memiliki bentuk seperti pasta dan juga cairan. Fungsi yang cukup penting, nyatanya tidak membuat banyak penyedia jasa sablon menggunakannya.

Harga yang cenderung tinggi membuat banyak orang memilih bahan yang lain. Tetapi, hasil akhir memang sangat maksimal dan cocok untuk menjaga keawetan screen. 

4. Pembersih Cair

Bahan yang satu ini lebih ramah dengan kain screen. Penggunaannya cukup mudah hanya dengan disiramkan. Dan setelahnya diam kan beberapa saat, lalu siram dengan air tenaga tinggi. Hasil akhirnya juga cukup memuaskan. 

5. Ghost Remover

Cara menghapus screen sablon lainnya dengan bahan ghost remover. Untuk tinta yang menimbulkan bayangan dan tersangkut pada kain screen. Bahan yang satu ini cocok sekali digunakan. Cara penggunaannya juga tidak beda jauh dari remover pasta. 

Beberapa cara menghapus screen sablon yang begitu sulit untuk dihilangkan dan juga tips menjaganya agar tetap awet dan bertahan lama. Diharapkan informasi diatas dapat membatu Anda untuk membersihkan screen yang begitu keras dan sulit dihilangkan. 

Pastikan untuk memakai sarung tangan demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Gatal yang tidak nyaman dan membuat pembersihan nantinya kurang maksimal. 

Agar semuanya berjalan sesuai harapan dan tidak membingungkan Anda, bisa langsung serahkan semua kebutuhan sablon Anda dengan OSCAS. Sejak tahun 2015, perusahaan yang bergelut di bidang pembuatan tas ini bisa dijadikan solusi terbaik.

Berbagai macam tas sudah diproduksi oleh OSCAS. Tas ransel, tas sekolah, tasa kantor dan berbagai macam jenis tas yang sesuai pesanan. Di OSCAS Anda bisa memilih desain bahkan bisa membuatnya sendiri. Proses pemesanannya juga memuaskan, karena bisa bijian maupun partai.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini