Tas kulit Anda bau ? Nih simak cara menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Bau pada Tas Kulit yang Cepat dan Efektif

Bagaimana cara menghilangkan bau pada tas kulit yang mudah dan juga efektif? Tas kulit tanpa perawatan tepat dapat berbau apek karena jamur yang berkembang biak.

Cara Menghilangkan Bau pada Tas Kulit yang Cepat dan Efektif

Merawat tas kulit jauh lebih spesifik daripada perawatan tas kulit material kanvas atau rajut. Tas kulit yang tidak dibersihkan dan dirawat dengan seksama bisa berbau apek. Pada dasarnya, cara menghilangkan bau pada tas kulit sangatlah sederhana. Bahan-bahan yang digunakan juga bisa diperoleh dengan mudah karena dijual luas di pasaran. 

Cara Menghilangkan Bau pada Tas Kulit

Bagaimana langkah-langkah menghilangkan bau pada tas kulit? Apakah sesulit itu hingga aroma tas yang apek tidak dapat menghilang? Anda yang mengoleksi banyak tas kulit bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Seka Tas dengan Spons Basah

Sebelum menggunakan ramuan atau bahan tertentu untuk menghilangkan bau pada tas kulit, Anda wajib membersihkannya terlebih dahulu. Gunakan spons lembut untuk menyeka seluruh permukaan tas hingga seluruh kotoran dan nodanya menghilang. Pastikan semua kotoran pada tas kulit terangkat dengan sempurna. 

Membersihkan tas merupakan tips awal menghilangkan bau tak sedap pada tas. Karena tidak menutup kemungkinan tas Anda mengeluarkan bau akibat jamur yang mengotori permukaan tas. 

2. Keringkan Tas di Tempat yang Teduh

Tas kulit tidak boleh dibiarkan dalam kondisi lembab. Kelembaban pada tas membuatnya rentan berjamur atau mengelupas. Segera bawa tas kulit ke luar ruangan untuk diangin-anginkan. Hindari mengeringkan tas di bawah sinar matahari langsung. 

Sinar matahari terik membuat tas kulit kehilangan warna alaminya juga membuatnya menjadi kering. Bila suhu di luar ruangan terlalu panas, cukup tempatkan tas kulit di dalam ruangan yang sejuk dan kering. Anda juga bisa menggunakan kipas angina untuk mempercepat proses pengeringan.

3. Bersihkan Tas dengan Cuka Encer

Membersihkan tas dengan air belumlah cukup menghilangkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, tambahkanlah cuka ke air dengan perbandingan 1:1. Gunakan kain bersih kering dan celupkan ke rendaman air cuka kemudian seka secara perlahan ke permukaan tas secara menyeluruh. 

Lakukan cara ini dengan cepat sehingga tas kulit tidak terlalu lama dalam kondisi lembab. Membiarka tas kulit dalam kondisi lembab akan membuatnya mudah rusak. 

4. Oleskan Kondisioner untuk Menjaga Kelembabannya

Sebelum sampai pada tahapan ini, Anda wajib memastikan jika tas berada dalam kondisi kering sempurna. Lakukan proses pengeringan tas mengikuti cara sebelumnya. Kemudian, oleskan kondisioner kulit untuk menjaga kelenturan tas mengingat proses sebelumnya tas terkena banyak air. 

Oleskan tipis kondisioner dan lakukan pemijatan pada tas kulit. Setelah semua bagian dipijat, tunggu selama 24 jam baru simpanlah tas di dalam lemari seperti biasanya. 

5. Simpan Tas dengan Kaos Kaki yang Ditambahkan Soda Kue

Dan tips terakhir yang juga patut untuk dicoba adalah menyimpan tas bersamaan dengan kaos kaki yang telah ditambahkan sekantung soda kue. Soda kue efektif menyerap aroma tak sedap dari tas kulit. Setidaknya Anda memerlukan ½ kg soda kue untuk memastikan bahannya bekerja secara optimal.

Menjaga kualitas tas kulit merupakan pekerjaan rumah yang sulit apalagi bagi yang tidak memahaminya. Ikutilah beberapa tips di atas untuk menyingkirkan aroma tak sedap dari tas kulit. Bicara mengenai tas, Anda mungkin pernah mendengar nama CV. Oscas Indonesia. Oscas merupakan perusahaan konveksi yang khusus mengerjakan pembuatan tas.

Tas yang diproduksi Oscas sangat beragam mulai dari tas travel, tas ransel, goodie bag dan masih banyak lagi. Sama seperti tas kulit yang berkualitas, tas Oscas Indonesia juga dibuat dengan mempertimbangkan kualitas barang, tingkat kerapian dan sejumlah factor penting lainnya. 

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini