Referesi contoh materi briefing pagi buat memberi semngat kerja karyawan

Gunakan Contoh Materi Briefing Pagi Singkat Yang Memberi Motivasi Kerja Sebagai Penyemangat

Pastikan Anda menggunakan contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja agar mendapatkan semangat lebih untuk memulai kerja dengan hasil maksimal.

Gunakan Contoh Materi Briefing Pagi Singkat Yang Memberi Motivasi Kerja Sebagai Penyemangatpexels/fox

Morning briefing merupakan rutinitas yang dilakukan oleh beberapa perusahaan dalam menyambut hari. Hal menariknya adalah komunikasi ini antara dua orang yang dilakukan secara tatap muka atau lebih banyak lagi dan mampu meningkatkan produktivitas dari para karyawan. Ada beberapa contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja yang dapat Anda gunakan. 

Morning briefing ini dilakukan dalam waktu kurang  lebih  dalam 10 menit. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi bekerja dalam seharian nantinya. Briefing sendiri merupakan sebuah arahan penyampaian info atau pembagian pekerjaan karyawannya. Memang hal ini menjadi poin penting dalam setiap tim untuk membagi peranan dan tugas yang akan diberikan kepada mereka.

Dalam setiap perusahaan morning briefing ini mempunyai varian nama yang cukup banyak bergantung pada keputusan perusahaan sendiri. Waktunya pun juga bukan hanya pada pagi hari, bisa dilakukan pada siang, sore hingga malam hari. Tetapi, secara prinsip memang memiliki arti yang sama.

Kenali Fungsi Briefing yang Sebenarnya

  1. Menyampaikan informasi tentang hal yang berkaitan dengan peraturan maupun pekerjaan di perusahaan
  2. Merupakan salah satu fasilitas komunikasi yang cukup efisien antar antara atasan dan juga bawahan ataupun sesama pegawai dalam sebuah perusahaan
  3. Memberikan nilai perusahaan serta membuat perusahaan memiliki rutinitas yang baik

Manfaat Briefing untuk Pekerja Masa Kini

  1. Menanamkan visi misi perusahaan yang sama dengan karyawan secara menyeluruh
  2. Memberikan arahan dan tugas yang jelas kepada setiap anggota dalam perusahaan
  3. Memberi informasi secara akurat dan dalam forum cukup singkat dengan durasi waktu yang cepat
  4. Kolaborasi kerjasama tim di antara karyawan dan juga atasan
  5. Memberikan ruang berkomunikasi bagi setiap anggota dalam waktu yang sering
  6. Menghidupkan komunikasi secara terbuka
  7. Membuat hubungan yang cukup baik sesama anggota dan juga karyawan
  8. Dapat mendeteksi secara cepat atas masalah atau keadaan buruk yang mungkin saja akan terjadi dan telah terjadi

Contoh Materi Briefing Pagi Singkat yang Memberi Motivasi Kerja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui apa yang ingin Anda sampaikan. Anda harus mengerti visi misi yang perusahaan miliki dan selaras dengan seluruh karyawan. 

Visi misi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena, akan memberikan sebuah motivasi kerja yang baik. Visi misi tidak ada maka kinerja dan produktivitas karyawan juga akan menurun. Selain juga dapat menurunkan kredibilitas sebuah perusahaan. Visi misi juga menciptakan budaya kerja yang baik dengan memunculkan segala motivasi dan ide yang dapat hadir.

Hal yang kedua yaitu memahami materi briefing pagi dengan berkomunikasi dengan cara buka mental block dari sesama anggota dalam waktu yang cukup cepat. Jika Anda tidak dapat mengetahui mental block sulit untuk memberikan apa yang ingin Anda sampaikan dalam alam bawah sadar mereka yaitu para karyawan. 

Ada cara lain selain mental block jika memang terlalu sulit dilakukan yaitu rapid induction. Rapid induction adalah cara untuk membuka mental block tetapi membutuhkan Tuntunan spesial. Sebenarnya untuk cara itu tidak terlalu direkomendasikan dalam proses briefing morning. 

Berikut beberapa contoh Materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja 

1. Membuat Pembukaan yang Tepat

Pembukaan briefing merupakan langkah awal dalam sebuah briefing singkat. Ucapkan kalimat pembuka yang dapat menumbuhkan sebuah kepercayaan dan juga semangat kepada para anggota. 

Contohnya “(sebutkan perusahaan tempat bekerja) kami sangat bersyukur karena dapat bekerja bersama dengan rekan semua yang profesional. Dan juga memiliki semangat dalam diri. (sebutkan perusahaan tempat bekerja) sangat bangga memiliki Anda semuanya dalam perusahaan.

Jangan Ucapkan bahwa kegiatan briefing ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari dengan sebuah tuntutan. Kalimat seperti itu akan membuat Anda terlihat seperti manajer yang lemah dan tidak memiliki semangat.

Ucapkan kalimat positif dan membangun kepada para karyawan dengan nada ada ceria tetapi penuh ketegasan dan juga rasa percaya diri.

2. Membuat Suasana Menjadi Santai

Para karyawan cenderung tidak memperhatikan jika Anda melakukan briefing dengan hal yang serius dan membuat keadaan mencekam. Keadaan seperti ini akan membuat para karyawan merasa takut dan tidak terlalu memperhatikan pembicaraan Anda. 

Perlunya untuk membuat situasi nampak begitu santai. Membangun suasana ceria dengan sedikit candaan. Tetapi, tetap dalam pernyataan yang tegas. Contohnya saja Anda dapat memberikan sedikit Motivasi Pagi singkat dengan cerita-cerita yang cukup ringan.

3. Menggunakan Kalimat yang Positif Saat Memberi Briefing

Contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja adalah dengan memberikan kalimat positif dan bukan kalimat yang menggurui atau mendikte. Tidak ada orang yang ingin diperintah maka, berikan kalimat positif yang akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja. Hal positif akan membuat karyawan cenderung memahami dan menikmati kegiatan briefing yang dilakukan. 

4. Menyampaikan Misi dengan Teknik M – P – L 

Merupakan hal yang penting untuk beberapa perusahaan untuk melakukannya. Ada tiga teknik agar karyawan dapat memahami maksud Anda dalam contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi yaitu sebagai berikut:

  • Mirroring merupakan anggapan bahwa saat Anda berbicara justru seperti mengajak diri sendiri. Dari sini Anda dapat menghitung bagaimana suara dan intonasi yang jelas untuk bisa sampai kepada Anda sendiri.
  • Pitching merupakan kondisi di mana Anda dan juga karyawan menjadi selaras dalam berbicara. Dengan melihat tempat di mana berada dengan bahasa dan juga pengetahuan yang mereka ketahui. Bahasa yang susah dan terdengar asing bagi karyawan Anda bukanlah hal yang akan  membuat Anda terlihat luar biasa tetapi justru terlihat sombong dan sok.
  • Leading ialah kondisi di mana Anda memperlihatkan bentuk tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Bukan tentang Perkasa atau kuat yang Anda miliki tetapi performa dalam bekerja yang telah Anda lakukan. Prestasi serta sikap tegas yang penuh perhatian. 

Beberapa contoh Materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja dan dapat Anda ikuti untuk menjadi pemimpin yang baik. Briefing pagi akan berjalan lancar jika motivasi dan cara penyesuaian ruang Anda baik. 

Contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja merupakan hal yang harus dipelajari untuk membuat suasana menarik dan nyaman untuk semua yang berkumpul.  Bukan hanya briefing pagi hari saja yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Anda juga dapat melakukan Bimtek, pelatihan seminar dan juga hal lainnya. Untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja para karyawan dalam perusahaan. 

Untuk seminar kegiatan ini cukup membosankan untuk beberapa orang karena hanya mendengarkan orang berbicara alangkah lebih baiknya, jika Anda membagikan beberapa apa benda yang cukup membuat orang bersemangat seperti tas seminar, Tumblr, baju atau hal-hal lainnya yang membuat orang menjadi termotivasi.

Tidak hanya sekedar untuk mendapatkan hadiah, pikiran orang akan merasa bahwa kegiatan tersebut memiliki niat yang lebih untuk membuat karyawan merasa termotivasi dan bersemangat. Ini juga akan menimbulkan pikiran yang positif kepada para karyawan untuk mengikuti seminar tersebut. 

Untuk mendapatkan jenis tas seminar atau sejenisnya baik sebagai hadiah atau dibuat sendiri bisa langsung memesannya di OSCAS sebagai jasa pembuatan tas terbaik di Indonesia.

OSCAS menyediakan berbagai macam jenis tas. Mulai dari tas seminar, tas kantor, tas sekolah dan masih banyak yang lainnya. Sudah sejak 2015 OSCAS menjadi pelopor produksi tas untuk berbagai macam acara atau kebutuhan pribadi.

Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mendesain jenis tas yang akan digunakan. Konsultasikan semuanya kepada OSCAS, harga murah, kualitas tidak murahan.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini