Inilah Contoh Ucapan Terima Kasih Untuk Pembicara Seminar!

Tahukah kamu, contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar memiliki peranan penting? Yuk simak artikel ini untuk infolengkapnya!

Inilah Contoh Ucapan Terima Kasih Untuk Pembicara Seminar!

Posisi pembicara seminar dalam sebuah acara merupakan poin penting, karena berlaku untuk memberikan materi dan ilmu baru untuk para pesertanya. Tak heran apresiasi besar harus diberikan baik oleh peserta terutama dari penyelenggara, seperti beberapa contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar ini.

Apa itu Ucapan Terima Kasih untuk Pembicara Seminar?

Pada dasarnya ucapan terimakasih adalah salah satu bentuk apresiasi, bagi seseorang yang telah memberikan sesuatu pada kita. Tujuannya adalah memberikan kesan positif serta timbal balik atas apa yang diberikan. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, dalam sebuah event seperti seminar pastinya hal ini juga muncul.

Terutama pada pembicara seminar, yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan sedikit ilmu dan pengalamannya pada acara tersebut. Bahkan dari beberapa event, sudah berhasil menciptakan beberapa pengusaha sukses yang membuka lapangan pekerjaan baru.

Hal inilah yang membuat ucapan terimakasih harus kita berikan pada pembicara seminar. Selain itu dari ucapan tersebut (dalam bentuk apapun), pastinya akan menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi pembicara seminar.

Kenapa Harus Memberi Ucapan Terimakasih

Ada berbagai alasan kenapa kamu harus mempelajari beberapa contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar, untuk nantinya bisa memberikan yang terbaik. Inilah beberapa alasannya:

1. Memberikan Apresiasi Untuk Pemateri Seminar


Hal yang paling penting dari memberikan ucapan terimakasih adalah sebagai bentuk apresiasi, atas ilmu dan pengalaman yang diberikan. 

2. Sebagai Bentuk Silaturahmi Jangka Panjang

Walaupun acara sudah berakhir, bukan tak mungkin ada berbagai kesempatan lain untuk saling bertegur sapa. Dengan memberikan ucapan terimakasih, akan jadi bentuk silaturahmi tersendiri bagi penyelenggara dan juga pemateri.

3. Sebagai Kenang-Kenangan

Berbagai contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar diberikan juga sebagai kenang-kenangan, untuk para pemateri acara tersebut.

4. Media Promosi

Untuk beberapa jenis pemberian seperti merchandise, juga bisa menjadi media promosi. Misal seminar diadakan oleh sebuah perusahaan dan gift yang kamu berikan adalah produk merchant, saat produk digunakan orang akan tahu kalau merchant itu dari perusahaan anda.

5. Memperluas Jaringan

Pemberian ucapan terimakasih dengan bentuk seperti merchant, plakat dan sertifikat, juga bisa memperluas jaringan. Karena pemateri pastinya punya relasi yang bisa jadi lead tersendiri untuk acara atau perusahaan pembuat acara.

Contoh Ucapan Terima Kasih Untuk Pembicara Seminar

Ada berbagai macam cara kita mengucapkan terimakasih untuk pembicara seminar, contohnya beberapa bentuk ucapan terimakasih ini:

1. Salam Tempel

Walaupun tak termasuk kegiatan didepan layar maupun pada saat acara, namun salam tempel sebenarnya adalah salah satu ucapan terimakasih yang paling pemateri tunggu. Terutama jika pemateri adalah pemateri yang diundang dalam acara besar, setidaknya uang bensin dan uang jalan bisa terganti.

Salam tempel sendiri sebenarnya  adalah amplop upah, yang biasanya diberikan untuk pemateri dalam beberapa seminar tertentu. Walaupun bisa disebut upah, namun tidak semua seminar atau acara menyediakan hal tersebut. Terutama pada beberapa acara kemanusiaan, maupun acara tertentu untuk pengabdian dari pemateri!

2. Surat Ucapan Terimakasih

Contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar berikutnya adalah sepucuk surat, yang biasanya satu amplop dengan salam tempel. Surat ucapan terimakasih sendiri hampir sama dengan surat resmi pada umumnya, dengan konteks ucapan terimakasih. 

Untuk pengirim sendiri biasanya adalah pemimpin panitia atau penanggung jawab acara, maupun kepala perusahaan yang membuat acara tersebut. Hal yang penting dalam surat tersebut adalah adanya informasi acara, hal penting, sponsor, dan penyertaan gits kalau ada!

3. Plakat atau Piagam

Hal yang paling sering kita temukan dalam pemberian ucapan terimakasih adalah memberikan sebuah plakat atau piagam. Tak hanya ucapan terimakasih, plakat sendiri juga berisi nama penerima, tanda, logo, dan juga informasi acara atau ucapan terimakasih untuk acara seminar tersebut.

4. Sertifikat Acara

Selain peserta sertifikat biasanya juga diberikan untuk pemateri, walaupun sertifikat untuk keduanya berisi informasi yang berbeda. Uniknya sertifikat ini juga bisa menjadi portofolio untuk para pemberi materi. Karena pemateri memiliki peran penting dalam acara tersebut, sehingga bisa jadi nilai tambah untuk pemateri tersebut.

5. Merchant

Ada contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar dalam bentuk lain, yaitu dengan memberikan merchant dari acara tersebut. Merchandise sendiri bentuknya bisa bermacam-macam, sesuai kebutuhan acara.

Bahkan beberapa acara merchandise jadi salah satu pemasukan untuk penyelenggara seminar, sehingga pemberian merchant juga bisa jadi salah satu bentuk ucapan terimakasih. Bentuk merchant sendiri juga bisa bermacam-macam, mulai dari mug, topi, T-shirt, jaket gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa menambahkan logo dengan teknik sablon plastisol, yang terkenal cukup baik untuk berbagai jenis kain. Sehingga merchant bisa lebih terlihat pemberian atau kenang-kenangan dari seminar yang kamu jalankan

Hal Penting dalam Pemberian Ucapan Terimakasih

Walaupun kamu sudah memilih satu dari contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar yang akan diberikan, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting ini:

1. Moment Saat Memberikan Ucapan Terimakasih

Hal paling penting saat memberikan ucapan terimakasih adalah momen yang tepat, karena kamu tak bisa asal memberikan saat beberapa momen. Misal saat pembicara sedang memberikan materi, kamu tak bisa memberikan begitu saja. 

Maupun saat pemateri sudah di atas kendaraan hal tersebut sekiranya akan kurang sopan. Jadi momen pemberian kenang-kenangan atau ucapan terimakasih juga harus memperhatikan momen yang tepat juga!

2. Attitude Saat Memberikan Ucapan Terimakasih

Selain momen yang tepat, attitude saat kamu memberikan juga harus kamu perhatikan. Walaupun sebagai pemberian, kamu harus tau sopan santun saat pemberian ucapan terimakasih (bentuk apapun). Misal saat kamu memberikan merchant, kamu tak bisa melempar barang tersebut walaupun kamu sudah cukup dekat dengan pemateri.

Proses pemberian harus ada sopan santunnya, lalu pemberian harus kamu serahkan dengan baik. Penyerahan lebih baik adalah di belakang panggung, untuk pemberian gift. Untuk piagam dan plakat mungkin bisa kamu berikan pada akhir acara sebelum pemateri meninggalkan panggung.

3. Isi Informasi dalam Ucapan Terimakasih

Khusus untuk beberapa contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar, isi informasi dalam ucapan terimakasih tersebut harus kamu perhatikan. Contohnya untuk surat ucapan, piagam dan sertifikat, informasi haruslah jelas!

Terutama untuk sertifikat yang bisa jadi portofolio untuk pemateri, informasi penting harus tersedia dengan tepat tanpa ada typo. Hal penting pada hal tersebut adalah nama acara, tanggal, posisi pemateri, serta logo dan stempel resmi yang menunjukkan sertifikat asli dan bisa digunakan.

4. Packaging

Untuk beberapa bentuk ucapan terimakasih, kamu harus memperhatikan packaging. Tak hanya untuk memperindah pemateri membawanya, namun juga untuk memastikan keamanan dari barang yang ingin kamu bawakan.

Misal untuk plakat atau merchant dari bahan pecah belah, kamu bisa gunakan packaging yang berlapis spon atau gabus untuk keamanan barang tersebut. Selain itu kamu juga harus memperhatikan kemudahan pemateri dalam membawa atau menyimpan barang tersebut.

Nah, itulah beberapa contoh ucapan terima kasih untuk pembicara seminar beserta hal penting yang harus kamu perhatikan. Tak heran kamu harus menyiapkan apa yang ingin kamu berikan dengan baik. Contohnya kamu bisa memesan souvenir seperti tas seminar. goody bag dan berbagai produk tekstil terbaik di CV Oscas Indonesia!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini