Pengertian audiens serta jenis-jenisnya

Memahami Definisi Audiens adalah dan Jenis-Jenis Audien

Tahukah Anda tentang apa yang dimaksud audiens adalah? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas definisi audien dan jenis-jenis audien.

Memahami Definisi Audiens adalah dan Jenis-Jenis Audien

Audiens berasal dari bahasa Inggris yang berarti penonton. Selain penonton, audiens juga dapat diartikan sebagai hadirin atau khalayak. Audiens memang memiliki definisi yang berbeda-beda, tetapi maksud dan tujuannya tetaplah sama.

Memahami Definisi Audiens

Sederhananya, Audiens adalah orang yang menonton pertunjukan atau menghadiri satu acara. Dilansir dari Wikipedia, Audiens adalah sekelompok orang yang berpartisipasi dalam sebuah acara. Mereka bisa menjadi pembaca, pendengar, penonton, dan pemirsa dalam berbagai acara atau komponen beserta isinya. Audiens dapat merujuk ke salah satu dari berikut ini:

Audiens adalah sekelompok orang yang berpartisipasi dalam suatu acara. Misalnya, beberapa orang yang pergi ke pertandingan sepak bola untuk menonton para pemain bermain sepak bola merupakan bagian dari penonton. Orang yang tidak pergi ke acara dan menontonnya dari jarak jauh di televisi dianggap sebagai pemirsa. Jika acaranya tidak visual (misalnya, mendengarkan radio), maka seseorang akan menjadi pendengar.
Audiens adalah seseorang atau sekelompok orang yang Anda targetkan atau ingin Anda jangkau.
Audiens adalah istilah yang menggambarkan wawancara formal dengan seseorang yang berwenang. Misalnya, seseorang dapat meminta audiensi dengan Motivator.

Anda harus menganalisis audiens Anda untuk berkomunikasi secara efektif. Untuk menentukan jenis audiens, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Siapa mereka (usia, jenis kelamin, pendidikan, status ekonomi, politik/sosial/keyakinan agama)
  • Tingkat informasi apa yang mereka miliki tentang subjek (pemula, pembaca umum, spesialis atau ahli)
  • Konteks di mana mereka akan membaca sebuah tulisan (di koran, buku teks, majalah populer, jurnal khusus, di Internet, dan sebagainya)

Pentingnya Melakukan Analisis Audiens

Analisis audiens adalah proses mengidentifikasi audiens dan mengumpulkan informasi tentang mereka. Sebelum menyampaikan pidato, Anda harus mengetahui kelompok usia, tingkat keahlian, kebutuhan, harapan, sistem nilai, sikap, dan keyakinan audiens Anda. Menyesuaikan pidato Anda sesuai dengan jenis audiens kemungkinan akan menghasilkan respons yang lebih baik.

Menganalisis berbagai jenis audiens akan mengarahkan Anda ke wawasan penting yang dapat membantu Anda menciptakan ikatan positif dengan audiens. Misalnya, jika Anda tahu bahwa 70% audiens adalah perempuan, referensi yang diteliti secara menyeluruh tentang feminisme atau pemberdayaan perempuan kemungkinan akan diterima dengan baik.

Analisis audiens dapat membantu Anda agar lebih berhati-hati, sehingga pesan yang Anda sampaikan tidak salah atau menyinggung audiens. Selain itu, hal ini juga dapat membantu memperingatkan Anda agar tidak menyampaikan pesan yang rawan untuk disalahartikan. Dengan cara ini, Anda akan berbicara kepada audiens Anda dalam bahasa yang mereka pahami dan hargai.

Mengenal Jenis-Jenis Audiens

Mengidentifikasi audiens memang bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa Anda lakukan. Salah satu cara mengidentifikasi audiens adalah dengan mengetahui apa saja jenis-jenis audiens. Perlu diketahui, ada beberapa jenis audiens, salah satunya sebagai berikut ini:

1. Audiens Critical

Audiens Critical adalah audiens yang berpikir kritis. Jenis audiens ini merasa bahwa mereka sangat cerdas dan memiliki pola pikir kritis. Jika menurut mereka, apa yang Anda sampaikan salah, audiens critical tidak segan membuktikan dimana letak kesalahan pada topik yang Anda sampaikan.

Jika Anda menghadapi jenis audiens ini, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk membuktikan bahwa apa yang Anda sampaikan adalah benar. Misalnya, Anda dapat menggunakan banyak bukti dengan referensi yang kuat Atau berdebat dengan menyatakan pro dan kontra dari masing-masing pendapat secara jelas.

2. Audiens Hostile

Hostile adalah audiens yang tidak ingin mendengarkan Anda atau orang-orang yang sangat tidak setuju dengan apa yang Anda sampaikan. Namun, jangan panik dan khawatir. Ingat, tidak semua orang di dunia ini setuju atau mendengarkan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menemukan kesamaan yakni titik awal untuk berhubungan dengan audiens Anda.

Cobalah untuk mempertimbangkan mengapa mereka tidak setuju dengan sudut pandang Anda, berikan sedikit sentuhan humor, serta gunakan banyak referensi dan data untuk mendukung kebenaran argumen Anda. Jika cara itu tidak berhasil, coba tantang mereka, ajukan pertanyaan, dan libatkan mereka selama pidato Anda berlangsung.

3. Audiens Uninformed

Jenis audiens paling umum yang akan Anda temui adalah Uninformed. Biasanya, Uninformed adalah orang-orang yang tidak terbiasa dengan topik diskusi. Dalam hal ini, mereka mungkin hanya tahu sedikit tentang topik yang Anda sampaikan, tetapi tidak terlalu detail.

Sebagai pembicara, Anda perlu memberi tahu mereka semua yang perlu mereka ketahui tentang topik tersebut. Di sini, Anda perlu mencari tahu berapa banyak informasi yang ditawarkan kepada mereka tergantung pada tingkat pengetahuan mereka tentang topik tersebut.

Berhati-hatilah agar tidak menjerumuskan audiens dengan terlalu banyak informasi. Pilihlah poin-poin penting yang akan membantu audiens Anda memahami topik yang Anda sampaikan tanpa merasa lelah atau tidak nyaman.

4. Audiens Sympathetic

Sesuai dengan namanya, audiens sympathetic adalah audiens yang bersedia mendengarkan Anda. Mereka mungkin tertarik dengan topik Anda, senang melihat Anda berbicara, dan memiliki keterikatan emosional dengan Anda. Audiens sympathetic adalah yang paling mudah dibujuk.

Barang yang Cocok Diberikan Kepada Audiens Sebagai Ucapan Terima Kasih

Ingin memberikan hadiah kepada audiens sebagai ucapan terima kasih karena sudah berpartisi dan mendengarkan pidato Anda sampai selesai? Jika iya, Anda bisa memberikan mereka tas. Tidak hanya menarik, tas juga sangat berguna. Audiens yang menerimanya pasti akan senang dengan apa yang Anda berikan.

Untuk mendapatkan tas berkualitas dan harganya tidak menguras anggaran, percayakan saja pada Oscas. Didirikan sejak tahun 2015, Oscas adalah supplier tas tangan pertama yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Pabrik ini melayani pemesanan tas dalam partai besar maupun kecil.

Oscas memproduksi berbagai macam tas, mulai dari tas promosi hingga tas seminar. Apapun tas yang Anda butuhkan bisa Anda pesan di Oscas. Dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) dan Quality Control yang sangat ketat, Oscas menjamin tas produksinya memiliki kualitas yang sangat baik.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini