Belum tahu arti master of ceremony? Simak penjelasannya disini!

Selalu Ada di Setiap Acara, Apa Pengertian MC (Master of Ceremony)?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian MC (Master of Ceremony) serta apa saja tugas dan perannya dalam sebuah acara.

Selalu Ada di Setiap Acara, Apa Pengertian MC (Master of Ceremony)?

Dalam sebuah acara, pasti kita akan melihat adanya Master of Ceremony alias MC yang memandu jalannya acara dari awal sampai akhir. MC memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah acara, khususnya acara yang bersifat formal seperti acara perusahaan hingga acara kenegaraan.

Master of Ceremony membantu untuk mewakili konferensi atau acara secara keseluruhan, sambil menjaga acara berjalan sesuai jadwal dan membuat para hadirin tetap terlibat dalam acara yang sedang berlangsung. Agar memahami seputar MC dan apa saja tugas dan perannya, mari kita membahasnya!

Apa Pengertian MC (Master of Ceremony)?

Sederhananya, pengertian MC (Master of Ceremony) adalah seseorang yang bertugas sebagai fasilitator dan pembawa acara pada sebuah acara. Secara umum, MC akan melakukan tugas dan peran yang berkaitan dengan semua orang dalam satu acara. Misalnya, berinteraksi dengan hadirin atau berkoordinasi dengan tim dan penyelenggara acara sebelum acara dimulai.

Seorang pembawa acara harus menunjukkan kepribadian yang hangat, pandai berbicara, dan memiliki kemampuan untuk berhubungan dan bekerja dengan baik dengan orang-orang yang terlibat dalam sebuah acara. Ada beberapa alasan mengapa seorang MC harus memiliki beberapa kriteria tersebut:

  • Karena sebagian besar pekerjaan ini melibatkan penyampaian informasi kepada orang lain, maka MC harus pandai memilih kata yang tepat agar yang akan disampaikan mudah dimengerti oleh khalayak. 
  • MC yang sukses harus memiliki kepribadian yang hangat dan mudah beradaptasi, sehingga lebih mudah untuk terhubung dengan semua orang yang hadir di acara tersebut.
  • MC juga harus memiliki keterampilan organisasi yang sangat baik, karena skill itu dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa banyak peserta yang menikmati acara tersebut.

Mengenal Peran dan Tugas MC (Master of Ceremony) dalam Sebuah Acara

Peran MC adalah bertindak sebagai tuan rumah acara, memfasilitasi kelancarannya dan memastikan hasil yang direncanakan penyelenggara tercapai. Sedangkan, tugas utama MC adalah memperkenalkan pengisi acara atau pembicara dengan cara yang membuat mereka nyaman, mengumumkan item dalam agenda, dan mengenali sponsor.

Selain itu, seorang MC juga harus dapat melakukan setiap tugas tersebut dengan tepat waktu, memastikan transisi antar bagian acara dan menjaga acara tetap berjalan lancar. MC yang terampil diharapkan dapat menciptakan suasana yang menarik, penuh harapan, dan menyenangkan.

Sebagian besar MC melakukannya dengan memberikan sentuhan humor selama transisi atau memberikan deskripsi singkat tentang item berikutnya dalam susunan acara. Secara umum, ada beberapa tugas MC (Master of Ceremony) dalam sebuah acara, salah satunya sebagai berikut ini:

  • Memberi sinyal atau tanda kepada para hadirin yang datang bahwa acara akan segera dimulai.
  • Membuka acara dengan mengucapkan salam.
  • Menyapa para hadirin.
  • Memperkenalkan diri.
  • Menyebutkan nama dan tujuan acara.
  • Menyampaikan susunan acara.
  • Memperkenalkan pembicara.
  • Menjembatani, merangkaikan, atau menyambungkan antara acara ke acara lain, antara pengisi acara ke pengisi acara berikutnya. Ini sering disebut sebagai Bridging.
  • Mengucapkan terima kasih.
  • Menutup acara.

Seorang Master of Ceremony bekerja di berbagai lingkungan, tergantung pada acaranya. Agenda di setiap jenis acara juga berbeda-beda, begitu juga dengan situasi yang dihadapi MC. Situasi yang dihadapi MC saat memandu acara pernikahan tentu akan berbeda dengan situasi yang ia hadapi ketika memandu acara bisnis.

Skill Apa yang Harus Dimiliki Master of Ceremony?

Untuk menjadi MC yang handal, seseorang harus memiliki beberapa skill penting. Ini termasuk kemampuan public speaking, kemampuan berimprovisasi, kemampuan beradaptasi, mempunyai selera humor yang bagus, memiliki keterampilan presentasi yang baik, dan bersikap ramah tamah.

Ingat, apapun bisa terjadi dalam sebuah acara. Oleh sebab itu, seorang MC harus bisa bereaksi terhadap keadaan darurat dengan cepat. Misalnya, jika situasi berbahaya muncul, ia harus siap untuk menginstruksikan para hadirin tentang prosedur keselamatan dan melakukannya dengan tenang agar mereka juga tetap tenang.

Bagi Anda yang menyelenggarakan acara, jangan lupa berikan bingkisan menarik untuk Master of Ceremony dan para hadirin yang datang. Salah satu jenis barang yang bisa Anda berikan adalah tas dari OSCAS. Perlu diketahui, OSCAS merupakan pengrajin tas yang berlokasi di Bandung dan sudah berdiri sejak tahun 2015 silam.

OSCAS memproduksi berbagai jenis tas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini termasuk tas promosi, tas ransel, tas kantor, tas laptop, tas wanita, tas seminar, tas selempang, dan berbagai jenis tas lainnya. Apapun tas yang Anda butuhkan bisa Anda dapatkan di OSCAS. Selain itu, Anda juga dapat memesan tas dengan desain Anda sendiri.

Demikian penjelasan tentang pengertian MC (Master of Ceremony). Semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai hal tersebut.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini