Ide permainan seru untuk orang dewasa

10 Permainan Family Gathering untuk Dewasa, Indoor & Outdoor

Temukan banyak ide permainan family gathering untuk dewasa, baik indoor maupun outdoor, yang seru dan menciptakan momen tak terlupakan.

10 Permainan Family Gathering untuk Dewasa, Indoor & Outdoor

Permainan family gathering untuk dewasa adalah cara sempurna untuk menghadirkan kegembiraan saat kumpul bareng anggota keluarga. 

Terkadang memang sulit untuk mengajak para orang dewasa berpartisipasi dalam permainan. Akan tetapi, di sini kamu akan mengetahui beberapa idenya.

Dari lomba kreativitas hingga tantangan yang melibatkan kerja sama. Temukan permainan yang cocok agar family gathering kamu jadi momen tak terlupakan.

Jika bingung mau bikin acara yang seperti apa, silakan cari idenya di artikel 50+ tema acara gathering yang menarik.

Rekomendasi Permainan Family Gathering untuk Dewasa

Berikut permainan outdoor dan indoor yang akan menciptakan suasana menyenangkan di acara family gathering kamu:

1. Jenga

Jenga adalah permainan membongkar dan membangun menara dari balok-balok kayu.

Pertama, susun dulu menaranya dengan meletakkan tiga balok kayu berbaris secara horizontal. Kemudian tumpuk tiga balok lain di atasnya secara vertikal.

Setelah menara terbentuk, pemain bergantian memindahkan satu balok kayu dari bagian bawah dan meletakkannya ke bagian atas menara. 

Pemain harus melakukan ini dengan hati-hati tanpa menjatuhkan menara. Setelah balok kayu ditaruh, giliran berlanjut ke pemain berikutnya.

Tujuan dari permainan ini adalah menjaga menara tidak roboh saat memindahkan balok kayunya. 

Pemain yang menjatuhkan menara berarti kalah dan pemain terakhir yang meletakkan balok tanpa menjatuhkan menara adalah pemenangnya.

2. Fear Box

Permainan family gathering untuk dewasa yang kedua adalah fear box. Pemain harus menebak objek di dalam kotak misterius tanpa melihatnya.

Cara main fear box ini simpel. Pertama, siapkan kotak tidak tembus pandang dengan lubang di sisi kanan dan kiri yang cukup untuk tangan.

Kemudian, letakkan objek rahasia di dalam kotak. Biasanya itu objek yang menimbulkan sensasi, seperti tekstur yang aneh, lengket, basah, atau bergerak.

Setelah itu, pemain bergantian memasukkan tangan mereka ke dalam kotak, meraba objek, lalu menebaknya tanpa melihat ke dalam kotak. 

Fear box bisa jadi permainan yang menghibur sekaligus mendebarkan. Tapi jangan pakai objek berbahaya, ya.

3. Siapa Pelakunya?

Permainan “Siapa Pelakunya?” sering dimainkan di acara Tonight Show. Tujuan permainan adalah menebak siapa pelaku dari suatu kejadian atau cerita.

Kamu butuh seorang moderator untuk menyampaikan cerita yang sebelumnya sudah ditulis oleh semua peserta secara rahasia.

Setelah cerita dibacakan, peserta menebak siapa pelaku dari cerita tersebut. Sementara itu, pelaku sebenarnya harus berpura-pura tidak tahu.

Moderator lalu mengungkapkan siapa yang benar-benar mengalami cerita tersebut. Peserta yang menebak dengan benar akan mendapatkan poin. 

4. Truth or Dare

Truth or Dare adalah permainan klasik di acara-acara gathering

Dalam permainan ini, kamu hanya punya dua pilihan: menjawab pertanyaan dengan jujur (truth) atau melakukan tantangan (dare).

Biar lebih gampang, kamu bisa beli satu set kartu “Truth or Dare” dengan tema keluarga.

Cara mainnya, semua peserta duduk melingkar atau berjejer. Secara bergantian, setiap orang memilih kartu truth or dare, lalu melakukan instruksinya.

Permainan ini kadang-kadang menghadirkan kejutan di antara peserta. Pastinya bakal menyenangkan dan seru.

5. Tebak Gambar

Tebak gambar juga bisa menjadi ide permainan family gathering untuk dewasa. 

Buat kumpulan gambar atau ilustrasi dengan topik tertentu. Pastikan gambarnya mudah dikenali secara visual.

Selanjutnya, sepasang pemain duduk saling berhadapan. Pemain pertama menunjukkan gambar tanpa melihat kepada pemain kedua.

Pemain kedua kemudian memberi petunjuk lisan atau dengan gerakan tentang gambar tersebut. Tugas pemain pertama adalah menebaknya.

6. Cermin Bergaya

Dalam games seru seruan ini, peserta harus meniru gerakan atau gaya dari lawan main layaknya “cermin”, tapi dengan cara yang menghibur.

Cara main cermin bergaya cukup sederhana. Pertama, buat kelompok berisi dua orang. Satu orang menjadi “model” yang menampilkan gerakan, sedangkan yang lain bertindak sebagai “cermin”.

Pemain yang jadi cermin harus meniru gerakan pemain di hadapannya untuk mengikuti seakurat mungkin.

Setelah si model selesai, giliran si cermin bergantian menjadi model. Permainan ini berlanjut dengan setiap kelompok bergantian.

Mencari pemenang bukan tujuan utama permainan ini. Cermin bergaya memungkinkan peserta berinteraksi secara aktif sambil berbagi tawa bersama. 

7. Blind Drawing

Alat dalam permainan blind drawing yaitu penutup mata, kertas dan alat gambar. 

Setiap orang diberikan alat untuk menggambar. Setelahnya, peserta pertama diminta memakai penutup mata agar tidak bisa melihat kertasnya.

Moderator lalu membisikkan objek apa yang harus digambar oleh si peserta. Tentunya, dia harus mengandalkan intuisi untuk menggerakkan tangan.

Setelah waktu yang ditentukan habis, peserta berhenti menggambar. Biasanya, hasil blind drawing penuh dengan keanehan dan kesalahan.

Tugas anggota keluarga yang lain adalah menebak objek di gambar tersebut. Siapa yang berhasil menebak paling banyak adalah pemenangnya.

8. Trivia Keluarga

Trivia keluarga juga patut dicoba sebagai permainan family gathering untuk dewasa.

💡 Trivia adalah permainan yang menguji pengetahuan seseorang tentang berbagai topik.

Siapkan trivia tentang anggota keluarga, seperti sejarah keluarga atau peristiwa penting.

Ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk menguji pengetahuan tentang keluarga dan mengingat kenangan tertentu.

Untuk menebak trivia, bentuk tim atau mainkan secara individu, tergantung berapa jumlah pesertanya.

Peserta atau tim akan mendapatkan giliran menjawab pertanyaan yang diajukan oleh moderator. Pertanyaannya dibacakan atau pakai media foto.

Peserta harus mencoba menjawab dengan benar. Jika jawabannya tepat, mereka mendapatkan poin. 

9. Estafet Hula Hoop

Mau permainan yang melibatkan lebih banyak aktivitas fisik? Coba mainkan jenis games untuk family gathering outdoor, seperti estafet hula hoop.

Permainan ini mengandalkan kecepatan, keterampilan dan kerjasama tim. Soalnya, kamu harus memindahkan hula hoop melintasinya satu per satu peserta yang berjejer.

Cara melakukan permainannya, pertama-tama setiap tim berbaris menyusun jalur estafet bergandengan dengan jarak yang sama. 

Permainan dimulai dari orang pertama menerima hula hoop, lalu memindahkan ke orang kedua melewati tubuhnya. Ingat, tidak boleh melepas gandengan!

Orang kedua harus melanjutkan ke orang ketiga dan seterusnya. Jika berhasil mencapai tujuan akhir lebih cepat, maka tim tersebut menang.

10. Bakiak

Games seru untuk acara kumpul outdoor selanjutnya yakni lomba bakiak. Permainan tradisional ini masih sering dilakukan saat tujuh belasan.

Alat yang dibutuhkan adalah bakiak panjang minimal untuk tiga orang.

Cara mainnya, peserta di setiap tim berbaris menempatkan kaki mereka di atas bakiak.

Saat dimulai, setiap tim harus berusaha berjalan atau berlari dengan bakiak secara kompak. Tujuannya adalah garis finis. 

Kelihatannya memang mudah, tapi dalam melakukannya kamu perlu berkoordinasi dengan anggota tim agar tidak terjatuh.

Sebagai variasi, coba tambahkan rintangan supaya semakin seru dan menyenangkan.

Penutup

Dari beberapa ide games di atas silakan pilih permainan family gathering untuk dewasa yang seru, memperkuat kekeluargaan dan menciptakan kenangan indah. 

Terakhir, jangan lupa siapkan suvenir tas gathering supaya acara lebih berkesan. Buat tas custom untuk acara gathering keluarga kamu hanya di OSCAS.CO.ID.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini