Penggunaan bahan Miniso untuk tas

Bahan Tas Miniso, Apakah Bagus? Karakteristik & Keunggulan

Bahan tas Miniso adalah sebutan untuk material yang sering dipakai tas merek Miniso. Dengan kata lain ini bahan tiruannya.

Bahan Tas Miniso, Apakah Bagus? Karakteristik & Keunggulan

Bahan tas Miniso adalah sebutan untuk material yang sering dipakai tas merek Miniso. Dengan kata lain ini bahan tiruannya.

Berbeda dengan merek fashion kebanyakan, tas Miniso dibanderol dengan harga terjangkau. Di sisi lain, materialnya tergolong premium.

Hal itulah yang memicu banyak produsen tertarik ikut memproduksi tas dari material serupa. Jadi, seperti apa bahan Miniso itu?

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang pengertian, karakteristik, penggunaan, dan keunggulannya.

Apa Itu Bahan Tas Miniso?

Bahan tas Miniso adalah kulit sintetis yang cukup tebal dan permukaannya halus. Bahan ini juga sering disebut spon fosil.

Rata-rata ketebalannya mencapai 1,5 mm. Pasalnya, bahan Miniso sudah memiliki backing berupa katun atau sejenis bahan suede.

Maka dari itu, kebanyakan tas bahan Miniso tidak memiliki lining/furing di bagian dalamnya.

Sekilas terlihat sama dengan botega, tetapi bahan tas Miniso cenderung lebih lentur layaknya karet sehingga tidak mudah sobek.

Pertanyaannya, apakah merek Miniso yang asli juga menggunakan bahan tersebut?

Dari keterangan di deskripsi produk tas Miniso, mereka memang menggunakan kulit sintetis PVC. Bisa dikatakan bahwa dari segi kualitas kemungkinan tidak jauh berbeda dengan bahan yang beredar di pasaran.

Karakteristik Bahan Tas Miniso

Kamu mungkin menemukan beberapa macam bahan Miniso atau spon fosil di pasaran. Namun, secara umum karakteristiknya sama, antara lain:

  • permukaannya halus saat diraba,
  • memiliki motif kulit jeruk samar-samar,
  • lebih tebal dari jenis kulit sintetis lainnya,
  • lentur dan tidak mudah sobek,
  • kulit sintetis umumnya bersifat tahan air.

Dengan ciri-ciri seperti itu, bahan Miniso sangat cocok untuk berbagai macam produk fashion.

Penggunaan Bahan Miniso

Faktanya, tidak semua tas Miniso terbuat dari spon fosil. Merek retail asal Tiongkok itu memilih bahan yang sesuai dengan jenis dan tujuan tas.

Dari katalog produk Miniso, bahan kulit sintetis PVC hanya digunakan pada lini tas fashion.

Kabar baiknya, fleksibilitas bahan tas Miniso membuatnya mudah dibentuk menjadi apapun, misalnya ikat pinggang, dompet, sandal, sepatu, dll.

Keunggulan Bahan Miniso

Jika kamu ingin membuat tas premium yang bisa dijual dengan harga terjangkau, pilihan terbaik adalah bahan tas Miniso. Berikut keunggulannya:

1. Harga Relatif Murah

Di marketplace lokal, terdapat bahan Miniso dengan ketebalan 0,9 mm dan 1,5 mm. Harga keduanya berbeda, tetapi masih relatif terjangkau.

Kulit sintetis Miniso dihargai Rp70.000 per meternya. Akan lebih murah kalau kamu membeli per rol, yaitu hanya sekitar Rp1,3 jutaan.

2. Bahan Fleksibel

Spesifikasi bahan tas Miniso cukup bagus, tebal, halus dan lentur. Karakteristik yang terakhir membuat material ini mudah dijahit.

Oleh karenanya, tersedia berbagai macam model tas Miniso terutama jenis tas fashion. Untuk pembuatan tas custom juga sangat mendukung.

3. Banyak Pilihan Warna

Meskipun didominasi warna-warna gelap, tetapi bahan Miniso punya belasan pilihan warna mulai putih, marun, kunyit, hijau, dll.

Jika diperhatikan lebih dekat, permukaan tas berbahan Miniso ini warnanya tidak mengilap.

4. Mudah Dibersihkan

Salah satu kelebihan utama tas kulit sintetis yaitu tidak cepat kotor dan memudar. Dengan kandungan plastik, noda lebih mudah dibersihkan.

Cara Merawat Tas Berbahan Miniso

Asalkan tahu cara merawatnya dengan benar, tas dari bahan Miniso pasti awet dan tahan lama. Cara-caranya kurang lebih sebagai berikut:

  • Sebisa mungkin jaga kondisi tas agar kering setiap waktu.
  • Jika basah, tepuk-tepuk permukaan tas dengan kain lembut sampai kering.
  • Biarkan kering karena terkena angin alih-alih menjemurnya langsung.
  • Simpan di tempat yang tidak lembab supaya tidak berjamur.
  • Untuk kolektor tas, sesekali keluarkan tas dari lemari.

Lebih lengkapnya kamu bisa membaca pembahasan cara merawat tas kulit sintetis.

Penutup

Kesimpulannya, bahan tas Miniso hanya sebutan karena serupa dengan yang digunakan merek Miniso. Kulit sintetis ini harganya murah, namun berkualitas.

Bagi kamu yang ingin membuat merek tas sendiri, OSCAS.CO.ID siap menjadi mitra konveksi. Kami akan mewujudkan tas bahan Miniso impian kamu.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini