Breaking News

Serba serbi bahan kulit Togo untuk pembuatan tas

Bahan Tas Togo, Kulit Terpopuler di Produk Hermès

Bahan tas Togo merupakan salah satu jenis kulit terfavorit merek Hermès. Apa saja ciri-ciri dan kelebihannya? Simak artikel kali ini.

Bahan Tas Togo, Kulit Terpopuler di Produk Hermès

Bahan tas Togo merupakan salah satu jenis kulit terfavorit merek Hermès. Apa saja ciri-ciri dan kelebihannya? Simak artikel kali ini.

Di industri tekstil, setiap jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Togo sendiri dikenal sebagai bahan kelas premium.

Sementara itu bahan kulit sintetis Togo sering menjadi alternatif bagi produsen tas lokal karena harganya lebih murah.

Lantas, apakah tas Togo memang sebagus itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Bahan Tas Togo?

Bahan tas Togo adalah jenis kulit dari anakan sapi. Togo berkualitas tinggi, ringan dan mudah dibentuk. Ketebalan aslinya antara 1,5 hingga 1,8 mm.

Secara visual permukaannya memiliki pattern kulit jeruk, namun itu tidak timbul sehingga tetap terasa halus di tangan. Ini juga kuat dan tahan terhadap goresan.

Merupakan Hermès, merek yang pertama mempopulerkan kulit Togo pada 1996. Bahkan 15% tas model Birkin dan Kelly Hermès menggunakan bahan Togo.[1]

Bukan tanpa alasan, kabarnya karakteristik khas Togo sangat disukai penggemar tas Hermès.

Saat ini di pasaran sudah banyak beredar bahan tas sintetis Togo (faux leather). Meskipun mirip, namun pastinya punya beberapa perbedaan.

Selanjutnya, kenali apa saja kriteria spesifik yang membedakan kulit Togo.

Kriteria Bahan Tas Togo

Berikut beberapa ciri-ciri bahan tas Togo yang membuatnya disebut sebagai kulit hewan kelas premium:

  • tebal namun ringan,
  • teksturnya kenyal,
  • agak berkilau,
  • pattern kulit jeruk,
  • permukaan lembut,
  • tahan terhadap goresan,
  • water resistant.

Untuk Togo faux leather atau versi imitasinya memiliki tampilan yang identik. Hanya saja secara kualitas jelas di bawah bahan tas Togo asli.

Penggunaan Bahan Togo

Secara keseluruhan kamu patut mempertimbangkan bahan kulit ini untuk membuat berbagai model tas khususnya untuk perempuan.

Beberapa di antaranya handbag, tote bag, tas selempang, shoulder bag, pouch, dan lain sebagainya. Kamu bisa melihat contoh-contoh tas merek Hermès.

Selain itu, bahan imitasi togo juga sering digunakan oleh produsen furniture, misalnya sebagai cover sofa atau placemat.

Kelebihan Bahan Kulit Togo

Beberapa kelebihan bahan tas Togo berikut ini mungkin juga bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih:

1. Tersedia Berbagai Macam Warna

Pilihan warna kulit asli biasanya terbatas, namun tidak berlaku untuk Togo. Bahan tas ini justru menawarkan berbagai macam warna dengan tingkat konsistensi yang sangat baik.

2. Cocok untuk Tas Berukuran Besar

Jika ingin membuat tas kulit dengan ukuran besar, pilihlah bahan yang teksturnya kenyal dan lentur. Dalam hal ini, Togo memenuhi kriteria tersebut.

Bahan tas Togo mampu menampung lebih banyak barang karena bisa melar. Sementara kulit yang kaku lebih cocok untuk tas berukuran kecil atau dompet.

3. Mudah Dibersihkan dan Di-refurbish

Permukaan yang tidak terlalu timbul membuat jenis kulit Togo sangat mudah dibersihkan. Kalaupun rusak juga mudah di-refurbish agar pulih seperti semula.

Di marketplace banyak dijual krim refurbish kulit atau pelajari cara memperbaiki tas kulit yang rusak.

4. Lebih Tahan Lama

Dari segi ketahanan, bahan Togo lebih awet karena ketebalannya dan tahan terhadap goresan. Ciri-cirinya mirip dengan bahan Epsom tetapi lebih kuat.

Togo juga bersifat water resistant dan cenderung dapat bertahan di segala kondisi cuaca. Akan tetapi, kamu tetap harus merawatnya dengan baik.

5. Punya Reputasi Sangat Baik

Saat mencari tas dari bahan Togo, maka merek yang akan pertama kali muncul adalah Hermès. Intinya, bahan kulit ini memiliki reputasi yang sangat baik karena sudah digunakan oleh merek sebesar Hermès. 

Bahkan meski faux leather alias imitasi sekalipun, pembeli tetap percaya bahwa itu pasti bagus.

Harga Bahan Togo

Harga satu gulung kulit Togo berukuran 8,5 meter persegi kurang lebih Rp4,3 juta. Tidak heran produsen lokal pun biasanya menjual tas Togo asli dengan harga di atas 1 jutaan.

Tas Hermès Togo asli harganya bahkan sampai ratusan juta rupiah. Ini membuktikan bahan Togo memang punya kualitas premium.

Penutup

Kesimpulannya bahan tas Togo adalah pilihan yang bagus. Reputasinya tak perlu diragukan lagi, selain itu bahan Togo juga punya nilai plus bagi para kolektor tas.

Di Indonesia, bahan tas Togo terbilang cukup langka. Jika berminat, kamu bisa memproduksi tas custom sendiri dengan layanan konveksi OSCAS.CO.ID.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini