Bagaimana Cara Agar ID Card Tidak Luntur? Simak 4 Tips Ini!

Sudah berapa sering Anda gonta-ganti ID card karena tintanya luntur atau memudar? Pasti perlu biaya yang tidak sedikit dan tidak efisien jika harus menggantinya berkali-kali. Maka dari itu, yuk terapkan cara berikut agar ID card tidak cepat luntur!

Bagaimana Cara Agar ID Card Tidak Luntur? Simak 4 Tips Ini!Pexels by yasin aydin

Salah satu fakta yang pasti jika memiliki suatu benda atau harta adalah, cepat atau lambat benda tersebut akan menjadi usang, tak terkecuali ID card atau kartu identitas. Coba Anda pikirkan tentang berapa banyak keausan rata-rata ID card karyawan atau ID card pelajar akan bertahan secara teratur, jika kartu tersebut diambil masuk dan keluar dari saku, di-scan, digesek melalui mesin dan banyak lagi.

Semua aktivitas ini mengarah pada kesimpulan yang cukup logis bahwa Anda harus memperbarui atau mengganti kartu identitas Anda pada waktu-waktu tertentu. Sama seperti barang-barang Anda yang lain, tujuannya adalah untuk membuat kartu ID Anda bertahan selama mungkin. 

Mobil bertahan lebih lama dengan penggantian oli secara teratur dan masa pakai komputer bisa lama dengan pemindaian virus secara teratur dan pembersihan file. Demikian juga dengan ID card, ada beberapa cara berbeda untuk membantu ID card tidak luntur dan bertahan lebih lama.

Penyebab Tinta ID Card Mudah Luntur

Sebelum masuk ke pembahasan cara agar ID card tidak mudah luntur, mari kenali dulu apa saja penyebabnya. Di antaranya:

1. Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab utama lunturnya ID card adalah karena faktor lingkungan. Jika Anda menggunakan kartu ID Anda setiap hari, kartu tersebut akan rentan terkena beberapa elemen, terutama jika Anda bekerja di luar ruangan. Secara alami, ID card akan lebih cepat rusak jika sering terkena angin, hujan, dan matahari.

Selain itu, jika kartu digunakan untuk tujuan kontrol akses, kartu tersebut mungkin sering digesek atau ditekan ke scanner yang dapat menyebabkan tintanya memudar lebih cepat.

2. Penyimpanan Kartu

Sebagian besar karyawan memerlukan kartu identitas mereka setiap saat, oleh karena itu harus disimpan sendiri. Namun, ini dapat menyebabkan ID card mereka menjadi cepat rusak.

Terlebih lagi para staf biasanya menyimpan kartu identitas mereka di saku, sehingga dapat dengan mudah tergores oleh kunci atau tertinggal di pakaian tak sengaja tercuci. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara agar ID card tidak luntur untuk menghindari kerusakan fisik atau gambar menjadi tidak dapat dikenali.

3. Kualitas Kartu

Ini adalah penyebab paling umum dari ID card yang tintanya cepat memudar. Tentu saja, faktor lingkungan dan penyimpanan kartu berkontribusi terhadap kerusakan jangka panjang, namun jika kualitas kartu di bawah standar, maka pasti akan cepat rusak.

Jadi, salah satu cara agar ID card tidak cepat luntur adalah memastikan bahwa kartu ID Anda terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama guna memperpanjang masa pakainya. Jika kartu diproduksi secara eksternal, Anda dapat memeriksa kualitasnya dengan penyedia layanan pencetakan kartu ID Anda.

4. Sumber Daya Listrik

Jika printer kartu Anda menghasilkan kualitas cetak yang warnanya pucat atau sering mengalami error, maka Anda harus memeriksa catu daya printer Anda. Semua printer kartu ID umumnya dilengkapi dengan PSU (unit catu daya) khusus yang disesuaikan dengan model printer. Ini adalah PSU yang paling umum pada printer ID card:

  • Evolis = Kotak Pengalih
  • HID Fargo = LHV
  • Magicard = Tenaga Matahari
  • Zebra = Zebra
  • Kartu Data = Cincon
  • IDP Smart = Teknologi Adaptor

Jadi, sangat penting untuk memeriksa Anda menggunakan PSU yang tepat untuk printer kartu ID Anda sebagai cara agar ID card tidak mudah luntur.

Cara Agar ID Card Tidak Mudah Luntur

Mencegah lebih baik daripada mengobati, seperti itu pepatah mengatakan. Alih-alih mengganti ID card yang memudar, jauh lebih efektif untuk mencegahnya. Dan berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Lindungi dengan Laminasi atau Holder ID Card

Sangat mudah untuk memberi tahu staf agar berhati-hati dengan kartu mereka. Namun, kebanyakan orang menggunakan kartu identitas mereka setiap hari, sehingga kartu dapat dengan mudah tergores dan terpapar oleh sinar matahari, debu, air dan faktor lainnya, terlepas dari seberapa hati-hatinya mereka.

Itu sebabnya Anda dianjurkan untuk memasang plastik laminasi atau menggunakan ID card holder. Cara ini bisa melindungi ID card dari retak dan bengkok, serta meningkatkan daya tahan. Selain itu, laminasi atau holder ID card harganya cukup murah, sehingga Anda cukup mengeluarkan anggaran rendah untuk menjaga kartu dari kerusakan.

2. Cara Agar ID Card Tidak Luntur dengan Upgrade Kualitas ID Card

Cara lain agar ID card tidak mudah luntur adalah dengan mencetak ID card yang berkualitas baik, yakni menggunakan tinta pigment art paper yang tahan terhadap air, terbuat dari bahan PVC, dan sebagainya.

3. Perbarui Printer Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya ID card tidak cepat luntur adalah memperbarui printer. Setelah printer menjadi usang, biasanya daya cetaknya menjadi semakin berkurang. Dan jika printer Anda dirasa menjadi tidak efisien, kemungkinan kualitas kartu yang dihasilkan juga kurang maksimal.

4. Jangan Sampai ID Card Terkena Air

Agar ID card lebih aman, sebisa mungkin hindari terkena air atau masuk ke mesin cuci. Karena meskipun sudah dilapisi plastik laminating tetap saja ada kemungkinan tetesan hujan yang masuk dan memudarkan tintanya. Jadi, bila terpaksa memakai ID card saat hujan, usahakan untuk memasukkannya ke dalam dompet atau tas terlebih dahulu.

Risiko Jika ID Card Luntur atau Memudar

Ada berbagai risiko yang akan Anda hadapi jika tidak segera menerapkan cara agar ID card tidak luntur, antara lain:

1. Risiko Keamanan

Jika gambar pada kartu tidak jelas, maka siapa pun dapat mengklaim bahwa itu adalah kartu mereka. Yang lebih ekstrim lagi, orang-orang yang tidak bertanggungjawab bisa menggunakan kartu identitas kosong dan menyatakan bahwa gambar tersebut benar-benar terhapus.

Tentu hal ini akan membuat Anda rentan dan berpotensi terbuka terhadap pelanggaran keamanan. Di perusahaan besar, tidak mungkin bagi staf keamanan untuk mengingat setiap karyawan. Juga umumnya tidak ada cara untuk memverifikasi kartu ID staf. 

Hal ini bisa memiliki efek yang merugikan jika sumber eksternal menggunakan kartu ID pudar untuk mendapatkan akses ke data sensitif perusahaan Anda.

3. Biaya untuk Mencetak Ulang Terbilang Cukup Besar

Jika Anda harus mencetak ulang kartu berulang kali karena memudar, maka bisa mengakibatkan pemborosan biaya, terutama jika ini adalah kartu kontrol akses. Terlebih lagi bagi banyak perusahaan, karyawan memerlukan ID card mereka untuk mengakses beberapa tempat tertentu, jadi menunggu kartu baru datang juga akan merepotkan.

4. Memperburuk Citra Perusahaan

Bagi banyak organisasi, salah satu hal pertama yang dilihat pengunjung atau klien pada karyawan adalah kartu identitas mereka. Jika kartu ini tidak up-to-scratch alias memadai, ini menunjukkan kurangnya usaha dan profesionalisme. 

Kesan pertama diperhitungkan, jadi sangat penting bahwa semuanya, termasuk ID card staf, memiliki standar yang tinggi. Ini adalah salah satu alasan mengapa penting untuk menerapkan cara agar ID card tidak luntur.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda upayakan agar ID card tidak cepat luntur dan memperpanjang masa pakainya. Sebagaimana memiliki ID card yang berkualitas itu penting, memiliki tas yang berkualitas juga tak kalah penting. Apalagi tas berguna untuk menyimpan barang-barang penting, seperti ID card, agar tidak cepat rusak.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan tas berkualitas untuk keperluan belajar atau bekerja, OSCAS siap memenuhi kebutuhan Anda. OSCAS menyediakan beragam jenis tas berkualitas premium, mulai dari tas seminar, tas ransel, hingga tas hangout.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini