Perbedaan Name Tag dan ID Card

Hampir Sama, Begini Perbedaan Name Tag Dan Id Card!

Tanda pengenal yang sering disebut dengan Name Tag dan id card ini sekilas memang mirip, namun ternyata memiliki beberapa perbedaan mulai dari definisi, fungsi dan juga jenisnya.

Hampir Sama, Begini Perbedaan Name Tag Dan Id Card!Merdeka.com
Beda ID Card dan Name Tag

Name tag dan ID Card pada dasarnya adalah cara untuk menunjukkan identitas seseorang. Tujuan dari name tag dan ID card adalah untuk mempermudah mengetahui orang lain di acara tersebut dan mengenal penggunanya. Name tag yang dimaksud bukanlah kotak logam. Sebaliknya, itu terbuat dari plastik atau PVC.

Ukurannya sama dengan ID Card, tapi itu tidak dapat muat di dompet Anda. Namun, bagi Karyawan wajib menggunakannya sebagai tanda pengenal baik di dalam maupun di luar kantor. Demikian pula dalam kelompok dan kepanitiaan. Jadi apa perbedaan antara ID card dan name tag? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan antara ID Card dan name tag mulai dari pengertian, jenis, ukuran, bahan dan fungsinya.

Apa yang dimaksud dengan name tag dan ID Card? 


Name tag adalah nama dada atau lencana pribadi yang biasa digunakan untuk name tag PNS, name tag komisi, nama dada, dll. Orang yang berbeda menggunakannya untuk hal yang berbeda dan bahan yang berbeda digunakan untuk membuatnya. 

Dalam acara-acara informal, seperti kebanyakan perayaan, nama dada ditulis di atas kertas yang dihias. Nama dada yang digunakan untuk acara resmi seperti pembukaan kantor dan perayaan hari besar biasanya adalah terbuat dari logam. 

ID Card juga disebut Identity Card, adalah cara untuk pengenal siapa Anda. Orang mengetahui tempat kita di negara, perusahaan, aktivitas atau acara ketika mereka melihat ID kita.  Bahkan di perusahaan besar, setiap orang harus memiliki ID, apakah mereka supervisor, manajer atau karyawan. 

Fungsi Name tag dan ID card
 

Name tag dan ID Card yang cukup penting ini memiliki beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui, diantara fungsi Name Tag adalah:

1. Tanda pengenal karyawan

Apapun bentuk name tag, mereka semua memiliki tujuan dasar yang sama, yaitu untuk membantu karyawan mengenal satu sama lain. Dengan bantuan name tag, lebih mudah untuk mengidentifikasi diri Anda sebagai karyawan dari suatu perusahaan tertentu, baik di dalam maupun di luar kantor. 

Hal ini karena ID Anda selalu menempel atau tergantung di pakaian Anda. Orang akan dapat memberi tahu perusahaan tempat Anda bekerja, terutama jika Anda memakainya di luar pekerjaan. Hal ini juga dapat digunakan untuk menandai karyawan sehingga non-karyawan tidak termasuk dalam tempat kerja abda kecuali mereka memiliki tanda pengenal seperti karyawan lain. 

2. Media Promosi

Name tag digunakan untuk mengiklankan bisnis dengan berbagai cara, baik secara langsung maupun tidak langsung. Orang yang melihat name tag akan belajar lebih banyak tentang perusahaan, bahkan jika mereka tidak mengetahuinya sendiri. Bahkan mungkin membuat Anda ingin bekerja untuk perusahaan tersebut. 

Jika Anda mendapatkan karyawan terbaik dengan promosi sederhana seperti name tag, perusahaan Anda mungkin akan bekerja lebih baik. Berkat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat orang lain dan perusahaan lebih mengetahui bisnis Anda. 

Fungsi ID Card

Walaupun sekilas sama dengan name tag yang berfungsi sebagai tanda pengenal, namun inilah beberapa fungsi ID Card yang cukup berbeda dari name tag: 


1.    Memberi kesan pertama yang baik 

Saat karyawan menggunakan Kartu Identitas, perusahaan terlihat lebih profesional. Hal ini terutama berlaku untuk karyawan yang bekerja langsung dengan pelanggan, seperti pemasaran, layanan pelanggan, kebersihan, dan keamanan. 

2.    Memberikan layanan dengan Prima 

Tujuan dari Kartu Identitas ini adalah untuk membantu karyawan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Dengan Kartu Identitas, karyawan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga nama baik perusahaan. 

3.    Pemisahan karyawan dan pelanggan 

Kartu Pengenal ini memungkinkan pelanggan mengetahui siapa karyawan dan siapa yang bukan. 

Jenis-jenis Name Tag dan ID Card

Beberapa jenis Name Tag adalah sebagai berikut: 


1. Name Tag Jepit

Name tag jepit adalah jenis lain yang tampaknya disukai banyak orang. Ini dirancang untuk penggunaan yang tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Dibandingkan dengan magnet. 

Jenis jepit ini juga cukup bagus dalam hal seberapa baik kerjanya dan berapa lama itu bertahan. Tidak mudah rusak dan dapat bertahan lama. 

2.  Name Tag Panitia

Source: youtube.com

Dalam kebanyakan kasus, penyelenggara memerlukan ID Card untuk memberi tahu anggota tim mereka terpisah satu sama lain. Agar tim dan subunit dari suatu organisasi atau panitia saling mengenal, mereka memerlukan ID. Kartu ini adalah name tag panitia. 

Name tag panitia ini dapat digunakan pada acara kurban, masa pentas lingkungan sekolah (MPLS), pramuka, HUT RI ke-7 , panitia 17 Agustus, dll. 

3. Name Tag Design

Name tag unik yang menonjol dari yang lain dan menunjukkan setiap perusahaan secara berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa desain name tag merupakan bagian penting dalam pembuatannya. Anda dapat menggunakan https://id.pinterest.com sebagai panduan untuk menemukan template desain. Ada banyak desain hebat yang bisa Anda gunakan sebagai ide untuk diri sendiri.

4. Name tag unik 

Setiap karyawan dan stakeholder perusahaan akan terlihat lebih profesional dengan name tag masing-masing. Ketika semua orang di perusahaan memakai name tag dengan nama mereka di atasnya, itu menciptakan suasana profesional dan positif. 

Name Tag adalah nama penting yang harus selalu digunakan di setiap institusi atau kepanitiaan. SIM atau KTP yang tercantum seperti nama Anda selalu diperlukan sebagai bukti identitas. 

5. Name Tag Magnet 

Apakah Anda masih menggunakan name tag yang memiliki peniti, paku atau peniti untuk menahannya? Jika iya, maka gunakan name tag magnetik untuk mengubah nama kotak dengan cepat. Mengapa? Hal ini karena orang yang menggunakan peniti, paku atau kancing dapat merusak baju atau seragam. 

Magnet dapat digunakan untuk menjaga agar name tag atau pin peniti tidak merusak pakaian atau seragam yang dikenakan orang. Ini juga mudah digunakan dan tidak meninggalkan lubang atau bekas pada pakaian atau seragam. 

Name tag yang dilengkapi dengan magnet dapat dilekatkan dengan aman pada pakaian berbobot sedang (pakaian dengan t-shirt/kemeja berbobot sedang). Jadi jangan heran betapa banyak orang yang memilih name tag kenis magnet ini.

Name tag magnetik mudah ditemukan di banyak toko percetakan di mana-mana. Magnet terdiri dari dua pelat: satu dari besi dan satu dari magnet. Pelat magnet dilekatkan ke baju dari dalam dan kemudian ke setrika dari luar. 

Magnet juga dapat digunakan pada kuningan yang dapat digunakan kembali, baja tahan karat, kuningan, acrylic reusable, wing stainless dan wing kuningan. Bahkan yang namanya kotak magnet terdengar keren, apalagi bagi orang yang memakai seragam. Karena kebanyakan orang yang memakai seragam dan menggunakan peniti magnet meninggalkan bekas kuning pada pakaiannya. 

6. Name tag keren 

Membuat name tag yang keren tidaklah sulit. Ini seperti mencetak di atas kertas, tetapi pada media yang berbeda. Jelas, printer yang digunakan harus dikonfigurasi untuk mencetak name tag dan kertas pvc. Ini akan menempel dengan sangat baik sehingga Anda memerlukan kartu yang bagus apakah Anda mencetak di rumah atau di kantor. Laminasi sangat penting untuk melindungi kartu, terutama untuk kartu sehari-hari. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan laminasi ini, tetapi yang paling mudah adalah dengan membeli laminasi yang sudah jadi. Sebagai tas, itu membuatnya tetap aman dan membantunya bertahan lebih lama. Selain itu, perawatan yang teratur dan tepat sangat penting jika Anda ingin printer Anda bekerja dengan baik dan tahan lama. Anda harus membeli alat pembersih agar printer tetap dalam kondisi dan terjaga dengan baik. Selain printer, kartu PVC juga harus siap. 

Ada variasi model, warna dan kualitas, tetapi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat name tag yang bagus, kartu ini merupakan bagian penting yang harus ada. 

7. Name Tag Peniti 

Sudah banyak name tag peniti yang beredar di pasaran. Namun sedikit berbeda dengan bahan lainnya. Name tag peniti ini dapat dicetak berwarna dan lebih mudah digunakan. Name tag ini bisa dibuat berwarna-warni, custom dan lebih murah. Mungkin juga memiliki harga yang berbeda. Meski harganya lebih murah, namun keawetan dan kualitas bahannya tidak kalah. 

Name tag peniti plastik juga dapat digunakan untuk name tag resmi, seperti guru, pegawai negeri, mahasiswa, dokter dan banyak lainnya. Desain warna-warni juga bagus untuk bisnis seperti hotel, manajemen properti, panti pijat, dll. 

Jenis-jenis ID Card


Dengan berbagai jenis ID Card, tidak semuanya memiliki fungsi yang sama. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui berbagai ID Card yang dapat Anda lihat atau bahkan miliki. Informasi lebih lanjut tentang ID Card berikut dapat dilihat di bawah ini: 

1. ID Card Tebal 

Jenis ID Card ini disebut "tebal" karena ketebalannya bisa mencapai 0,96 mm. Dasar ID Card ini sayangnya terlalu tebal untuk embossing untuk bekerja.

2.  ID Card Instan 

Kualitas ID Card instan ini tidak memenuhi standar. ID Card ini tidak hanya murah tetapi juga berkualitas tinggi. 

3. ID Card KW 1 

ID Card KW 1 adalah pilihan terbaik jika Anda menginginkan kartu berkualitas tinggi dengan pilihan warna yang jelas. ID Card ini terbuat dari bahan sederhana yang terlihat seperti ATM biasa dengan ketebalan 0.76mm. ID Card KW1 ini dibuat dengan cara menekan tungku press.

4. ID Card Logam

 ID Card Logam terbuat dari bahan mengkilap dan Anda dapat memilih antara perak dan emas. Dengan dua pilihan warna ini, Anda dapat membuat kartu menjadi kaya dan elegan. Anda juga dapat menambahkan relief ke peta ini. 

Bahan Name Tag dan ID Card


Bahan dan Ukuran ID card

 
Secara umum ada dua jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan ID Card. Setiap bahan juga dibuat sesuai dengan jenis kartu yang digunakan. Anda bisa mengetahui bahan dan ukuran apa saja yang digunakan untuk membuat ID Card pada ikhtisar berikut ini:

1. Bahan PVC 

Bahan ini tersedia dalam tiga warna berbeda: silver, putih polos dan emas. PVC, di sisi lain, terbuat dari tiga lapisan, dua di antaranya transparan dan tebalnya sekitar 0,5 mm, dan digunakan dalam bahan cetak. Untuk 1 bahan PVC tebalnya 0, 6mm dan sering digunakan untuk merekatkan bahan transparan. 

2. Bahan Art Paper 

Kertas seni adalah bahan ID Card umum lainnya terbuat dari kertas 300-350gsm,. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat kartu yang hanya bisa digunakan sekali, misalnya pada konser dan acara yang diadakan setahun sekali. 

Berbabagi Ukuran ID Card 

1.    ID Card kartu nama

 ID Card memiliki ukuran yang berbeda, contoh: 

• 90 mm x 55 mm. 

• 80mm x 53mm. 

2.    ID Card standar internasional 

• ID card 000, juga dikenal sebagai CR80 atau ID card . 

• ID card berukuran 85,60 mm x 53,98 mm. 

• ID Card 2105 mm x 7 mm atau 10,5 cm x 7, cm. 

3.    ID Card untuk Indonesia atau negara lain 
  • Ukuran 90mm x 5 mm 

ID Card ukuran pertama ini diproduksi dan dikirim oleh standar Asia Hong Kong, Cina, Singapura dan Malaysia. 

  • Ukuran 85 mm x 55 mm 

Ukuran lain yang sering digunakan dalam standar negara Eropa. 

  • Ukuran 90mm x 55mm 

Kolombia, Australia, India, Denmark, Indonesia, Norwegia, Selandia Baru, Swedia, Vietnam, dan Taiwan menggunakan ukuran ketiga ini sebagai standar. 

  • Ukuran 91mm x 55mm 

Ukuran ini sering digunakan dalam standar nasional atau negara bagian di Jepang atau Asia. 

  • Ukuran 89mm x 51mm 

ID Card ini berbeda dengan ID Card lainnya dan biasa digunakan di Kanada, Belanda dan Amerika Serikat. 

  • Ukuran 90 mm x 50 mm 

ID Card ini hanya digunakan untuk ID Card Ceko dan Hongaria dengan ukuran ini. 

Bahan dan ukuran Name Tag

1. Name tag PVC 

Ukuran Name tag yang terbuat dari plastik PVC disebut "name tag bahan PVC". Karena terbuat dari PVC, tidak diragukan lagi kualitasnya. Name tag PVC berbentuk persegi panjang dan berukuran panjang 8cm dan lebar 2cm. Ketebalannya bervariasi dari 0,76 mm. 

2. Name Tag Akrilik 

Ukuran Name Tag ini terbuat dari akrilik yaitu plastik yang bentuknya seperti kaca, namun lebih ringan dan tahan panas terutama api, lebih baik dari kaca. 

Name tag akrilik ini berukuran sama dengan PVC tetapi tebalnya 2mm. Sepotong PVC biasanya memiliki tebal 0,76 mm yang juga ditambahkan saat membuat name tag akrilik. Dengan hal ini name tag akrilik memiliki ketebalan total 2.76mm. 

3.  Name Tag Akrilik Custom UV

Ukuran Kustom Name tag akrilik yang dapat didesain sesuai keinginan pelanggan disebut "name tag akrilik kustom". Anda juga dapat mengubah format teks name tag dengan name tag ini. 

Mesin yang digunakan untuk mencetak adalah printer UV yang mencetak lebih baik dari printer lainnya. Name tag ini berukuran sama dengan name tag akrilik standar tetapi hanya setebal 2mm karena tidak ada PVC yang ditambahkan. 

4. Name tag Akrilik Chrome 

Jenis name tag ini menciptakan tampilan metalik warna seperti perak dan emas. Name tag ini juga terbuat dari akrilik dan dicetak dengan printer UV. Ketebalannya sekitar 2 mm. Padahal ukuran name tag ini bisa sampai 3cm x 8cm. 

Pelanggan dapat meminta pemasok mereka untuk menambahkan teks, logo, atau garis ke salah satu dari lima jenis name tag di atas, dan mereka juga dapat memilih untuk menggunakan pin atau magnet. 

Anda bisa membuat Name tag dan ID Card sesau dengan keinginan Anda, dan sebaiknya  anda harus memiliki jenis tas yang berkualitas bagus untuk menyimpan name tag atau ID Card anda dan bisa digunakan dengan baik saat anda bekerja. Beragam jenis tas yang unik dari pabrikan yang paling direkomendasikan untuk pembuatan tas adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas mampu membuat tas warna hitam berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tas seminar sampai tas hangout. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini