Informasi Seputar Cara Membuat Film Sablon Gradasi Baik Manual Maupun Digital

Cara Membuat Film Sablon Gradasi, Manual atau Digital

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat film sablon gradasi baik manual maupun digital, maka informasi berikut ini bisa dijadikan referensi bahkan motivasi untuk yang ingin mendapatkan hasil sablon gradasi sesuai harapan dan tentu berkualitas.

Cara Membuat Film Sablon Gradasi, Manual atau Digitalpexels/energepic.com

Bagi Anda yang gemar menggunakan baju kaos, mungkin sudah tak asing lagi dengan jenis kaos sablon dan cara membuat film sablon gradasi. Yang mana bisa dicetak sesuai dengan keinginan, apapun gambar yang Anda inginkan untuk bisa menempel di kaos bisa dengan mudah untuk dicetak. 

Tentu dengan menggunakan teknik sablon. Tapi untuk membuatnya sendiri nyatanya tak semudah itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai cara membuat film untuk sablon gradasi ini. Terlebih penggunaan sablon gradasi tak bisa dipungkiri jika akhir akhir ini lebih banyak dicari oleh para pengguna kaos. 

Perlu diketahui jika proses pembuatan film untuk sablon gradasi ini bisa dibilang cukup penting. Karena prosesnya bisa dibilang sangat mempengaruhi gambar yang nantinya akan dicetak. Untuk cara pembuatan film yang digunakan untuk membuat sablon gradasi ini, sebenarnya dibagi menjadi dua cara, yaitu cara manual dan cara digitalnya. 

Apabila Anda memutuskan untuk mengikuti cara membuat film untuk sablon gradasi secara  manualnya, peralatan yang Anda perlukan untuk mencetak gambarnya adalah rakel dan screen. Sementara untuk proses pembuatan filmnya sendiri bisa menggunakan kertas HVS. 

Sedangkan untuk cara membuat film sablon gradasi lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Dari mesin press hingga printer.

Cara Membuat Film Sablon Gradasi Secara Manual

Bisa dikatakan jika cara membuat film untuk sablon gradasi secara manualnya, memerlukan beberapa bahan dan peralatan yang cukup sederhana namun biasa digunakan dalam cara membuat film sablon gradasi.  

Sebelum ke langkah atau tahapannya, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. 

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat film sablon ini diantaranya ada kapas, sensitizer, emulsi, screen, perangkat meja afdruk, kipas angin atau pengering rambut, minyak tanah atau bensin, kertas koran yang sudah tak terpakai, hingga kertas hvs yang telah digambari dengan model desain yang nantinya akan disablon ke kaos.

Setelah semua bahan disiapkan barulah Anda bisa  mengikuti tahapan atau langkah langkah untuk cara membuat film sablon gradasi yang dilakukan secara manual ini, salah satunya adalah dengan menggunakan kertas HVS.

  1. Membersihkan screen yang nantinya akan diafdruk dengan menggunakkan kaporit dan soda api yang telah menjadi pembersih khususnya.

  2. Setelah dirasa screen mengering, barulah Anda bisa mencampurkan emulsi dan sensitizer secukupnya. Yang mana terlebih dulu Anda harus mencampurkan kedua cairan tersebut dengan menggunakan obat afdruk dan baru aduk dengan rata kedua campuran tersebut sebelum didiamkan selama 30 menit.

  3. Ambil kembali screen yang telah disiapkan dan oleskan dengan menggunakan obat afdruknya secara merata. Baik bagian dalamnya hingga bagian luarnya.

  4. Setelah itu keringkan screen yang sebelumnya telah diolesi dengan obat. Ingat, hindari untuk mengeringkannya tepat di bawah sinar matahari secara langsung.

  5. Siapkan gambar desain yang sebelumnya telah dicetak atau dibuat di atas kertas HVS, sebelum nantinya Adna meletakannya pada bagian screen terlebih dahulu Anda perlu untuk  membahasi kertas tersebut dengan kapas yang telah dicampur dengan minyak sayur atau minyak tanah dan bensin.

  6. Lanjutkan dengan meletakkan busa di atas posisi screen yang terbalik, jangan lupa untuk menambahkannya pemberat seperti batu ataupun kayu. Untuk mengeringkannya Anda bisa mencoba untuk menyinari screennya dengan lampu sealama kurang lebih 4 hingga 7 menitan.

  7. Lakukan semua tahapan dengan teliti dan tepat waktu. Hindari mengeringkan screen dengan waktu yang cukup lama.

  8. Basahilah bagian dalam hingga luar screen dengan menggunakan air, semprotkan air tersebutd engan merata hingga mencapai bagian pori pori screen yang terbuka.

  9. Setelah itu, bisa coba keringkan screen dengan menggunakan pengering rambut atapun kipas angin. Jika dirasa sudah kering, screen bisa langsung digunakan.

Cara Membuat Film Digital untuk Sablon Gradasi

Untuk cara membuat film sablon gradasi yang digunakan untuk keperluan sablon secara digitalnya, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi editing. Salah satunya seperti coreldraw.  Dalam prosesnya sendiri pada coreldraw sama sekali tidak mengenal istilah cabut warna. 

Oleh karenanya untuk bisa mengakalinya agar bisa memecah warna satu dengan yang lainnya Anda perlu mengelompokkan setiap warna yang akan digunakan terlebih dahulu. 

Dan yang paling perlu dipastikan adalah objek yang telah ada tidak boleh tumpang tindih, apalagi untuk outline yang biasa ada pada gambar itu sama ekali tak diperlukan. Outline sendiri akan digunakan saat Anda nantinya akan memberikan overprint/overlap. 

Ini tidak lain tujuannya adalah agar waktu proses yang dibutuhkan untuk sablon kaos ini sendiri tak memerlukan waktu yang cukup lama. 

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat film sablon gradasi. Untuk hasil yang lebih memuaskannya Anda bisa menentukan terlebih dulu metode sablon manual atau digital yang lebih memiliki hasil yang memuaskan.

Agar Anda jauh lebih mudah untuk cara membuat film sablon gradasi, maka nanti bisa menyimak ulasan kami di atas dan dijamin prosesnya jauh lebih mudah. Namun jika masih bingung dalam pembuatan sablon, khususnya untuk keperluan sablon tas, maka bisa menyerahkan semuanya kepada OSCAS.

OSCAS sudah dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam jasa pembuatan tas berkualitas dengan harga yang bersahabat. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi siapa saja yang ingin mendapatkan berbagai jenis tas.

Adapun produk tas dari OSCAS yang bisa Anda miliki, mulai dari tas sekolah, tas kantor, tas ransel anak dan tas custom sablon yang sesuai keinginan Anda. OSCAS menerima pelayanan pembuatan tas terbaik baik dalam bentuk eceran maupun partai. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi, tempat pembuatan tas murah, berkualitas dan bersahabat. OSCAS bisa menjadi solusinya.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini