Cara Menghilangkan Sablon dari jaket

Mudah, Beginilah 7 Cara Menghilangkan Sablon Dari Jaket!

Sablon pada jaket bisa jadi rusak atau lepas dikarenakan berbagai faktor. Oleh karenanya, jika diperlukan harus dihilangkan sablon tersebut dari Jaket agar jaket tetap indah dipandang.

Mudah, Beginilah 7 Cara Menghilangkan Sablon Dari Jaket!Hipwee
Menghilangkan sablon dari jaket

Elemen yang kini paling populer dari jaket adalah sablon dikarenakan sablon adalah yang paling mudah untuk diaplikasikan. Banyak orang menyukai jaket dengan pola dasar, namun desain sablon biasanya akan membuat lebih menarik. Sayangnya, desain sablon sederhana terkadang bisa membosankan bagi individu. Jika Anda salah satunya, Anda harus memahami cara menghilangkan sablon pada jaket.

Kebanyakan orang menghindari sablon pada pakaian seperti jaket, sweater atau hoodies. Namun, jika Anda menginginkan teknik cepat dan mudah untuk menghilangkan sablon dari jaket, Anda bisa menggunakan setrika misalnya. Selain itu terdapat beberapa cara menghilangkan sablon pada jaket yang bisa anda lakukan, sebagai berikut:

1. Menggunakan Bensin Untuk Menghilangkan Sablon 

Cara menghilangkan sablon dari jaket selanjutnya adalah dengan menggunakan bensin. Strategi ini mungkin tampak aneh, tetapi sangat efektif.  Anda bisa membalikkan bagian dalam jaket dan letakkan kain tipis dan kering di antara tepi jaket, terutama bagian yang dilapisi sablon. Kemudian tambahkan bensin ke bagian belakang cetakan jaket. Diamkan beberapa menit hingga bagian belakang sablon menjadi kaku, menandakan bensin sudah kering. 

Setelah itu, balikkan jaket dan keluarkan sablon dari tepinya. Prosedur ini harus dilakukan dengan pisau atau cutter, meskipun paku juga dapat digunakan untuk melepas sablon. Sablon terkena bensin menjadi sangat kaku dan mudah ditarik setelah dikeringkan. 

2. Menggunakan Cairan M3 Untuk Menghilangkan Sablon 

Cairan M3 biasanya tersedia di toko bahan kimia. Cairan M3 adalah cairan yang lebih encer. Cairan M3 ini dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai jenis sablon antara lain: 

  • Sablon penghilang jenis pigmen 

Teknik sablon ini merupakan kebalikan dari sablon ruber. Sebab, dulu sablon jenis ruber biasanya digunakan pada jaket berwarna gelap, sekarang sablon jenis pigmen digunakan pada jaket berwarna terang. Sablon ini memiliki kualitas seperti tinta yang dapat diaplikasikan pada serat kain. Proses penghilangan sablon yang banyak digunakan pada warna-warna cerah juga berbeda agar warna jaket tidak mudah pudar. 

Ada beberapa langkah untuk menghilang sablon tersebut. Pertama, basahi kain bersih dengan cairan M3 atau M4 sampai benar-benar jenuh. Oleskan kain lembab ke bagian belakang sablon sampai cairan benar-benar terserap. Setelah itu, biarkan  beberapa menit untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Akibatnya, lem sablon secara bertahap larut atau meninggalkan kerutan. Jika jaket sudah memiliki indikator ini, sikat sablon dengan sikat gigi atau sikat cucian sampai sablon dimulai. Setelah melalui semua prosedur, Anda bisa mencuci jaket seperti biasa. Gunakan deodoran pada jaket Anda agar baunya lebih harum dan terlihat lebih bersih. 

  • Penghilangan Sablon Jenis Glitter

Untuk menghilangkan sablon jenis ini, Anda memerlukan beberapa alat dan perlengkapan dasar termasuk kain kering dan bersih, pelarut M3 atau M4, dan sikat gigi atau sikat gosok. Setelah Anda mengumpulkan semua peralatan dan persediaan yang diperlukan, Anda dapat mencoba menghilang sablon dari jaket. 

Periksa apakah kain yang digunakan untuk mengoleskan cairan ini membasahi bagian belakang sablon. Kemudian oleskan secara merata sampai lem di lapisan bawah sablon juga naik. Jika polanya mulai berkerut, lepaskan polanya dengan pisau silet. Setelah selesai, bersihkan sisa lem dengan sikat gigi atau sikat kain. Ulangi sampai semua lem terlepas. 

Sablon seperti itu dapat dilihat pada banyak jaket wanita, di mana pernak-pernik bersinar melalui sablon. Sablon ini biasanya digemari karena memiliki warna yang lebih banyak dan terlihat lebih mewah. Apalagi saat glitter ini terkena cahaya, akan menciptakan kilau yang indah untuk dilihat. Setelah menggunakan teknik sablon ini, jaket dibersihkan secara efektif. Anehnya, beberapa orang menyukai sablon ini. 

Ada banyak cara untuk menghilangkan sablon dari jaket. Sebelum melepas jaket, ada baiknya mengetahui jenis sablon agar sablon dapat dibersihkan dengan baik. Mengetahui sablon mana yang disematkan memungkinkan Anda menghilangnya lebih cepat tanpa merusak jaket favorit Anda. 

3. Menghilangkan sablon dengan Pemutih

Selain bensin dan minyak kayu putih, Anda bisa menggunakan pemutih kain. Namun, jika jaket Anda berwarna putih, opsi ini lebih baik. Mantel Anda akan memudar apakah itu gelap atau terang, seperti merah atau hitam. Gunakan prosedur ini bahkan jika cetakan jaket halus dan mudah lepas selama pemeriksaan. 

Siapkan seember air panas, lalu campurkan dengan segenggam deterjen dan pemutih jaket dengan air sebanyak 100ml. Aduk campuran deterjen dan pemutih secara merata untuk melarutkannya. Kemudian letakkan jaket yang ingin Anda hapus sablonnya. Sebelum mencelupkan sablon, pastikan Anda menambahkan warna putih secukupnya. 

Biarkan jaket terendam selama lima menit sebelum menghilangkan sablon. Kemudian coba hilangkan pola sablon dengan paku. Jika masih tidak hilang, ulangi prosedur sebelumnya tiga atau empat kali lagi. Kemudian mulailah dengan mengoleskan cairan pemutih, lalu rendam dan gosok bulunya. Setelah sablon dilepas dengan benar, bilas dengan air agar sisa sablon tidak menempel pada bagian jaket lainnya. 

Meskipun ada teknik yang lebih aman untuk menghilangkan sablon dari jaket, tidak ada jaminan bahwa pola sablon akan terlepas dari jaket dengan benar. Lamanya sablon pada jaket juga mempengaruhi kelengketan sablon. Dibandingkan dengan sablon baru, sablon lama yang telah terpasang lama lebih mudah dilepas. 

4. Menghilangkan Sablon Dari Jenis Plastol 

Sablon plastol sering kali terdiri dari minyak atau PVC sehari-hari. Karena daya rekatnya yang sangat baik, sablon ini merupakan salah satu sablon yang paling mahal. Selain itu, meskipun ukurannya kecil, metode sablon ini dapat mencetak gambar atau teks dengan detail raster atau dot. Sablon ini membuatnya tidak hanya lebih tahan lama, tetapi juga lebih diminati. 

Untuk menghilangkan sablon ini Anda perlu membuat cairan M3 atau M4 yang sangat berhasil menghilangkan sablon. Langkah pertama dalam melepas sablon adalah membasahi kain bersih dengan cairan M3 atau M4 sampai benar-benar jenuh. Kemudian tempelkan kain pada bagian belakang sablon dan tunggu beberapa saat hingga cairannya menyerap lem sablon. 

Langkah selanjutnya dalam melepas sablon adalah memastikan lem terlepas dari sablon. Kerutan pada sablon menandakan bahwa lem sudah mulai larut. Sikat sablon dengan sikat gigi atau sikat pembersih. Untuk hasil terbaik, sablon dihilangkan secara bertahap dan produk dicuci seperti biasa. 

5. Menggunakan Setrika 

Ini adalah cara termudah untuk menghilang sablon. Alat ini sangat mudah didapatkan karena merupakan barang rumah tangga biasa. Selain tersedia, prosedur ini juga paling tidak berbahaya. Cukup setrika permukaan jaket sablon dengan suhu tinggi hingga desainnya mengelupas Namun, jaket harus disiapkan sedemikian rupa agar sablon tidak menempel pada setrika. 

Selain setrika dan kain kering, Anda membutuhkan alkohol dan pisau, atau Anda dapat menggunakan gunting atau mesin pemotong. Setelah semuanya siap, panaskan setrika selama 3-5 menit. Sesuaikan panas setrika sesuai dengan kain jaket Anda untuk menghindari kerusakan kain. Jangan menggunakan suhu yang terlalu panas dengan harapan hasil print cepat luntur karena dapat merusak warna jaket. 

Jika Anda tidak memiliki alas setrika, letakkan jaket pada tempat yang rata dan letakkan sablon di atasnya. Tempatkan kain yang agak tebal di belakang gagang tekan sablon jaket. Tempatkan kain di atas desain sablon yang ingin Anda hapus juga. Kemudian letakkan setrika panas langsung pada pola selama beberapa detik. Oleskan alkohol secara merata saat pola masih hangat. 

Jika sablon tampak kusut dan rusak, keluarkan dari pola dengan menariknya. Gunakan pisau, cutter atau gunting untuk mempermudah menghilangkan sablon. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak merusak jaket saat menggunakan pisau, cutter atau gunting. Ingatlah untuk berhati-hati agar sablon terhapus dengan bersih dan tidak meninggalkan bekas. 

6.    Menghilangkan Sablon Dari Jenis Polyflex

Mulai dari jenis Polyflex inilah dimulainya penggunaan mesin yang sering dalam sablon jenis ini. Hal ini terlihat dari fitur-fiturnya yang lebih tipis dan fleksibel dibanding yang lain. Gaya sablon ini dapat dilihat pada segala hal mulai dari kemeja hingga distro hingga jaket. Konon bekas sablon ini cukup mudah dihilangkan. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti alkohol, setrika dan kain dasar. 

Setrika harus dipanaskan selama 3-5 menit sebelum digunakan. Kemudian letakkan kain di atas jaket agar setrika tidak langsung menyentuh sablon. Setelah itu, letakkan setrika di atas lembaran kain dan diamkan selama 5-7 detik. Setelah dirasa berhasil, angkat setrika dan mulailah menambahkan alkohol ke sablon yang masih hangat. 

Mengoleskan alkohol menyebabkan sablon akan mengkerut, yang dapat dihilangkan jika kerutan tersebut menunjukkan sablon. Kain dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan ini. Langkah selanjutnya adalah mencuci jaket Anda seperti biasa untuk menghilangkan sablon. Cara menghilangkan sablon ini mudah digunakan, namun tergantung dari bahan polyflex yang digunakan. Jika sablon pada jaket cukup tipis, itu bisa dilepas tanpa alkohol. 

7.    Menghilang Sablon Dari Jaket Dengan Hairdryer Panas

Hairdryer juga dapat digunakan di rumah. Pengering rambut biasanya memiliki alat yang mengeluarkan udara panas, memberikan fungsi yang sama seperti setrika. Namun, jika sablon benar-benar tipis dan sebagian besar rusak, itu akan jauh lebih efektif. Karena panas hairdryer tidak sekuat setrika. 

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan sablon jaket dengan pengering rambut, udara panas langsung di atas sablon dan tunggu sampai sablonnya kusut. Setelah menyusut, Anda bisa mulai memotong dengan pisau atau gunting agar lebih mudah.

Selain tips diatas, Anda dapat memiliki jenis tas yang berkualitas bagus dan bisa digunakan dengan baik saat anda bekerja. Beragam jenis tas yang unik dari pabrikan yang paling direkomendasikan untuk pembuatan tas adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas mampu membuat tas warna hitam berkualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tas seminar sampai tas hangout.

 

Topik Terkait:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini