Acara yang sukses berawal dari promosi yang tepat

16 Cara Mempromosikan Acara yang Efektif dan Kreatif

Ingin acara kamu sukses dan dihadiri banyak pengunjung? Simak 16 cara mempromosikan acara yang efektif dan menarik di artikel ini.

16 Cara Mempromosikan Acara yang Efektif dan Kreatif

Mau punya acara yang sukses dihadiri banyak pengunjung? Cari tahu bagaimana cara mempromosikan acara paling efektif dan kreatif.

Sejatinya, ada banyak cara promosi yang bisa kamu lakukan, baik gratis maupun berbayar. Tujuannya sama, yaitu menjangkau target dan memperkenalkan acara. 

Di artikel ini, kamu akan mendapat hingga 16 ide promosi acara lewat berbagai saluran. Simak sampai akhir, ya!

Cara Mempromosikan Acara di Berbagai Saluran

Berikut cara-cara yang patut kamu coba untuk mempromosikan sebuah acara:

1. Tentukan target audiens acara kamu

Sebelum mempromosikan acara, ketahui dulu siapa target audiensnya. 

Audiens adalah orang-orang yang berpotensi tertarik menghadiri acaramu. 

Dengan memahami target audiens, kamu bisa menyesuaikan pesan dan media promosi.

Misalnya, jika target audiens kamu adalah anak muda, maka media sosial seperti Instagram, TikTok atau YouTube kemungkinan lebih efektif.

2. Buat landing page untuk acara kamu

Landing page adalah halaman web yang berisi informasi acara, termasuk formulir pendaftaran atau pembelian tiket. 

Landing page berguna untuk mengonversi pengunjung menjadi peserta acara. 

Buatlah halaman dengan desain yang simpel, menarik, informatif dan persuasif.

3. Gunakan media sosial untuk membangun buzz

Selanjutnya, manfaatkan cara mempromosikan acara gratis lewat media sosial. 

Gunakan media sosial untuk membangun buzz dan kesadaran target audiens tentang acara kamu. 

Beberapa tips bermedia sosial untuk kebutuhan promosi acara antara lain:

  • pilih jenis media sosial sesuai target dan konsep acara,
  • buat akun khusus untuk acara,
  • buat konten yang menarik dan bervariasi,
  • ajak pengikut berinteraksi dengan konten kamu,
  • bagikan informasi terbaru secara rutin,
  • buat kontes atau giveaway untuk meningkatkan engagement.

4. Manfaatkan email marketing

Email marketing masih relevan sebagai cara mempromosikan acara yang efektif saat ini. Salah satu tujuannya yaitu meningkatkan loyalitas peserta. 

Kamu bisa menggunakan email marketing untuk mengirimkan informasi penting tentang acara kamu kepada orang-orang yang tertarik. 

Namun, untuk mengaplikasikan cara ini, kamu perlu memiliki daftar email target terlebih dahulu.

5. Buat blog post tentang acara kamu

Blog post juga menjadi cara promosi acara yang efektif, khususnya jika kamu punya website yang sudah punya otoritas, contohnya website resmi kampus.

Membuat blog post dapat meningkatkan visibilitas acara kamu di mesin pencari.

Caranya, bahas hal-hal yang berkaitan dengan niche atau topik acara kamu di artikel.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menggelar acara seminar tentang menulis, maka bahas hal-hal seputar menulis. Jangan lupa juga optimalkan SEO artikelnya.

6. Buat video promosi untuk acara kamu

Cara lainnya adalah dengan membuat video promosi. 

Konten video saat ini memang sangat mudah menarik perhatian dan emosi audiens. 

Tidak punya skill videografi? Bikin saja video promosi acara kamu dengan alat-alat online seperti Canva, Animoto, atau InVideo.

Kuncinya, buat video yang pendek dan padat, menunjukkan nilai acara, mencantumkan teks atau caption, dan call to action yang jelas.

7. Promosikan acara melalui podcast

Podcast telah berkembang menjadi media massa dengan audiens yang luas selama beberapa tahun belakangan.

Media ini terbukti menjadi cara mempromosikan acara yang efektif untuk meningkatkan awareness

Kamu bisa memulai podcast sendiri tentang acara kamu atau promosi berbayar di podcast lain yang sudah lebih terkenal. 

8. Menggelar webinar seputar acara kamu

Webinar alias seminar online saat ini sering jadi pilihan karena praktis. Platformnya antara lain Zoom, Google Meet, Skype, atau YouTube. 

Buat kamu yang ingin membuat webinar untuk promosi acara, pembahasannya wajib relevan dengan acara kamu. 

Selain itu, webinar sebaiknya juga menghadirkan pembicara yang mungkin dapat menarik minat audiens terhadap acara utamanya.

9. Buat flyer atau poster untuk acara kamu

Cara mempromosikan acara yang kesembilan adalah melalui flyer atau poster.

Sebarkan flyer di tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi oleh target audiens kamu, misalnya kampus, kantor, mall, dan lain-lain.

Buat flyer menggunakan Canva, PosterMyWall atau Adobe Spark. Template-nya memudahkan kamu dalam membuat desain.

Ukuran flyer juga harus disesuaikan dengan media yang akan kamu gunakan, apakah itu berupa cetak, online atau outdoor.

10. Kirim press release di media online

Kirimkan press release sebelum acara berlangsung agar media memberitakan acara kamu. 

Dengan mengirimkan press release ke media nasional, acara kamu berkesempatan mendapat eksposur besar. 

Manfaatkan penerbitan press release gratis di beberapa media atau terbitkan di media manapun yang kamu mau melalui jasa agensi.

Sebuah press release akan tayang di media jika isinya memang layak diberitakan. Jadi, buatlah konten yang benar-benar menarik.

11. Buat event di Facebook untuk acara kamu

Fitur event di Facebook jarang dimanfaatkan, padahal cukup powerful, terlebih untuk mempromosikan acara dengan target audiens berumur 18-44 tahun.

Fitur ini dapat meningkatkan awareness di antara para pengguna Facebook tertarget.

Buat event di Facebook dengan judul yang menarik, cover, mengandung keyword tertentu, dan deskripsi yang informatif. 

Undang teman sebanyak-banyaknya ke event agar mereka mengetahui tentang acara kamu.

12. Iklan berbayar

Iklan berbayar di platform online seperti Google, Facebook, Instagram, YouTube, atau TikTok akan efektif jika kamu punya anggaran lebih.

Cara mempromosikan acara dengan metode berbayar tentunya akan lebih mudah menjangkau audiens tertarget. 

Akan tetapi, kamu wajib mengetahui tentang metode-metode beriklan online supaya tidak boncos.

Hal-hal yang penting untuk dipertimbangkan antara lain:

  • tujuan dan anggaran iklan,
  • platform iklan yang sesuai,
  • pesan yang jelas dan persuasif
  • keyword yang relevan dan spesifik.

Gunakan fitur remarketing, lookalike audience atau custom audience untuk meningkatkan efektivitas iklan.

13. Kolaborasi dengan influencer

Kolaborasi dengan influencer akan membangun kepercayaan audiens. 

Akan tetapi, kamu tidak perlu menghabiskan anggaran untuk influencer besar. Ajak kolaborasi influencer mikro asalkan audiensnya sesuai target.

Tips lainnya, pilih influencer yang memiliki reputasi baik supaya tidak mencoreng kredibilitas acara.

Selain itu, buat kesepakatan yang jelas dengan influencer soal hak dan kewajiban masing-masing.

Bebaskan influencer membuat konten sekreatif mungkin. Kamu cukup memberikan arahan agar informasi tersampaikan dengan benar.

14. Gandeng sponsor atau mitra untuk acara kamu

Sebelumnya sudah ada pembahasan lengkap soal cara mendapatkan sponsor untuk event

Intinya, sebuah sponsor sangat mungkin menarik lebih banyak audiens yang berasal dari konsumen loyal mereka.

15. Pemasaran word of mouth

Strategi pemasaran word of mouth contohnya membuat program referral atau afiliasi. Misalnya, memberikan diskon jika mengajak teman atau membeli tiket. Bisa juga berupa testimoni atau ulasan yang dicantumkan pada konten-konten kamu. 

16. Buat merchandise untuk acara kamu

Terakhir, promosikan acara kamu dengan merchandise.

Membagikan merchandise bisa jadi cara mempromosikan acara yang efektif untuk branding

Bagikan merchandise pada hari penyelenggaraan acara di tempat-tempat strategis seperti booth, stand, kios, dan lain sebagainya.

Jika kamu membutuhkan mitra untuk produksi merchandise khususnya tas, hubungi konveksi tas OSCAS.CO.ID. Dapatkan penawaran menarik untuk acara kamu.

Penutup

Kamu tentunya tidak perlu menggunakan semua cara mempromosikan acara di atas sekaligus. Pilih saja salah satu atau kombinasikan cara-cara yang paling sesuai dengan tujuan, anggaran dan sumber daya kamu. Semoga bermanfaat!

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini