Gunakan Contoh Teks Memimpin Rapat, Ternyata Gampang Banget!

Untuk Anda yang masih kenbingungan bagaimana menjadi pemimpin rapat atau bingung masalah alur proses rapat, maka bisa menggunakan contoh teks memimpin rapat dari OSCAS yang mudah sekali untuk dihafalkan.

Gunakan Contoh Teks Memimpin Rapat, Ternyata Gampang Banget!pexels/Christina MorilloChristina Morillo

Dalam sebuah rapat tentunya ada seorang pemimpin yang memimpin jalannya sebuah pertemuan, pasti perlu contoh teks memimpin rapat. Menjadi pemimpin pada rapat seperti ini harus sudah terlatih dan juga profesional. 

Untuk seseorang yang tidak pernah memimpin sebuah rapat tentunya hal ini menjadi hal yang baru dan akan membuat Anda mudah sekali gugup hingga merasa panik. Akhirnya saat hal itu terjadi Anda bicarakan terdengar tergesa dan kurang jelas.

Di sinilah peran penting sebuah contoh teks memimpin rapat yang bisa Anda gunakan dalam pembukaan sebuah rapat, yaitu sebagai berikut:

Pembukaan

“Selamat siang kepada semuanya yang hadir. Salam sejahtera untuk semuanya
Yang terhormat kepada (Anda dapat menyimpulkan nama pimpinan hingga juga jabatan)
Yang kami hormati (menyebutkan pimpinan kedua serta jabatannya juga)
Dan juga yang kami hormati seluruh staf dan seluruh peserta yang telah hadir dalam pertemuan ini.”
(Untuk memimpin sebuah rapat dalam lingkungan dan dengan pemimpin tertinggi tentunya harus sesuai dengan tempatnya)

“Segala puji bagi Allah SWT. Pada-Nya yang telah menciptakan manusia dan mengajari semua pengetahuan di alam semesta. Kami semua dapat berkumpul dalam rapat (Anda dapat menyebutkan tema dalam kegiatan) pada pagi hari ini. Semoga kita semua senantiasa dilimpahkan rezeki dan juga kemudahan dalam menghasilkan sebuah mufakat.”
(Dalam pembukaan harus menyesuaikan background dan juga acara pada hari tersebut)

“Hadirin yang kami hormati. Sebelum kita semua masuk dalam acara inti. Alangkah baiknya jika saya membacakan susunan acara sebagai berikut:

•    Pembukaan 
•    Sambutan 
•    Laporan program kerja 
•    Coffee break atau snack
•    (dan acara lainnya yang bisa Anda sebutkan di sini)
•    Doa dan penutup

Untuk mempersingkat waktu pada rapat hari ini. Mari kita mulai hari ini dengan bacaan Al-fatihah (membaca alfatihah dalam hati secara bersamaan)”.

Selanjutnya Anda bisa menyebutkan acara selanjutnya dan mempersilahkan pada sambutan pertama.

Kata Sambutan

“Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama adalah Bapak (Anda dapat mengatakan nama dan juga jabatan) waktu dan tempat kami persilahkan.”

Selanjutnya sambutan kedua, kepada Bapak (Anda dapat menyebutkan nama dan jabatan) waktu dan tempat kami persilahkan.”
(Selanjutnya sambutan ketiga dan seterusnya dengan cara yang sama). 

Fungsi Penyampaian Laporan Program Kerja

“Acara selanjutnya adalah laporan oleh Bapak / Ibu (Sebutkan nama dan juga jabatan), waktu dan tempat kami persilahkan.’

(Di sini Anda dapat menyampaikan laporan kerja yang telah dipersiapkan dengan jelas)

Dalam sesi ini pastikan Anda membuat sedikit lelucon agar rapat tidak cenderung monoton dan membosankan. Contoh teks memimpin rapat seperti ini akan membantu Anda dalam mengatasi panik maupun jenuh. 

Coffee Break atau Istirahat

“Hadirin yang terhormat. Acara selanjutnya adalah coffee break serta istirahat. Para hadirin dipersilahkan untuk menikmati hidangan dan juga makanan yang telah disediakan. Kegiatan yang satu ini memiliki waktu 20 menit. Selamat dan Silahkan menikmati.”

Biarkan semua peserta menikmati waktu istirahat dengan tenang tanpa menginterupsi mereka dengan apapun. 

Sesi Kesimpulan dan Keputusan

“Alhamdulillah, semuanya telah berjalan lancar. Dengan semua rangkaian rapat yang telah dilakukan dan diikuti. Kita mendapatkan kesepakatan yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk program kerja periode 2021-2022. Keputusan ini telah kita sepakati secara bersama melingkupi: 

Keputusan 1 (Anda dapat menyebutkan keputusan apa saja yang telah disepakati, berlaku untuk keputusan 2, 3 dan seterusnya)

Semoga semua keputusan yang telah kita sepakati ini dapat bermanfaat dan lancar untuk kedepannya.”

Doa dan Penutup

“Sebelum akhirnya kita memasuki akhir acara rapat. Ada baiknya jika kita berdoa secara bersama untuk keputusan yang nantinya dapat memberikan manfaat bagi kita semua di masa depan. 

Pada bapak/Ibu( Sebutkan nama orang yang akan memimpin doa), waktu dan tempat kami persilahkan untuk beliau.

Acara rapat pada pagi hari ini resmi berakhir. Saya selaku sebagai pemimpin rapat hari ini meminta  maaf sebesar-besarnya jika melakukan sebuah kesalahan pada tutur kata ataupun perilaku.

Terima kasih dan selamat siang. Wassalamualaikum wr.wb.”

Beberapa contoh teks memimpin rapat secara resmi yang bisa Anda jadikan pedoman dan rekomendasi. Anda dapat menyesuaikan nama tempat, acara dan juga background yang sesuai dengan yang Anda lakukan. 

Untuk menghindari rasa bosan dan lesu hingga jenuh yang dirasakan oleh peserta. Ada baiknya jika anda melakukan sedikit candaan ringan untuk memberikan suasana yang lebih segar dan juga terasa hidup.

Anda juga dapat menyesuaikan sambutan hingga salam dengan agama masing-masing. Jika memang mayoritas muslim, maka Anda bisa mengatakan sambutan Islami. Jika memang kebanyakan Kristen, maka Anda juga bisa menggunakan kata sambutan dengan sesuai agama mereka.

Tetapi jika ingin terlihat Netral Anda bisa mengatakan dengan sambutan yang umum sehingga tidak menyinggung sebuah agama satu sama lain. Itulah beberapa contoh teks memimpin rapat yang bisa Anda gunakan dan bisa menjadi referensi agar bermanfaat untuk ke depannya. 

Biasanya untuk setiap rapat, bisa diberikan bingkisan jika memang itu pertemuannya dengan direksi atau pihak dari luar. Tujuannya untuk memberi kesan terbaik. Salah satu bingkisannya adalah tas. Bisa tas dari perusahaan yang Anda tempati sebagai ciri khas setiap kali rapat dalam skala besar.

Untuk memesan tas seminar bisa langsung menghubungi OSCAS yang sudah berpengalaman menghandle produksi jasa pembuatan tas yang bersifat partai dalam jumlah banyak. Di OSCAS berbagai macam tas dan desain bisa sesuai keinginan Anda.

Sehingga untuk keperluan tas seminar, tas sekolah, tas kantor atau tas lainnya, Anda bisa mempercayakan semuanya kepada OSCAS. Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 2015 dan berpengalaman untuk pembuatan tas dalam bentuk apapun. Harga dijamin terjangkau dan kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini