Perbedaan acara gathering dan outing kantor

Gathering & Outing: Apa Perbedaanya? Contoh & Manfaat

Simak perbedaan gathering dan outing, dua jenis acara kumpul bersama yang sering diselenggarakan oleh perusahaan atau komunitas.

Gathering & Outing: Apa Perbedaanya? Contoh & Manfaat

Perusahaan atau organisasi seringkali mengadakan acara kumpul sebagai sarana rekreasi anggotanya. Namun, tidak jarang panitia penyelenggara bingung dengan perbedaan gathering dan outing.

Katakanlah perusahaan kamu ingin menggelar sebuah acara yang bisa membuat karyawan jadi lebih termotivasi sekaligus kompak. Kira-kira, mana jenis acara yang tepat?

Supaya tidak salah pilih, simak penjelasan tentang pengertian, contoh dan manfaat masing-masing jenis acara tersebut.

Gathering Itu Apa?

Gathering adalah kegiatan berkumpul bersama yang diselenggarakan oleh perusahaan, komunitas atau keluarga di waktu tertentu. Acara ini bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan, tergantung tema acara.

Di acara gathering peserta akan mempelajari banyak hal sambil menikmati berbagai macam hiburan. Oleh karena itu, biasanya gathering berlangsung selama seharian penuh atau bahkan beberapa hari.

Kegiatan gathering misalnya makan bersama, hiburan musik, permainan, kunjungan ke tempat wisata, namun sesekali juga ada kegiatan team building.

Contoh gathering perusahaan adalah employee gathering, family gathering dan customer gathering. Jika Anda ingin membuat acara ini, cari tahu apa saja contoh tema gathering yang menarik.

Apa Itu Outing?

Outing kantor adalah kegiatan luar ruangan atau di alam terbuka yang diikuti karyawan perusahaan. Tujuannya kurang lebih sama seperti gathering.

Perbedaan outing dan gathering, kegiatan outing tidaklah terlalu formal dengan tema lebih bebas. Saat outing, peserta juga akan banyak melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Contoh outing kantor adalah berkunjung ke tempat wisata alam. Di sana, para peserta melakukan aktivitas outdoor atau permainan yang melibatkan kerja sama tim.

Biasanya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian panitia memberi tugas yang harus dikerjakan bersama. Dari sinilah kekompakan tim akan terbangun.

Di sisi lain, kadang-kadang outing juga cuma berupa kegiatan outbound untuk sekadar hiburan. Jadi, secara umum outing bisa selesai hanya dalam beberapa jam.

Manfaat Acara Gathering & Outing

Dari penjelasan perbedaan gathering dan outing barusan, keduanya kurang lebih menawarkan manfaat yang sama bagi para peserta, antara lain:

  • Menjadi sarana rekreasi bagi para peserta acara yang sudah penat dengan kegiatan sehari-hari.
  • Membangun kebersamaan antara para peserta acara sehingga memunculkan rasa tanggung jawab, kepedulian dan setia kawan.
  • Membentuk hubungan yang harmonis antara perusahaan dan karyawan, karyawan dan keluarga atau perusahaan dan pelanggan.
  • Meningkatkan loyalitas peserta dengan perusahaan.
  • Mendapatkan inspirasi atau ide-ide baru dari kegiatan yang dilakukan sehingga bermanfaat dalam pekerjaan.

Perbedaan Gathering dan Outing

Outing merupakan salah satu bentuk dari acara gathering, namun tidak semua gathering adalah kegiatan outing.

Perbedaan utama antara gathering dan outing adalah tempat penyelenggaraan acaranya. Outing harus di luar ruangan, tetapi gathering bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. 

Selain itu, waktu kegiatannya juga sedikit berbeda. Gathering memakan waktu lebih lama karena agendanya padat. Sementara outing memungkinkan digelar dalam waktu singkat.

Kegiatan yang dilakukan saat gathering dan outing pun agak berbeda. Namun, intinya kedua acara sama-sama ingin memberikan hiburan sambil melatih kekompakan antara pesertanya.

Penutup

Sekarang sudah jelas kan soal perbedaan gathering dan outing? Kedua jenis acara kumpul bersama ini memang sering diselenggarakan oleh perusahaan atau organisasi. Keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama. 

Jika perusahaan Anda berencana menggelar acara gathering atau outing, jangan lupa siapkan suvenir seperti tas. Konveksi tas OSCAS.CO.ID siap membantu Anda mempersiapkan semuanya dengan kualitas terbaik.

Topik Terkait:
Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini