Penjelasan definisi pelatihan secara mendalam

Pengertian Pelatihan adalah Apa? Ini Penjelasannya!

Pengertian pelatihan adalah apa? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pelatihan agar Anda paham tentang hal tersebut dan tahu apa manfaatnya bagi karyawan maupun bagi perusahaan.

Pengertian Pelatihan adalah Apa? Ini Penjelasannya!

Pernahkah Anda mendengar tentang pelatihan atau yang juga dikenal training? Pemahaman seputar pelatihan menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Di dunia kerja, pelatihan biasanya berfokus pada penyediaan keterampilan khusus kepada karyawan atau membantu mereka memperbaiki kekurangan dalam kinerja mereka.

Pelatihan juga dapat didefinisikan sebagai proses pembelajaran jangka pendek yang melibatkan perolehan pengetahuan, mengasah keterampilan, konsep, dan aturan, atau mengubah sikap dan perilaku untuk meningkatkan kinerja karyawan. Setelah diterima kerja, umumnya karyawan akan mendapatkan pelatihan.

Setelah seorang karyawan dipilih, ditempatkan, dan diperkenalkan ke sebuah perusahaan, ia harus diberikan fasilitas pelatihan untuk melakukan pekerjaannya secara efisien dan efektif. Pelatihan mengarah pada kegiatan yang memberikan pembelajaran bagi karyawan agar memiliki keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.

Apa itu Pelatihan?

Secara umum, pengertian pelatihan adalah proses sosial yang berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan efisiensi karyawan untuk kinerja perusahaan yang lebih baik. Pelatihan dirancang untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan kinerja perusahaan.

Agar lebih memahami tentang pelatihan, kita dapat melihat beberapa pengertian pelatihan menurut para ahli. Garry Dessler mengatakan bahwa pelatihan merupakan proses mengajar karyawan baru tentang keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. 

Menurut Edwin B. Flipp, pelatihan adalah tindakan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seorang karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sedangkan, menurut Jack Halloran, pelatihan adalah proses transmisi dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pemecahan masalah.

Lain halnya dengan Michael J. Julius yang mengatakan bahwa pelatihan adalah proses di mana bakat, keterampilan, dan kemampuan karyawan melakukan pekerjaan tertentu meningkat.

Berbeda halnya dengan Dale S. Beach, yang mengatakan bahwa pelatihan adalah prosedur terorganisir di mana orang mempelajari pengetahuan dan meningkatkan keterampilan untuk tujuan tertentu. Pada dasarnya, pelatihan memiliki pengertian yang berbeda-beda, tetapi intinya tetap sama.

Pelatihan dapat membantu menginformasikan atau menginstruksikan karyawan dalam sebuah perusahaan tentang tugas tertentu untuk membantu mereka meningkatkan kinerja atau pengetahuan mereka. Jika karyawan dituntut untuk melakukan pekerjaan mereka dengan standar setinggi mungkin, maka mereka harus dilatih secara efektif dan efisien.

Pelatihan yang efektif menunjukkan bahwa kegiatan telah mencapai hasil tertentu yang diperlukan. Selain itu, karyawan juga perlu mendapatkan atau mempertahankan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, mengarahkan orang lain untuk melakukan pekerjaan dan untuk mengawasi pekerjaan.

Baca juga : Pengertian Bimtek Adalah Apa? Ini Penjelasannya!

Pentingnya Pelatihan Bagi Karyawan dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Pelatihan penting karena menciptakan peluang bagi karyawan untuk memperluas basis keterampilan mereka dan meningkatkan kemampuan kerja mereka, sehingga mendorong karyawan menjadi lebih produktif di tempat kerja. Pelatihan dapat memberikan dampak positif dalam berbagai cara, mulai dari meningkatkan kinerja karyawan hingga memperkuat budaya perusahaan (corporate culture).

Tak hanya penting bagi karyawan, pelatihan juga memberikan manfaat bagi perusahaan. Jika Anda merupakan pemimpin dalam perusahaan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja keuntungan memberikan pelatihan bagi karyawan. Ada banyak manfaat yang didapatkan perusahaan jika memberikan pelatihan bagi karyawan, salah satunya sebagai berikut ini:

1. Menanggapi Perubahan Industri

Di sektor manapun Anda berada, segala sesuatunya mungkin berubah dan berkembang dengan cepat. Jika Anda ingin karyawan dan bisnis Anda tetap up to date dengan perubahan industri terbaru, Anda perlu memberikan kesempatan pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan untuk karyawan Anda.

2. Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh setiap karyawan secara langsung akan mempengaruhi motivasi, produktivitas, loyalitas dan pandangan masa depan mereka. Rasanya sulit dapat mengharapkan karyawan untuk bekerja secara maksimal, jika mereka tidak merasa bahagia dan puas dengan pekerjaannya.

Sebagian besar karyawan sadar bahwa dunia kerja berubah dengan cepat, sehingga mereka mencari tempat kerja yang memungkinkan mereka dapat berkembang. Sebagai pemberi kerja, sudah menjadi tugas Anda untuk memberi karyawan Anda kesempatan menikmati pekerjaan mereka dan bangga dengan apa yang mereka lakukan.

3. Mengurangi Perputaran Karyawan

Perputaran karyawan atau yang juga sering disebut sebagai turnover karyawan bisa memberikan dampak buruk bagi perusahaan. Bukan hanya mengganggu kinerja perusahaan, perputaran karyawan juga membutuhkan biaya yang cukup besar dan memakan waktu berbulan-bulan atau lebih.

Biaya rata-rata untuk mengganti seorang karyawan berkisar dari sekitar sepertiga hingga dua kali gaji tahunan mereka, tergantung pada tingkat dan kompleksitas posisi mereka. Menawarkan pelatihan karyawan menjadi salah satu cara yang mudah dan efektif untuk mengurangi turnover. Menurut LinkedIn Learning, 94% karyawan mengatakan mereka akan menetap di perusahaan lebih lama jika perusahaan berinvestasi dalam pengembangan mereka.

4. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Keterlibatan karyawan sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Menurut survei Gallup, perusahaan dengan keterlibatan tertinggi 23% lebih menguntungkan daripada perusahaan dengan keterlibatan terendah. Pelatihan karyawan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.

Pelatihan dan pengembangan memotivasi karyawan untuk terlibat dan berpartisipasi dalam inisiatif perusahaan, sehingga dapat mendorong tingkat akuntabilitas yang lebih tinggi. Menurut laporan LinkedIn Learning, karyawan yang merasa memiliki ruang untuk belajar dan berkembang di perusahaan mereka memiliki kemungkinan 3,5 kali lebih besar untuk terlibat di perusahaan.

Rekomendasi Hadiah untuk Diberikan Selama Program Pelatihan Karyawan

Bagi Anda yang mengadakan pelatihan karyawan, ada baiknya Anda juga memberikan hadiah selama program tersebut berlangsung. Pemberian hadiah dapat meninggalkan kesan abadi bagi karyawan yang menerimanya. Selain berkesan, hadiah yang Anda berikan juga harus berguna.

Memang ada banyak barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah untuk karyawan, tetapi tas dianggap sebagai salah satu opsi yang paling direkomendasikan. Menurut The Hamper Emporium, tas merupakah hadiah yang cocok untuk karyawan. Tas dapat menambah kesan menyenangkan dan sempurna untuk memotivasi karyawan.

Jika ingin membeli tas dalam jumlah banyak, pastikan Anda hanya melakukannya di OSCAS. Berdiri sejak tahun 2015, OSCAS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan tas. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membuat tas, tentu sudah tidak diragukan lagi hasil dan kualitas tas produksi OSCAS.

OSCAS memproduksi berbagai macam tas mulai dari tas seminar, tas kantor, tas ransel, tas sekolah, tas goodie bag, tas wanita, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat memilih tas sesuai dengan kebutuhan Anda. OSCAS siap membuat tas untuk berbagai keperluan Anda dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

Demikian penjelasan tentang pengertian pelatihan adalah dan apa saja manfaatnya bagi karyawan maupun untuk perusahaan. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang hal tersebut ya!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini