Tips Memilih Baju yang Cocok Untuk Family Gathering

Memilih baju yang cocok untuk menghadiri acara family gathering bisa sangat memusingkan! Untuk membantu Anda, ikuti panduan berikut ini!

Tips Memilih Baju yang Cocok Untuk Family GatheringPexels by Quang Nguyen Vinh

Anda bingung bagaimana menentukan baju yang cocok untuk family gathering? Simak artikel ini untuk dapatkan tips-tipsnya! Sebagian besar dari Anda pasti setuju bahwa selama perjalanan hidup dari anak-anak hingga dewasa awal, mudah untuk berjumpa dan berinteraksi dengan keluarga Anda setiap hari. 

Namun, ketika Anda bertambah tua dan memulai keluarga di rumah Anda sendiri, pertemuan tersebut bisa menjadi lebih jarang. Inilah sebabnya mengapa acara family gathering bisa menjadi cara yang bagus tetap menjalin silaturahmi dan menjaga keharmonisan keluarga. 

Family gathering memberi setiap orang kesempatan untuk bertemu ketika mereka mungkin memiliki rencana liburan alternatif juga. Ini adalah waktu yang tepat untuk berbaur dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga dan merencanakan berbagai aktivitas seru untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. 

Tetapi setelah lokasi dan jadwal kegiatan sudah fix, ternyata Anda masih perlu memikirkan baju apa yang cocok untuk dikenakan saat family gathering. Bagaimana caranya menentukan baju yang pas dengan tema acara namun tetap nyaman dan serasi sehingga semua anggota keluarga tampak serasi? 

Tips Menentukan Baju yang Cocok Untuk Family Gathering

Bagi Anda yang merencanakan acara family gathering dan bingung bagaimana memilih baju yang cocok untuk seluruh anggota keluarga, ikuti panduan singkat ini yang akan menunjukkan tips-tips berguna untuk acara tersebut:

1. Tanyakan Perihal Dress Code

Saat menghadiri acara family gathering, pasti Anda tidak ingin penampilan Anda terlihat lebih mencolok alias tidak serasi dengan anggota keluarga yang lain. Maka dari itu, penting untuk menanyakan dress code terlebih dahulu jauh hari sebelum acara. 

Untuk acara family gathering yang merupakan acara informal atau semi formal, biasanya menggunakan dress code casual. Dress code ini mengusung konsep santai, nyaman, dan membuat pemakainya lebih percaya diri. 

Untuk menentukan jenis pakaiannya, tentu Anda perlu menyesuaikannya dengan tema acara family gathering yang sudah direncanakan. Misalnya jika acara bertema teamwork atau challenges, pakaian kaos oblong atau sweater akan jadi pilihan yang tepat. Namun, jika temanya tentang motivasi, kegembiraan, atau kreativitas, maka boleh juga memakai gaun, dress, atau kemeja sebagai pilihan baju yang cocok untuk family gathering.

2. Sesuaikan dengan Cuaca

Di musim kemarau mulai bulan April hingga September, banyak acara yang bisa diadakan di luar ruangan. Tetapi meskipun acara family gathering diadakan di dalam ruangan, penting untuk memperhatikan cuaca sehingga Anda dapat berpakaian sesuai. 

Periksa cuaca sebelumnya dan pastikan juga Anda memeriksa hari dan memperhitungkan durasi acara. Jika acara berlangsung dari siang hingga malam, pastikan Anda menghimbau semua anggota keluarga untuk membawa jaket agar tetap hangat saat malam tiba.

Selain itu, penting untuk memperhatikan lokasi dan medannya. Misalnya, Anda tentu tidak dianjurkan memakai sepatu hak jika acaranya di luar ruangan , apalagi di halaman yang berumput atau di tanah. 

Perhatikan juga medannya, jika Anda berpikir untuk memilih gaun panjang sebagai baju yang cocok untuk family gathering bagi anggota keluarga perempuan, pastikan medan lokasi yang sudah ditentukan tidak berada di tempat terbuka.

3. Pastikan Baju yang Dipilih Membuat Anggota Keluarga Merasa Nyaman

Percaya diri adalah aksesori terbaik saat menghadiri sebuah acara. Oleh sebab itulah, jika Anda yakin dengan baju yang Anda kenakan, Anda akan merasa lebih percaya diri. Jadi, saat memutuskan baju apa yang cocok untuk family gathering, ada baiknya jika Anda berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain untuk mengetahui pendapat mereka soal aspek kenyamanan.

4. Sepakati Bersama Keluarga

Saat menentukan pakaian untuk acara family gathering, pastikan Anda juga meminta gagasan dari anggota keluarga lainnya. Baik itu soal jenis baju, warna, bahan, atau yang lainnya. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak-anak atau lansia, biasanya memerlukan jenis pakaian tertentu yang lebih diutamakan. 

Namun, terlepas jadi dress code yang telah disepakati, sah-sah saja kok untuk membawa unsur individualitas ke dalam tampilan. Tidak harus tersiksa dengan aturan berpakaian yang membuat tidak percaya diri selama acara berlangsung. 

Misalnya, jika dress code yang disetujui adalah kasual berwarna merah. Anda bisa menghimbau anggota keluarga lain untuk bebas mengenakan aksesoris sesuai selera dengan warna yang lain yang relevan. Anda bebas, mau mengenakan topi atau kacamata hitam, blazer abu-abu, hijab maroon, atau yang lainnya untuk menunjukkan keunikan masing-masing.

Baju yang Cocok untuk Family Gathering Berdasarkan Lokasi

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan baju yang cocok untuk family gathering adalah lokasi, tema dan cuacanya. Untuk menginspirasi, Anda bisa lihat ulasan di bawah ini!

1. Untuk Reuni Piknik Outdoor

Jika Anda memiliki banyak anggota keluarga, akan lebih mudah untuk berkumpul di luar ruangan karena dapat menampung banyak tamu. Misalnya di tempat wisata outbound, wisata hutan pinus, taman, atau yang lainnya. 

Tempat tersebut dinilai mampu memberi ruang bagi anggota keluarga untuk menjelajah, memberikan suasana santai bagi semua orang untuk berbaur dan membangun kebersamaan kembali. Untuk makanannya juga bisa sederhana dan terjangkau, bisa dengan membuat sendiri dari rumah atau membeli paket di tempat wisata. 

Untuk tema acara family gathering semacam ini, Anda bisa mengenakan pakaian kasual apapun yang Anda butuhkan agar tetap keren. Baik itu kaus, sweater, blouse, hoodie, dan sejenisnya. Kuncinya di sini adalah kenyamanan dan fungsi, jadi sesuaikan saja seleramu dan tetap berpedoman pada dress code untuk menunjukkan tampilan terbaik. 

2. Baju yang Cocok untuk Family Gathering di Restoran

Jika reuni keluarga Anda akan diadakan di dalam ruangan, seperti restoran atau convention hall di hotel, maka Anda perlu meningkatkan formalitas pada gaya pakaian Anda. Ini bertujuan untuk menunjukkan rasa hormat kepada pihak keluarga yang menyelenggarakan acara. 

Plus, ini adalah kesempatan yang menyenangkan untuk berdandan dan berpenampilan terbaik. Poles pakaian Anda dengan aksesori cantik seperti anting, kalung, dan handbag yang stylish bergaya. Tidak ada aturan tentang gaya berpakaian selama Anda terlihat rapi dan sesuai dengan dress code yang telah ditentukan.

3. Untuk Reuni Keluarga Destinasi

Banyak juga keluarga yang merencanakan acara family gathering dengan memesan blok hotel di resor atau villa yang menyediakan banyak fasilitas. Acara seperti ini biasanya memerlukan setidaknya 1 – 3 hari sehingga perlu kombinasi pakaian terbaik yang bisa bertahan selama acara. 

Untuk tema acara ini, bersiaplah untuk berbagai kegiatan yang akan menuntut berbagai jenis pakaian, seperti:

  • Pakaian kasual untuk berjalan-jalan dan menjelajah. 
  • Sepatu kets yang nyaman dan memungkinkan Anda untuk bergerak lebih aktif. 
  • Gaun atau celana kasual dan semi formal untuk makan malam bersama keluarga.
  • Pakaian renang dan sandal untuk bersantai di tepi kolam renang di dalam villa atau pantai (jika lokasi acara Anda mencakup danau atau tepi pantai).
  • Celana pendek kasual, celana capri, dan kaos yang bisa Anda padu padankan untuk menciptakan gaya pakaian yang nyaman serta berpadu dalam berbagai suasana, seperti berbelanja hingga bersantai di lobi resor bersama bibi dan paman Anda.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat Anda simpulkan bahwa tidak ada aturan baku untuk menentukan baju yang cocok untuk family gathering. Yang terpenting, Anda merasa nyaman dan percaya diri saat memakainya.

Selain baju, ada baiknya jika dalam acara family gathering Anda juga menyiapkan hadiah yang bisa dikenang pasca acara diadakan. Salah satu jenis hadiah yang cocok adalah tas, mulai dari tas selempang, goodie bag, dan lain-lain.

Jika Anda mencari jasa pembuatan tas yang terpercaya, maka OSCAS bisa Anda andalkan. Itu karena OSCAS hanya memproduksi tas yang berkualitas dengan desain yang eksklusif, seperti tas seminar, tas ransel, hingga tas travel. Jadi, Anda bisa mendapatkan tas premium dan terbaik untuk keluarga tersayang.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini