Cara Membuat Kata-Kata Sambutan Acara Family Gathering

Apakah Anda dipercaya menyampaikan kata-kata sambutan di sebuah acara family gathering, tapi bingung cara membuatnya? Berikut ini beberapa tips membuat kata-kata sambutan acara gathering untuk membantu Anda!

Cara Membuat Kata-Kata Sambutan Acara Family GatheringPexels by Lisa Fotios

Dalam sebuah acara seperti family gathering, kata sambutan memang memiliki nilai tersendiri yang bisa membantu acara berjalan sesuai yang diharapkan. Karena sebab itulah, kata kata sambutan acara family gathering biasanya akan dipertimbangkan cukup matang oleh para pembawa acara.

Walaupun begitu tak jarang para pemula dalam dunia public speaking, yang menganggap hal tersebut hanyalah formalitas saja. Padahal dibalik itu kata sambutan memiliki peranan tersendiri tergantung kondisi, tujuan dan bagaimana acara itu berlangsung. Lalu tahukan Anda bagaimana cara membuat kata sambutan sendiri?

Sekilas Tentang Family Gathering

Sebelum berlanjut ke cara membuat kata-kata sambutan acara family gathering, ada baiknya Anda memahami apa itu family gathering. Karena dengan memahami dasarnya, Anda bisa membuat kata sambutan yang pas untuk acara tersebut.

Secara umum, family gathering merupakan sebuah kumpulan kegiatan, yang perusahaan selenggarakan untuk mempererat hubungan antara karyawan dan keluarganya. Tak heran jika dalam acara ini Anda akan menjumpai beberapa karyawan yang sudah berkeluarga, mengikutsertakan keluarganya dalam acara tersebut.

Karena tujuannya adalah mempererat hubungan kedekatan, maka acara yang biasanya diadakan adalah acara non formal untuk membentuk bonding satu sama lain. Kebanyakan seperti kegiatan outbound, karaoke, live music, tour trip, game dan masih banyak kegiatan lainnya.

Walaupun terkesan tidak bermanfaat bagi bisnis, namun acara semacam ini dapat berdampak besar secara tidak langsung. Karena dalam acara ini karyawan akan merasa di apresiasi dan dihargai oleh perusahaan, selain itu antara satu karyawan dan lainnya akan semakin akrab.

Keakraban itu yang nantinya menjadi batu loncatan, dalam membentuk tim yang lebih kompak dan solid. Bahkan pada acara yang biasanya berlangsung singkat ini, karyawan bisa menyalurkan stress pekerjaan kejalan yang lebih positif. Sehingga saat kembali bekerja, energi dan vibes positif akan lebih kentara.

Apa Fungsi Kata Sambutan dalam Family Gathering?

Peranan dari kata sambutan tidak hanya untuk mengawali sebuah acara saja, namun juga untuk memberikan motivasi dan informasi kepada para audiens. Jadi dengan memilih kata sambutan yang tepat, bisa membantu audiens lebih aware pada acara yang mereka ikuti.

Selain itu, memilih sambutan yang tepat, pastinya akan membantu acara lebih lancar dan dihargai para pesertanya. Bahkan dengan sambutan yang tepat, adalah agar audiens merasa lebih dianggap karena ikut serta dalam pembahasan topik yang sedang diselenggarakan.

Cara Membuat dan Poin Penting dalam Kata Sambutan

Karena tujuan utama dari family gathering adalah untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara karyawan beserta keluarganya, maka kesan bahagia harus sudah tertanam sedari awal. Oleh karena itu pemilihan kata sambutan yang tepat adalah kata-kata yang simpel dan tidak terlalu bertele-tele.

Setidaknya ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat sebuah kata sambutan, yang pas dan cocok untuk acara yang kamu jalankan. Di antaranya:

1. Memahami Tujuan dan Tema Acara 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memahami tujuan dan tema dari acara tersebut. Walaupun tujuan utamanya menumbuhkan ikatan yang solid antar karyawan, namun tiap perusahaan memiliki cara dan pandangangan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, sebelum membuat kata sambutan, Anda harus memahami intisari dari acara maupun topik yang akan Anda bahas. Setidaknya, susunan acara harus berada di tangan Anda sebagai salah satu senjata utama Anda (untuk pembuatan kata sambutan spontan)

2. Orang Penting yang Hadir

Tidak peduli acara resmi maupun acara gathering, pastikan orang penting dalam acara seperti bintang tamu, sponsor, atau pihak lain ter-notice oleh tamu-tamu lain yang datang. Hal ini pastinya untuk menunjukkan seberapa Anda menghargai kehadiran sosok tersebut.

Maka sudah menjadi rahasia umum, mengenal atau setidaknya tahu siapa saja orang atau tamu penting yang hadir menjadi poin penting dalam membuat kata sambutan. Anda bisa membuat beberapa tempat kosong jika memang ingin menulisnya pada sebuah reminder.

3. Tahu Siapa yang Menyelenggarakannya

Hampir sama dengan poin sebelumnya, mengetahui perusahaan apa atau siapa yang menyelenggarakan acara juga jadi poin penting. Walaupun pada dasarnya Anda hanya perlu membuat format kosongannya saja untuk kemudian diisi sebelum acara atau mencari tahu saat di acara tersebut.

Template Kata-Kata Sambutan Acara Family Gathering

Walaupun kebanyakan pembawa acara menggunakan kalimat template, namun kamu bisa mengembangkannya dari beberapa contoh kata sambutan di bawah ini. 

  • [Salam], selamat [pagi, siang, sore, malam] para hadirin sekalian, semoga kita tetap berada di dalam perlindungan Allah, Tuhan YME untuk mendapatkan syafaatnya.
  • Selamat [pagi, siang, sore, malam] semuanya, gimana kabar kalian hari ini (teriak-semangat).
    [tempat / perusahaan] mana suaranya…
  • Selamat datang teman, rekan, saudaraku semua yang berbahagia.
  • Halo semuanya, terimakasih kedatangannya dalam [nama acara] pada [pagi, siang, sore, malam] hari ini.
  • Tidak menyangka kita kembali bersama pada acara family gathering yang ke [kali ke berapa] dengan tajuk [tema / topik].
  • Sudah sekian lama kita menunggu saat yang berbahagia ini, dimana kita bisa bersama-sama menyambut acara [nama acara] di [pagi,siang,sore,malam] hari ini.
  • Sebelum kita mulai rangkaian acara pada [pagi,siang,sore,malam] hari ini, izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata terlebih dahulu.
  • Terimakasih kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan seluruh keluarga besar [perusahaan], pada acara family gathering pada [pagi, siang, sore, malam] hari ini.
  • Bukan tanpa alasan saya ada di hadapan rekan-rekan sekalian, karena pada acara family gathering kali ini saya selaku moderator akan menyampaikan beberapa kata sambutan.
  • Sebagai bentuk syukur atas berkumpulnya kita dalam acara yang berbahagia ini, alangkah baiknya kita mengucapkan puja dan puji syukur pada kehadiran Dzat yang Maha Esa karena tercapainya acara pada [pagi, siang, sore, malam] hari ini.
  • Sebuah kebanggan bagi saya bisa hadir di acara besar [nama acara] yang dihadiri berbagai orang penting [nama perusahaan] pada waktu yang berbahagia ini.

Format Umum yang Digunakan dalam Kata Sambutan

Pada dasarnya selain menggunakan beberapa tempate atau kembangan dari salam di atas, biasanya  ada beberapa format yang sedikit monoton pada kata sambuatan. Walaupun tidak wajib, namun kebanyakan akan menggunakan format serupa. Berikut format yang dimaksud:

  • Ucapan salam (bisa pakai contoh atau kembangan template di atas).
  • Kata terimakasih (biasanya dibarengi dengan mengucapkan syukur kepada sang Pencipta).
  • Sambutan pada para tokoh atau tamu ternama yang hadir (setidaknya pada ketua penyelenggara dan pemimpin perusahaan yang hadir).
  • Topik atau tema dari acara gathering.
  • Pembacaan rundown acara atau intisari dari acara yang diselenggarakan.
  • Doa (biasanya menggunakan doa yang singkat maupun doa menurut keyakinan masing-masing).
  • Call to action atau seruan untuk memulai acara (dibarengi dengan salam penutup)

Kini Anda Bisa Membuat Kata-Kata Sambutan Anda Sendiri!

Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu Anda tahu mengenai bagaimana cara membuat kata-kata sambutan acara family gathering. Dengan beberapa template dan format tersebut, Anda bisa mengembangkan kata sambutan Anda sendiri dengan mudah!

Untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para tamu undangan sepulang acara, Anda bisa memilih tas sebagai pilihan yang tepat. Dan untuk membantu Anda mendapatkan tas terbaik, OSCAS siap melayani pembuatan berbagai jenis tas untuk acara formal maupun informal, mulai dari tas seminar, tas ransel, goodie bag, dan lain-lain.

Terlebih lagi OSCAS memberikan penawaran harga yang murah, namun kualitasnya tidak murahan. Tak heran jika banyak pelanggan yang mempercayakan pembuatan tas mereka pada OSCAS yang sudah berpengalaman 7 tahun di bidang konveksi tas. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini