Ukuran Standar ID Card Berbeda Tergantung Kebutuhan, Loh! Apa Saja?

Apakah Anda tahu bahwa setiap jenis kartu identitas memiliki ukuran standar ID card yang berbeda? Yuk, kenali ukuran-ukurannya supaya Anda mendapatkan ukuran ID card yang pas untuk kebutuhan Anda!

Ukuran Standar ID Card Berbeda Tergantung Kebutuhan, Loh! Apa Saja?Pexels by REINER SCT

Tergantung dari jenis dan kebutuhan Anda, ukuran standar ID card bisa sangat bervariasi, loh. Pasalnya, ID card sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada credit card, ID card karyawan, kartu identitas, name card, ID card panitia, SIM card, dan masih banyak lagi. Jadi, penting untuk menyesuaikan ukuran standarnya dengan kebutuhan Anda.

Tak heran jika pembuatan ID card tidak bisa dilakukan asal-asalan karena selain jenis bahan ID card, ukurannya juga harus diperhatikan. Lantas, apa saja ukuran standar ID card untuk masing-masing jenis dan kebutuhannya? Simak penjelasan berikut!

Variasi Ukuran Standar ID Card Berdasarkan Custom Room (CR)

Ukuran ID card mungkin bukan sesuatu yang penting bagi sebagian orang. Tapi panjang, lebar, dan ketebalan ID card ternyata jauh lebih penting daripada yang mungkin Anda pikirkan. 

Pasalnya, ukuran merupakan faktor penting dalam mencetak kartu untuk tujuan tertentu, serta dalam menentukan printer atau sistem mana yang tepat untuk organisasi Anda. maka dari itu, Anda harus memastikan untuk memilih dimensi atau ukuran standar ID card yang tepat atau sesuai kebutuhan Anda.

Berikut ini beberapa jenis ID card yang bisa mempengaruhi ukuran cetaknya:

  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk
  • SIM atau Surat Izin Mengemudi
  • ID card karyawan
  • Kartu ATM, kartu kredit, kartu e-toll, dan semacamnya.
  • Kartu nama
  • ID card panitia atau acara
  • Kartu tanpa pengenal organisasi, dan lain-lain.

1. Ukuran Standar ID Card CR80

Ini adalah ukuran standar ID card dan merupakan ukuran yang paling populer digunakan. kira-kira ukurannya seukuran kartu kredit, yakni 8,56 x 5,4 cm. Menurut definisi standar internasional, ukuran ini disebut juga sebagai kartu CR80. 

Selain untuk kartu kredit, ukuran CR80 juga umum digunakan untuk berbagai jenis kartu identitas. Di antaranya tanda pengenal karyawan kantoran, kartu pelajar siswa, kartu kunci hotel, kartu ATM, kartu perpustakaan, gift card, kartu keanggotaan organisasi, kartu perpustakaan, loyalty card, kartu absen, hingga pelacakan waktu. 

Tak heran jika Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk dan ukuran ID card ini tanpa Anda sadari. Dalam hal bahan yang cocok untuk mencetak, kartu CR80 tidak hanya terbatas pada material plastik. 

Kartu CR80 juga sangat umum dicetak dari bahan PVC, plastik daur ulang, komposit biodegradable, kertas, dan bahkan bahan yang sepenuhnya alami dan ramah lingkungan seperti agave dan kayu putih.

2. Ukuran Standar ID Card CR79 

Ukuran standar ID card ini sedikit lebih kecil, yaitu 8,4 x 5,2 cm dengan ujung yang membulat, dan sering kali digunakan untuk kontrol akses. Kartu CR79 ini dirancang agar pas dengan proximity clamshell (semacam pelindung), dan banyak di antaranya yang sudah memiliki perekat di bagian belakang untuk keamanan tambahan.

Sebagian besar kartu akses kontrol kini juga sudah menggunakan teknologi RFID dengan spesifikasi CR79, tergantung pabrikannya. Ini akan memudahkan kartu berintegrasi dengan card reader untuk mengakses kontrol. Karena ini pula kartu CR79 juga kerap disebut sebagai kartu proximity.

Jenis ukuran standar ID card ini biasanya lebih tahan lama dan cocok digunakan untuk aktivitas outdoor, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk key card atau switch card yang intensitas pemakaiannya tinggi. 

Saat akan mencetak kartu CR79, penting untuk memeriksa kompatibilitas dengan printer kartu ID Anda, karena tidak semua printer kompatibel dengan ukuran kartu ini. Entah itu printer direct to card, retransfer printer, atau printer inkjet.

3. Ukuran Standar ID Card CR90

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa kartu CR90 tentu memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari CR80. Kartu ini memiliki ukuran 9,2 x 6 cm. Dalam pengaplikasiannya, ukuran ID card ini biasa digunakan dalam pembuatan kartu izin mengemudi.

4. Ukuran Standar ID Card CR100

Ini adalah dimensi kartu identitas terbesar dan dapat menampilkan jumlah informasi yang lebih banyak, yakni 10 x 7 cm. Karena ukurannya yang besar, kartu ini sangat cocok untuk konvensi, pameran dagang, acara luar ruangan, dan konser, yang mana pada dasarnya informasi tentang sang pemakai ID card bisa lebih mudah dilihat dan cepat diidentifikasi.

Dan jika Anda menggunakan kartu di lingkungan seperti itu, Anda juga memerlukan lanyard agar lebih mudah dalam membawa dan menampilkan kartu. Dimensi CR100 yang lebih besar juga berarti lebih banyak informasi yang dapat ditampilkan. Selain itu, karena ukurannya yang paling besar, kartu ini kerap disebut dengan istilah ukuran militer.

Ukuran Standar ID Card Berdasarkan ISO

Berdasarkan International Organization for Standards (ISO) terkait ciri-ciri fisik kartu identitas, ada empat ukuran standar yang bisa dipakai. Di antaranya:

1. ID-1

Sama dengan ID card CR80, kartu ini juga memiliki ukuran 8,56 x 5,4 cm dan sama-sama paling umum dipakai dalam mencetak kartu identitas di Indonesia. Anda bisa menemukan ukuran kartu ini pada kartu KTP, kartu debit, kartu kredit, dan kartu ATM.

2. ID-2

Ukuran kartu ini adalah 10,5 x 7,4 cm. kartu ID-2 biasa digunakan dalam pembuatan kartu identitas di Kroasia, Jerman, dan Luxemburg. Namun, pemberlakukan ukuran kartu ini hanya terbatas sampai November 2010 saja karena dari segi penyimpanannya dinilai kurang praktis. Maka dari itu, mereka memilih untuk beralih ke ukuran ID-1.

3. ID-3

Kartu ini memiliki dimensi 12,5 x 8,8 cm dan biasa digunakan untuk membuat paspor atau visa di berbagai negara. Karena ukurannya yang cukup besar, Anda mungkin memerlukan ukuran dompet yang lebih besar pula untuk menyimpannya.

4. ID-000

Ini merupakan ukuran standar ID card yang paling kecil di antara jenis kartu lainnya, yakni hanya 2,5 x 1,5 cm. Anda bisa mengenali kartu ini dari salah satu sudutnya yang sengaja dipotong miring 0,3 cm. Kartu ini bisa Anda temukan pada SIM card (kartu telepon seluler).

Ukuran Standar ID Card Berdasarkan Bahan Kertas

Selain mengacu pada custom room dan ISO, ukuran standar ID card juga bisa dipengaruhi dari bahan kertas yang digunakan untuk mencetak kartu. 

1. Kertas A1

Dimensi kertas A1 adalah 10 x 6,8 cm yang kerap dimanfaatkan untuk kartu identitas yang biasa disimpan, bukan sebagai atribut yang sering ditampilkan atau dipakai. 

2. Kertas A2

Memiliki dimensi 10,6 x 8,2 cm, ukuran kartu ini lebih besar dari A1. Anda bisa mengenali ukuran standar ID card ini pada karyawan yang menggunakan jepit di saku dada untuk menampilkan kartu identitasnya.

3. Kertas B1

Dimensi kertas ini adalah 10,2 x 6,5 cm dan umumnya digunakan untuk mencetak kartu panitia sebuah event atau kartu identitas yang tingginya lebih panjang daripada lebarnya, misalnya ID card karyawan dan sebagainya.

4. Kertas B2

Dengan ukuran 12,6 x 7,9 cm, kartu ini bisa Anda gunakan untuk pembuatan kartu keanggotaan dengan detail tulisan dan gambar yang lebih jelas karena ukurannya sedikit lebih besar.

5. Kertas B3

Kartu yang dicetak dengan kertas B3 memiliki ukuran 12,6 x 9,5 cm. Anda bisa menemukan ukuran kartu ini di event-event eksklusif seperti acara pelantikan organisasi atau perusahaan.

6. Kertas B4

Ukuran kartu ini sedikit lebih besar, yakni 13,5 x 9,5 cm. Dalam pengaplikasiannya, banyak juga orang yang mencetak kartu panitia menggunakan bahan kertas ini.

Kesimpulan

Sudah pahamkah Anda mengenai variasi ukuran standar ID card? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda menentukan ukuran ID card yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa simpulkan bahwa penggunaan ID card sangat penting sebagai tanda pengenal tertulis, terutama ketika Anda menyelenggarakan sebuah acara penting dan eksklusif. Namun selain ID card, pengadaan souvenir untuk sebuah acara juga tak kalah pentingnya supaya acar tersebut lebih berkesan bagi para tamu undangan.

Tapi, souvenir apa yang cocok dan tahan lama? Anda bisa memilih tas sebagai opsi yang tepat dan bijak karena tas akan lebih berguna. Nah, jika Anda membutuhkan tas untuk souvenir acara Anda, OSCAS siap melayani pembuatan tas yang eksklusif, sama eksklusifnya dengan acara Anda.

Bisa berupa tas seminar, tas ransel, tas selempang, dan yang lainnya. Baik itu pemesanan dalam jumlah besar maupun kecil, OSCAS akan tetap memprioritaskan kualitas, namun dengan harga yang tetap bersahabat. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini