Referensi tema seminar ekonomi syari’ah

Telisik 5 Contoh Tema Seminar Ekonomi Syari’ah dalam Perekonomian Global

Adanya contoh tema seminar ekonomi syariah bertujuan untuk mengajak masyarakat dan generasi muda untuk mensyiarkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dengan keterlaksanaanya, diharapkan peserta dapat berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi syari’ah di tanah air.

Telisik 5 Contoh Tema Seminar Ekonomi Syari’ah dalam Perekonomian GlobalPexels by Natasha Chebanoo

Penelitian di bidang ekonomi dan keuangan syari’ah telah berkembang pesat sejak pertengahan dekade terakhir. Ini mencerminkan pertumbuhan praktis dari area tersebut. Pertumbuhan pesat dalam penelitian ini menghadirkan tantangan dalam hal memahami arah perkembangan riset serta untuk mengidentifikasi contoh tema seminar ekonomi syari’ah yang koheren di dalam area tersebut. 

Oleh karena itu, penyelenggaraan seminar ekonomi syari’ah ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang perkembangan penelitian di bidang ekonomi dan keuangan Islam. 

Seminar Bertajuk Ekonomi Syari’ah

Dengan tema ekonomi syariah, seminar akan lebih merujuk pada materi serta praktik ekonomi dan keuangan yang sesuai dengan hukum dan prinsip Islam. Misalnya, tidak membebankan bunga (riba) tetapi menerapkan sistem bagi hasil (mudharabah dan musyarakah), serta melarang berinvestasi dalam jenis bisnis tertentu. 

Ada juga penekanan pada investasi riil daripada spekulasi dengan perjudian (maisir), dan ketidakpastian yang berlebihan (gharar) yang dianggap menyalahi prinsip-prinsip Islam. 

Contoh Tema Seminar Ekonomi Syari’ah

Berikut ini beberapa contoh tema seminar ekonomi syari’ah yang berpotensi untuk Anda kembangkan menjadi topik yang lebih signifikan dalam disiplin ekonomi dan keuangan Islam:

1. Tantangan dan Peran Hukum Ekonomi Syari’ah 

Selain masalah terkait permodalan, ada beberapa tantangan lain yang dihadapi oleh lembaga keuangan syari’ah, yakni terkait mentalitas integritas dan sumber daya manusia yang profesional. Secara institusional, lembaga keuangan syariah perlu regulasi untuk melandasi hukum dalam pelaksanaannya.

Adapun tantangan yang dihadapi oleh keuangan syariah, yakni semakin meningkatnya antusiasme masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk yang dimiliki oleh ekonomi syari’ah. Terlebih lagi bonus demografi umat Islam di Indonesia menjadikan potensi pasar ekonomi syari’ah semakin baik untuk pertumbuhan dan perkembangan industri yang menyertainya.

Dibanding dengan sistem keuangan konvensional, sistem keuangan syariah masih dianggap belum berkembang secara maksimal sehingga melalui diskusi dan pemecahan topik permasalahan dalam kegiatan seminar. Dengan begitu, diharapkan kegiatan ini bisa memberikan solusi terhadap perkembangan dan perekonomian nasional. 

Berikut ini beberapa contoh judul seminar ekonomi syariah bertema peran hukum ekonomi syari’ah yang bisa Anda kembangkan:

  • Peran dan Kebijakan Dewan Pengawas Syariah pada Perkembangan Digital Ekonomi
  • Eksistensi Tantangan dan Peran Hukum Ekonomi Syari’ah dalam Menghadapi Kondisi Pandemi.
  • Peran HUkum Ekonomi Syari’ah dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.
  • Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syari’ah yang Berkeadilan.
  • Peran Hukum Ekonomi Syari’ah dalam Akselerasi Transisi Ekonomi Hijau.

2. Tema Tentang Sistem Perbankan Syari’ah 

Contoh tema seminar ekonomi syariah ini bertujuan untuk mendedikasikan audiens agar memberikan wawasan seputar perbankan syari’ah yang kini sudah tak asing lagi di lingkungan masyarakat. Melalui tema seminar ini, diharapkan audiens juga mulai memperhatikan perekonomian global dari pengaruh adanya perbankan syari’ah.

Adapun materi yang bisa Anda sampaikan kepada peserta dalam kegiatan seminar ini adalah:

  • Pengetahuan tentang berbagai sejarah, konsep, dan jenis perbankan syari’ah.
  • Karakteristik dari bank syariah.
  • Istilah-istilah yang paling sering digunakan dalam perbankan syari’ah .
  • Perbandingan antara bank konvensional dan bank syariah
  • Memberikan beberapa contoh kasus yang ada di lingkungan masyarakat terkait produk-produk perbankan syari’ah.
  • Menyajikan contoh perhitungan pembagian keuntungan (bagi hasil) dan memberikan kesempatan untuk peserta seminar melakukan perhitungan tersebut.

Untuk judul seminarnya, berikut ini contoh yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Narasi Perbankan Syariah Bagi Pemuda Milenial.
  • Peran Perbankan Syari’ah dalam Penguatan dan Perekonomian Nasional.
  • Prospek Perbankan Syari’ah dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat.

3. Tema Tentang Sistem Riba dan Dampaknya Bagi Perekonomian

Melalui contoh tema seminar ekonomi syari’ah tentang sistem riba ini bisa jadi forum untuk saling mengingatkan kembali bahwa riba adalah praktik ekonomi yang diharamkan dalam Islam. Anda juga bisa meningkatkan kesadaran peserta tentang bahaya dan risiko akibat pengambilan tambahan secara bathil melalui riba.

Namun sayangnya, praktik riba kini bagaikan sudah mendarah daging dalam kehidupan perekonomian masyarakat. Dan semakin menuju kondisi akhir zaman sebagaimana yang digambarkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa akan datang suatu masa dimana umat manusia tidak ada yang tidak terkena riba.

Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Harus ada upaya agar masyarakat bisa lepas dari jeratan riba. Alasan inilah yang kemudian bisa menjadi dasar untuk menyelenggarakan seminar bertema sistem riba untuk memberikan pemahaman tentang riba kepada masyarakat serta solusi untuk keluar dari praktik riba.

Bila tertarik mengangkat tema ini, berikut beberapa tajuk seminar yang recommended untuk Anda kembangkan:

  • Riba, Sumber masalah Ekonomi Umat.
  • Kiat Sukses Mengembangkan Bisnis Tanpa Riba.
  • Bebas Riba, Bebas Utang.
  • Masih Adakah Riba dalam Sistem Perbankan Syari’ah?

4. Tema Tentang Investasi Syariah

Selama lebih dari 2 tahun menjalani hidup dalam isolasi mandiri akibat pandemi, telah memberikan dampak yang cukup signifikan pada kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Tentu sebagian besar masyarakat sudah sangat sering mendengar isu terkait kondisi tersebut. 

Berbicara tentang perekonomian di masa pandemi, sudah pasti banyak masyarakat yang mulai bertanya-tanya adakah jenis investasi yang aman, bebas penipuan, memiliki tingkat risiko yang kecil, dan pastinya bebas riba. Nah, untuk menjawab keresahan ini Anda berkesempatan untuk mengajak masyarakat berdiskusi melalui agenda seminar agar menambah informasi terkini dan melihat peluang terkait investasi syariah di masa pandemi.

Ada banyak judul seminar yang bisa Anda angkat untuk mengangkat tema ini, di antaranya:

  • Investasi Halal di Pasar Modal Syari’ah.
  • Saham Syariah: Investasi Islami dan Aman untuk Masa Depan.
  • Bikin Cuan Jadi Berkah dengan Berinvestasi di Pasar Modal Syari’ah.

5. Tema Tentang Fintech Syari’ah

Contoh tema seminar ekonomi syariah tentang fintech syariah ini sangat pas diselenggarakan untuk meningkatkan literasi terkait salah satu mode inovasi perkembangan teknologi dalam dunia keuangan. Sebagai umat muslim yang tak lepas dari aktivitas ekonomi, tentu harus memahami ilmunya. 

Terlebih lagi tentang fintech syari’ah supaya tidak lagi terjebak dalam aktivitas ekonomi yang ilegal, seperti pejudian, gharar, dan tadlis. Menyadari bahwa perkembangan teknologi pada sektor keuangan semakin meningkat, perlu adanya peran semua pihak, terutama mahasiswa dan ahli ekonomi untuk bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat. 

Salah satunya dengan menghadiri dan berpartisipasi dalam seminar bertema fintech syari’ah. Berikut beberapa pilihan tajuk seminar yang cocok dengan tema ini:

  • Landscape Fintech Syariah di Indonesia
  • Optimalisasi Penguatan Ekonomi Bersama Fintech Syari’ah.
  • Supporting Indonesian Enhancing MSMEs Through Sharia Fintech and Digital Economy.


Itulah beberapa contoh tema seminar ekonomi syari’ah yang menarik untuk didiskusikan lebih mendalam dan menemukan kontribusi baru dari topik permasalahan ini. Menyelenggarakan acara seminar yang membekas dalam ingatan, kurang lengkap rasanya jika tak disertai pemberian souvenir untuk peserta.

Souvenir yang diberikan pun sebaiknya juga bermanfaat supaya dapat digunakan berulang kali oleh peserta. Dan salah satu opsi souvenir yang paling tepat adalah tas seminar. Selain berfungsi sebagai kenang-kenangan, tas seminar bisa jadi media yang jitu untuk membangun branding perusahaan Anda. 

Untuk keperluan tersebut, Anda bisa menghubungi OSCAS yang siap melayani pembuatan tas seminar dengan desain Anda sendiri. Selain terpercaya, OSCAS juga memberikan garansi harga termurah dengan kualitas yang tidak murahan.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini