Event organizer khusus acara-acara perusahaan

Corporate Event Organizer: Pengertian, Tugas & Keuntungan

Pahami perbedaan corporate event organizer dengan EO pada umumnya, tugas-tugasnya serta keuntungan menggunakan jasa mereka.

Corporate Event Organizer: Pengertian, Tugas & Keuntungan

Tidak semua event organizer bisa menangani acara korporat. Oleh karenanya, perusahaan biasanya menggunakan layanan khusus corporate event organizer.

Tim profesional ini akan bertanggung jawab merencanakan, mengatur serta  melaksanakan acara sesuai permintaan perusahaan.

Untuk memahami peran corporate event organizer serta manfaat yang diperoleh, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Corporate Event Organizer

Corporate event organizer adalah tim atau perusahaan yang berpengalaman mengorganisasi acara korporat dengan berbagai skala. Mereka memiliki keahlian khusus dalam menangani acara perusahaan. 

Spesialisasinya meliputi menyusun acara, mengelola anggaran, berkomunikasi dengan vendor, dan mengatasi berbagai tantangannya. EO perusahaan juga menawarkan layanan lengkap mulai konsep acara hingga evaluasinya.

Tugas Corporate Event Organizer

Sebagai penyelenggara acara khusus perusahaan, berikut beberapa tugas utama corporate event organizer:

Mengorganisasi acara korporat

Tugas yang pertama adalah membuat strategi acara sesuai keinginan perusahaan. EO harus memilih konsep acara yang relevan serta menentukan metode paling efektif untuk eksekusinya.

Menyusun anggaran dan memantau pengeluaran

Selanjutnya, corporate event organizer bertugas menyusun anggaran acara secara detail dan transparan. Jadi, estimasi biaya-biaya untuk venue, dekorasi, catering, sound system, dan lain-lain bisa diketahui sejak awal. Setelahnya, EO akan membantu kamu menyusun laporan keuangan acara.

Mencarikan vendor terbaik

Tugas lainnya adalah mencari sekaligus menegosiasikan vendor-vendor terkait acara. Jadi, kamu tidak perlu pusing memilih vendor sendiri. Biasanya EO perusahaan sudah punya jaringan khusus yang berkualitas, tepercaya dan harganya kompetitif.

Mengatur logistik acara

Segala sesuatu menyangkut logistik dan infrastruktur acara juga menjadi tanggung jawab EO. Ini termasuk kebutuhan transportasi, akomodasi hingga perlengkapan acara. 

Membuat jadwal acara

EO perusahaan lebih berpengalaman membuat rundown acara perusahaan yang efektif. Mereka bisa mengatur kapan dan hal apa saja yang harus dilakukan sebelum, selama, sampai sesudah acara.

Melakukan koordinasi terhadap tim

Peran EO perusahaan yang terakhir adalah merekrut, melatih, memberikan arahan, serta mengawasi tim agar bekerja secara profesional. Sebagai pertanggungjawaban, mereka juga akan mengevaluasi kinerja tim. 

Keuntungan Menggunakan Corporate Event Organizer

Mengadakan acara perusahaan tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar acaranya berjalan sukses. Berikut keuntungan menggunakan jasa corporate event organizer:

Menghemat waktu dan tenaga

Keuntungan utama menggunakan corporate event organizer yaitu menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, mereka sudah sangat berpengalaman dalam perencanaan acara-acara korporat.

Dengan begitu, EO dapat mengurus semua aspek terkait acara, sementara Anda tetap fokus pada tugas-tugas lain yang lebih penting.

Memberikan kinerja yang profesional

Jasa corporate event organizer memungkinkan kamu mendapatkan hasil yang terbaik. Pasalnya, mereka punya standar tersendiri ketika merekrut tim sehingga bisa mengorganisasi acara perusahaan secara profesional.

Meminimalkan risiko masalah teknis

Selama perencanaan maupun pelaksanaan acara, pastinya banyak kendala teknis yang mungkin terjadi. Dalam hal ini, tim dari EO perusahaan sangat bisa diandalkan. Mereka punya pengetahuan untuk mengidentifikasi potensi masalah tersebut serta merencanakan langkah-langkah mitigasi.

Membuat acara lebih kreatif

Selain itu, EO perusahaan biasanya juga punya ide-ide konsep acara yang kreatif. Tentunya ini dapat menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi para peserta yang hadir. Pemikiran kreatif tersebut harganya mahal!

Memperluas jaringan dan koneksi

Terkait soal vendor, EO pasti punya jaringan yang luas. Jadi, dengan menggunakan jasa mereka kamu juga bisa memperluas koneksi seputar acara korporat. Hal ini membuka peluang kolaborasi di masa depan.

Suvenir untuk Acara Perusahaan

Salah satu aspek penting dalam acara perusahaan adalah suvenir. Barang ini nantinya diberikan kepada peserta acara sebagai kenang-kenangan sekaligus media promosi perusahaan. 

Salah satu suvenir yang paling banyak diminati adalah tas. Selain fungsional, tas juga efektif untuk promosi karena pastinya sering dibawa bepergian. 

Jika perusahaan kamu mencari konveksi tas, OSCAS.CO.ID adalah pilihan terbaik. Pesan tas custom sesuai desain yang kamu inginkan.

Penutup

Kesimpulannya, untuk memudahkan segala urusan terkait acara perusahaan, sebaiknya gunakan jasa corporate event organizer. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus mengerjakan hal lain yang mungkin lebih penting, misalnya mencari sponsor acara.

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini