Breaking News

Memahami pengertian notulis secara lebih lengkap

Definisi Notula dan Notulis adalah Apa? Ini Penjelasannya!

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas definisi notulis adalah apa serta bagaimana perannya menjadi sangat penting dalam sebuah rapat.

Definisi Notula dan Notulis adalah Apa? Ini Penjelasannya!

Dalam rapat, kita pasti pernah mendengar tentang Notula dan Notulis. Meskipun namanya hampir sama, tetapi keduanya adalah dua hal yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar definisi notula dan notulis adalah apa dan bagaimana perannya penting dalam sebuah rapat.

Mengenal Notula, Catatan dalam Sebuah Rapat

Notula juga sering disebut sebagai Notulen dan Risalah Rapat. Ketiganya memiliki definisi berbeda tetapi maksud dan tujuannya sama. Dalam hal ini, kita dapat melihat definisi Notula berdasarkan Wikipedia dan KKBI.

Dilansir dari Wikipedia, Notula merupakan sebuah catatan tertulis yang terdapat dalam sebuah rapat atau dengar pendapat. Notula berisi berbagai catatan penting seputar kegiatan yang dilakukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Notula adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan.

Dalam Notula, akan ada uraian singkat dan jelas tentang kegiatan yang dilakukan. Catatan ini juga menerangkan pihak yang datang dalam kegiatan, daftar masukan dan pendapat dari masing-masing pihak tersebut, serta rencana tindak lanjut dari kegiatan yang telah diselenggarakan.

Notula dianggap sebagai catatan faktual rapat bagi para anggotanya sekaligus menjadi sumber informasi bagi orang-orang yang berhalangan hadir. Notula hanya ditujukan untuk menangkap esensi rapat, sehingga semua aspek penting dapat didokumentasikan untuk referensi di masa mendatang.

Memahami Definisi Notulis, Orang yang Mencatat Notula

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Notulis adalah orang yang bertugas membuat notula (catatan rapat). Secara umum, Notulis didefinisikan sebagai orang yang ditunjuk untuk mencatat jalanya diskusi dari awal sampai akhir. Selain itu, Notulis juga mencatat hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan dalam rapat.

Adanya Notulis sangatlah penting dalam sebuah rapat. Notulis menyoroti isu-isu kunci yang dibahas, mosi yang diusulkan atau dipilih, dan kegiatan yang akan dilakukan. Notulis bertugas memberikan catatan akurat tentang apa yang terjadi selama rapat. Notulis akan memberikan laporan rapat yang lengkap.

Dalam hal ini, Notulis memberikan laporan tertulis tentang rapat. Laporan ini meliputi beberapa hal penting seperti tempat, tanggal dan waktu rapat, tujuan rapat, siapa yang menghadiri rapat dan daftar hal-hal yang dibahas dalam rapat. Biasanya, Notulis melakukan hal tersebut di buku catatan rapat khusus.

Sederhananya, catatan rapat adalah sebuah entri buku harian yang sangat akurat. Semua anggota rapat dapat melihat catatan ini agar tidak lupa dengan hasil rapat yang sudah berlalu. Catatan rapat membantu mengingatkan apa saja yang sudah dibahas dalam rapat terakhir dan untuk mendapatkan klarifikasi tentang poin-poin yang dibahas di dalamnya.

Apa yang Harus Disertakan dalam Notula?

Sebelum mencatat detail apapun dalam rapat, Notulis perlu mengetahui apa saja jenis informasi yang harus mereka catat. Rapat tertentu mungkin menggunakan format khusus untuk menulis catatan tetapi, secara keseluruhan, Notula biasanya mencakup beberapa hal berikut ini:

Tanggal dan waktu rapat berlangsung
Nama peserta, serta peserta yang tidak hadir
Penerimaan, atau perubahan yang dibuat pada Notula sebelumnya
Keputusan yang dibuat dalam Notula, meliputi:

  • Kegiatan yang dilakukan atau disepakati
  • Langkah selanjutnya
  • Hasil rapat
  • Mosi diterima atau ditolak
  • Tanggal dan waktu rapat berikutnya

Pada intinya, Notula rapat sangat penting karena digunakan untuk mendokumentasikan isu-isu kunci yang diangkat selama rapat. Misalnya, Notula efektif dapat menyatakan pendekatan yang diusulkan untuk memecahkan masalah tertentu dan alasan utama mengapa anggota memilih satu metode daripada yang lain.

Notulis dapat mencatat Notula secara manual atau pada perangkat elektronik seperti laptop atau iPad. Setelah rapat, Notulis harus meninjau Notula dan melakukan pengeditan (jika perlu). Selanjutnya, Notulis harus membacakan Notula rapat tersebut kepada anggota rapat. Selain itu, Notulis juga harus menyimpan Notula untuk referensi di masa mendatang.

Tips Sederhana Menjadi Notulis Rapat

Notulis rapat tidak boleh sembarangan dan harus bekerja dengan baik agar tidak membuat catatan yang salah. Notulis harus dapat mendengarkan dengan cermat, mendokumentasikan dengan jelas dan memahami diskusi, keputusan, dan item tindakan dalam rapat. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana menjadi Notulis rapat:

1. Dengarkan Baik-baik

Skill penting yang harus dimiliki seorang Notulis adalah kemampuan mendengarkan yang sangat baik. Saat menjadi Notulis rapat, duduklah di tengah-tengah semua peserta sehingga Anda dapat mendengar apa yang dikatakan dengan jelas. Dengarkan dan perhatikan baik-baik agar Anda tidak melewatkan bagian apa pun dari diskusi.

2. Tangkap Poin Utama

Notulis diharapkan dapat mendokumentasikan sebagian besar dari apa yang terjadi di rapat dengan sebaik-baiknya. Saat menyusun Notula rapat, Anda dapat mengedit atau memilih materi yang relevan atau tidak relevan dalam rapat. Dokumentasikan semua poin penting, tanggal, item tindakan, dan keputusan yang terjadi dalam rapat.

3. Atur Konten

Menggunakan templat catatan rapat bisa menghasilkan Notula yang efisien dan terorganisir. Templat harus menyertakan tempat untuk menunjukkan peserta rapat, tanggal rapat, waktu, serta tanggal dan waktu rapat terjadwal berikutnya. Selain itu, catatan juga bisa menyertakan bagian untuk diskusi dan item tindakan.

4. Minta Klarifikasi

Jika Anda tidak yakin dengan catatan Anda atau apa yang Anda dengar, cobalah tanyakan kembali atas pernyataan, ide, keputusan, dan item tindakan yang ada dalam rapat. Daripada menebak atau mendokumentasikan informasi yang salah, mintalah klarifikasi selama rapat atau setelahnya.

Mintalah pembicara melakukan klarifikasi agar Anda tidak mencatat informasi yang salah, sekaligus memastikan Anda menangkap dengan tepat apa yang dikatakan. Jika pertanyaan Anda dapat mengganggu alur rapat, tunggu sampai rapat selesai untuk mengklarifikasi informasi tersebut. Mintalah izin dari ketua sebelum menyebarluaskan berita acara.

Rekomendasi Tas untuk Rapat

Bagi Anda yang sedang membutuhkan tas untuk rapat, Anda bisa mendapatkannya di Oscas. Berdiri sejak tahun 2015, Oscas merupakan pabrik tas tangan pertama yang sudah berpengalaman di bidangnya dan memproduksi berbagai jenis tas berkualitas tinggi. Kenapa harus membeli tas di Oscas?

  • Garansi Harga Termurah
  • Legalitas Perusahaan Lengkap, Sehingga Terjamin Aman dan Legal
  • Kualitas Terjamin dan Tidak Pernah Mengecewakan
  • Menerima Berbagai Jenis Pesanan Tas
  • Layanan Pelanggan Aktif Selama 24 Jam-Nonstop

Selain yang disebutkan itu, tentunya masih banyak keunggulan membeli tas di Oscas lainnya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membeli tas berkualitas dan harga bersahabat, pastikan Anda melakukannya di Oscas. Beli tas di Oscas dijamin puas dan harganya nggak menguras kantong!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini