Belum tahu pengertian moderator ? Simak penjelasan lengkapnya.

Memahami Moderator Adalah dan Apa Bedanya dengan MC

Sebenarnya, moderator adalah profesi apa? Lantas, apa bedanya dengan MC? Untuk memahaminya, simak penjelasan berikut ini ya!

Memahami Moderator Adalah dan Apa Bedanya dengan MC

Dalam sebuah acara, kita pasti akan melihat adanya MC (Master of Ceremony). Selain MC, ada juga moderator yang turut mendukung sebuah acara. Sebagian orang menganggap keduanya merupakan profesi yang sama, padahal berbeda. Sebenarnya moderator adalah apa? dan apa bedanya dengan MC? Yuk, kita bahas!

Dilansir dari Wikipedia, moderator adalah istilah umum yang digunakan dalam acara tertentu seperti kajian, musyawarah, dan kongres. Orang yang menjadi moderator ditugaskan untuk menjembatani, menengahi, memandu, dan mengendalikan sebuah acara yang sedang berlangsung. Moderator diharapkan mampu membuat acara tersebut berjalan dengan tertib.

Dalam bahasa Inggris, moderator diartikan sebagai seorang arbiter atau mediator. Atau, bisa juga disebut sebagai orang yang memoderasi forum internet atau diskusi online. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), moderator memiliki beberapa pengertian yang berbeda. Ini termasuk:

  • Moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya).
  • Moderator adalah pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah.
  • Moderator adalah alat pada mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.

Memahami Moderator, Tokoh yang Perannya Sangat Penting dalam Sebuah Acara 

Banyaknya orang dalam suatu komunitas dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya konflik. Setiap orang dalam sebuah komunitas pasti memiliki sikap dan kepribadian yang berbeda. Oleh sebab itu, pikiran dan perasaan mereka tentang hal-hal tertentu juga berbeda dan mungkin tidak cocok antara satu dengan yang lainnya.

Agar acara dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari konflik, penting bagi panitia untuk menghadirkan seorang moderator. Kehadiran moderator sangat penting bagi kesuksesan dan kelancaran sebuah acara. Dengan adanya moderator, acara akan lebih tertib dan terhindar dari segala hal buruk yang mungkin terjadi.

Apa yang akan terjadi jika tidak ada moderator dalam sebuah acara, terutama acara diskusi? Yang pasti, jika narasumber lebih dari 1 pada sesi talkshow/presentasi, maka panitia akan kesulitan untuk mengontrol arah topik karena tidak ada yang bertindak sebagai lead (pemimpin diskusi).

Kecuali jika pembicara tersebut mendapatkan pengarahan singkat sebelumnya tentang peran/topik mereka saat briefing acara. Atau jika sebagai panitia, Anda memutuskan untuk tidak menggunakan moderator, maka pastikan setiap narasumber menyampaikan pesan secara terpisah (tidak dalam 1 sesi pada satu waktu talkshow)

Moderator bertugas untuk membimbing, mengelola, bahkan menengahi ketika terjadi konflik komunikasi di tengah sesi. Seorang moderator bertindak sebagai juru kunci untuk keseluruhan topik yang akan dibahas. Dengan demikian, konteks diskusi tidak akan keluar dari topik.

Selain itu, moderator juga berperan dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dianggap wajib untuk ditanyakan kepada narasumber agar informasi/pengetahuan yang disampaikan bisa lebih lengkap. Moderator akan merangkum pertanyaan yang muncul dari audiens dan membantu menciptakan suasana yang nyaman selama acara berlangsung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab moderator:

  • Memfasilitasi, meninjau, dan memantau jalannya diskusi atau debat.
  • Mengingatkan peserta yang berpotensi mengganggu jalannya debat dan menyalahi aturan.
  • Menggunakan standar atau pedoman untuk memastikan bahwa semua konten yang dibagikan selama acara sudah sesuai dan mematuhi aturan komunitas.
  • Mengingatkan peserta jika ada yang berbicara menyimpang terlalu jauh dari topik utama.
  • Memastikan ruang di mana diskusi atau debat berlangsung adalah ruang yang positif dan aman yang mendorong untuk saling berinteraksi.
  • Menjelaskan topik yang akan dibahas secara singkat agar lebih mudah dipahami para anggota debat atau diskusi.

 Baca juga : Apa Itu Diklat? Tujuan, Manfaat, Jenis & Metodenya

Perbedaan Moderator dan MC

MC (Master of Ceremony) dan moderator adalah dua jenis profesi yang berbeda. Meskipun sama-sama hadir dalam sebuah acara, tetapi keduanya memiliki tugas dan peran yang berbeda. Bukan hanya itu, umumnya MC dan moderator juga hadir dalam berbagai jenis acara yang berbeda.

Biasanya, MC bekerja di acara-acara yang bersifat umum. Arti umum yang dimaksud disini seperti acara pernikahan, konser, ulang tahun, dan lain sebagainya. Lain halnya dengan MC, moderator akan bekerja pada acara yang sifatnya lebih spesifik. Misalnya, pada acara yang bersifat diskusi atau melibatkan pemaparan dari narasumber.

Tugas MC adalah membuka dan menutup acara, serta berperan untuk mengelola suasana dan menjadikan acara lebih interaktif. Berbeda dengan MC, moderator memiliki tugas yang lebih kompleks. Biasanya, moderator akan melakukan mini riset tentang topik dan narasumber hingga persiapan jalannya diskusi.

MC akan mendapatkan konten yang berisi rangkaian acara dari awal sampai akhir. Dalam hal ini, MC akan mengatur jalannya acara sesuai dengan alur konten yang sudah direncanakan sebelumnya. Selama acara berlangsung, MC hanya perlu mengikuti aturan alur tersebut sampai selesai.

MC bisa bekerja berdasarkan acuan konten atau alur yang sudah dibuat, tetapi tidak dengan moderator. Umumnya, moderator lebih sering melakukan improvisasi. Hal ini disesuaikan dengan peserta dan narasumber yang terlibat dalam acara. Oleh sebab itu, moderator harus memiliki wawasan luas agar bisa memahami atau menangkap isu yang dijadikan topik utama dalam acara diskusi yang ia pimpin.

Rekomendasi Barang yang Cocok untuk Dijadikan Bingkisan Hadiah Acara

Jika Anda merupakan panitia atau penyelenggara acara, tak ada salahnya untuk memberikan barang tertentu sebagai bingkisan hadiah acara. Berikanlah kenang-kenangan yang berkesan untuk pengisi acara seperti MC dan moderator, serta para tamu acara Anda dengan memberi mereka hadiah atau souvenir.

Ada berbagai macam barang yang bisa dijadikan souvenir, salah satunya adalah Tas. Souvenir yang satu ini tidak hanya bagus, tetapi juga berguna. Orang akan memakai atau menggunakan tas souvenir dari Anda, sehingga orang lain juga akan melihat logo perusahaan atau merek Anda yang disematkan pada tas tersebut.

Bagi Anda yang ingin memberikan tas sebagai souvenir, pastikan Anda hanya membeli di tempat yang tepat seperti OSCAS. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan tas ini melayani pesanan tas dalam partai besar maupun kecil. Jadi berapapun tas yang Anda butuhkan, OSCAS pasti siap melayani.

Ada banyak alasan kenapa Anda harus membeli tas di OSCAS, salah satunya adalah kualitasnya. OSCAS memiliki Standard Operating Procedure (SOP) dan Quality Control yang sangat ketat, sehingga tas yang diproduksi pun terjamin kualitasnya dan terbukti lebih unggul dibanding tas lainnya.

Demikian penjelasan tentang moderator adalah dan apa bedanya dengan MC. Semoga Anda dapat memahaminya dan mengerti perbedaan antara kedua profesi tersebut.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini