Pengertian ritsleting secara lengkap dan mendalam. Simak penjelasannya

Ritsleting Adalah Sleretan yang Banyak Manfaat Kegunaannya

Ritsleting adalah salah satu bahan yang berguna untuk pembuatan produk tas dan pakaian. Ritsleting memiliki banyak manfaat kegunaannya. Pilihlah ritsleting terbaik terutama untuk produk tas dengan memesan di OSCAS.

Ritsleting Adalah Sleretan yang Banyak Manfaat Kegunaannyapexels/Athena

Kita semua tentunya sudah sangat familiar dengan ritsleting adalah sleretan. Gambarannya juga seringkali bahkan hampir setiap kali dijumpai. Dengan berbagai macam pakaian yang dimiliki, tentunya banyak yang memiliki ritsleting. 

Dengan fungsi yang sudah diketahui khalayak umum. Tetapi tahukah Anda bahwa ritsleting memiliki banyak jenisnya dan memiliki kegunaannya masing-masing?

Ritsleting adalah benda yang memiliki penggunaan untuk menyambungkan dua sisi menjadi satu. Ritsleting sendiri memang digunakan pada beberapa barang seperti koper, tas, celana, alat tenda dan juga barang yang terbuat dari tekstil maupun kulit. Penggunaan risleting sendiri cukup disukai banyak orang karena dinilai memudahkan dalam penggunaan suatu benda. Benda ini memiliki kemudahan yang praktis dibanding kancing ataupun tali. 

Ritsleting adalah 2 potong kain di sisi kanan dan kiri yang saat menariknya dapat membentuk seperti huruf Y. Gesekan yang terjadi pada giginya mampu membuka dan menutup pintu tersebut. Bunyi yang ditimbulkan dari gesekan tersebut begitu khas.
 
Bentuknya yang kecil tidak membuat manfaatnya juga kecil. Justru manfaatnya begitu besar dan kerap kali menjadi pilihan utama. Melakukan aktifitas apapun nampak begitu praktis dan mudah karena risleting. 

Ritsleting adalah zipper dalam bahasa inggris dan kerap kali dianggap dengan penyebutan yang keren. Kata resleting lebih sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi dalam bahasa baku benda tersebut dinamai ‘risleting’. Perbedaannya hanya terletak pada huruf keduanya saja. 

Penggunaan kata ritsleting lebih banyak ditemui pada jejak akun media sosial dalam ratusan tahun yang lalu. Dalam bahasa indonesia kata ini merupakan serapan dari kata bahasa belanda ‘ritssluiting’ dan akhirnya dibakukan pada KBBI IV. 

Jenis-jenis Ritsleting dan Manfaat Kegunaannya

Ritsleting memiliki banyak jenisnya dan memiliki manfaat yang berbeda dalam kegunaannya. Di sini kita akan membahas bersama jenis resleting dengan manfaat kegunaannya, sebagai berikut:

1. Molded Plastic

Tipe ritsleting molded plastic ini merupakan yang cukup berbeda dalam penempatannya. Dengan bahan yang digunakan berasal dari harga yang cukup murah. Jadi, ritsleting ini dapat dikatakan yang paling terjangkau pembeliannya. 

Kegunaan tipe yang satu ini berguna pada tas yang bergaya, totebag, juga pakaian anak kecil yang menggemaskan. Dengan gigi yang terlihat lebih kaku tentunya membuatnya nampak cocok dengan barang tersebut.

2. Coil Zipper

Jenis ritsleting yang satu ini merupakan yang termasuk dalam kategori ringan dan begitu populer bagi kebanyakan orang. Ritsleting ini memiliki gerigi yang terbuat dari bahan nilon dan juga dapat memakai poliester. Coil zipper salah satu ritsleting yang pengaplikasiannya langsung ditenun atau bisa dijahit dan setelahnya menjadi pita dengan bentuk yang melingkar.

Pembuatannya cukup fleksibel dan cocok jika Anda ingin menggunakan kepada jaket ataupun proyek yang serupa. Dengan bentuk gigi yang terkesan halus dibandingkan dengan tipe lainnya yang terbuat dari plastik ataupun logam. 

3. Waterproof Zipper

Ritsleting adalah benda yang memiliki berbagai manfaat dengan jenisnya masing-masing. Ritsleting waterproof zipper yang satu ini memiliki kegunaan pada pakaian yang dikhususkan pada orang-orang yang memakainya terlibat dalam air. 

Perenang ataupun yang memang digunakan dalam air dengan tekanan air yang begitu tinggi. Cocok sekali dengan kondisi di mana Anda diharuskan masuk dalam tempat yang kedap suara.

4. Fireproof Zipper

Dengan banyak varian tipe yang satu ini cocok dengan keadaan yang cukup ekstrem berhubungan dengan api. Kegunaan dari ritsleting ini biasa digunakan pada pakaian yang memiliki profesi dengan api. Pakaian pemadam kebakaran, penjinak bom hingga pada ahli astronot juga memakai ritsleting tipe yang satu ini. 

Ritsleting dibuat untuk tidak mudah terbakar dengan keadaan yang begitu mencekam dengan api. Dirancang baik dengan bahan pembuatan yang berkualitas.

5. Metal Zipper

Dengan gigi yang berbahan dari logam, metal, nikel, alumunium hingga kekuningan. Kegunaan ritsleting ini seringnya digunakan pada jaket kulit hingga penutup mantel. Bahan yang terbuat dari metal cenderung digunakan pada pakaian atau barang yang juga memiliki kain yang berat. 

Hal ini membuat baju ataupun mantel dengan resleting nampak seimbang. Karena jika berat resleting tidak seimbang dengan pakaian yang akan dipasangkan, maka akan terjadi kemerosotan. 

6. Invisible Zipper

Ritsleting adalah benda yang memiliki banya keunikan juga di dalamnya. Jenis yang satu ini memiliki gigi yang kebanyakan dijahit di dalam pakaian. Kegunaan ritsleting yang satu ini memang untuk tidak terlihat. Tipe ritsleting invisible zipper ini biasa digunakan pada pakaian formal dan gaun.

Pakaian tersebut begitu cantik dan juga formal tentunya tidak ingin terlihat jahitannya. Sesuai namanya yang ‘invisible’ maka memang ritsletingnya dibuat tidak terlihat. 

7. Vislon atau Darlin Zipper

Ritsleting ini memiliki gerigi yang putus putus atau tidak spiral. Bentuknya juga memiliki gigi yang besar dan interval yang memang lebih panjang dibandingkan dengan ritsleting coil. Ritsleting vislon dulu terbuat berasal dari bahan plastik, tetapi sekarang bahannya sudah berubah dengan bahan logam. 

Dengan berbagai jenis resleting dan juga kegunaannya membuat kita semua menyadari betapa pentingnya peran dari benda yang bernama resleting. Ritsleting adalah salah satu benda yang memang memiliki banyak manfaat dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Dengan model yang begitu banyak, tentunya kegunaannya juga berbeda. Pastikan Anda membeli ritsleting yang sesuai dengan kegunaan.

Manfaat ritsleting ini begitu memiliki banyak varian dan juga sangat mudah menggunakannya. Penggunaan yang memang cukup praktis dan begitu mudah membuat banyak orang lebih memilih menggunakan ritsleting dibandingkan dengan kancing maupun tali. Lalu, ristleting apa yang ingin Anda beli?

Jika Anda ingin mendapatkan resleting adalah dengan kualitas bagus, terutama untuk produk tas yang Anda harapkan, bisa memesan di OSCAS yang dipercaya sebagai jasa pembuatas tas berkualitas.

OSCAS memiliki berbagai macam produk tas terbaik di Indonesia. Mulai tas sekolah, tas ransel, tas kantor dan masih banyak yang lainnya. Bahkan Anda bisa memesan jenis tas di OSCAS sesuai desain dan permintaan. Jadi, solusi mendapatkan tas dengan ritsleting terbaik hanya di OSCAS.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini