10 Tips Membuat Desain Undangan Gathering yang Unik dan Elegan

Salah satu elemen penting saat mengadakan acara gathering adalah membuat desain undangan. Jika Anda bingung karena baru pertama kali membuat, berikut ini tips-tips praktis yang bisa Anda terapkan!

10 Tips Membuat Desain Undangan Gathering yang Unik dan EleganPexels by Rachel Claire

Setelah selesai menentukan tema acara, lokasi, layanan, dan rundown acara, selanjutnya Anda juga perlu membuat desain undangan gathering untuk dikirim ke sema tamu. Mendesain undangan gathering ternyata gampang-gampang susah karena Anda harus pandai memadupadankan warna, konsep, dan tema. 

Belum lagi Anda juga membutuhkan tools desain yang mumpuni untuk menghasilkan kualitas visual desain undangan gathering yang bagus. Nah, untuk membantu Anda berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain undangan pesta jadi lebih mudah.

1. Mulailah dengan Menentukan Dimensi Kartu Undangan

Dimensi kartu undangan gathering biasanya didasarkan pada jenis pesta yang Anda adakan dan temanya. Dimensi kartu undangan memberi Anda gambaran tentang bentuk kartu yang akan menentukan bagaimana Anda harus mendesain kartu tersebut, teknik melipat atau mengemasnya hingga mengirimkannya. 

Di bawah ini adalah dimensi yang disarankan untuk Anda pertimbangkan dalam membuat desain undangan gathering:

  • 8,89 x 12,7 cm (kartu RSVP)
  • 13,3 x 13,3 cm (undangan persegi)
  • 10,8 x 14 cm (responsible card)
  • 11,4 x 15,8 cm (responsible card)
  • 12,7 x 17,7 cm (undangan standar)
  • 14 x 19 cm (undangan besar)
  • 16,5 x 22,2 cm (undangan besar)
  • 10 x 48,8 inci (undangan tipis)

2. Buat Desain Undangan Gathering Jauh Sebelum Hari H

Jangan menunggu hari-hari terakhir menjelang acara gathering untuk mulai mendesain undangan Anda. Itu karena kartu undangan biasanya akan menjadi kesan pertama pesta Anda dan memberikan gambaran serta ekspektasi untuk para tamu tentang acaranya nanti. 

Jadi, jangan terburu-buru dalam merencanakan konsep, tipografi, desain, dan lain sebagainya untuk membuat desain undangan pesta Anda.

3. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Template Premade

Template siap pakai dari layanan desain grafis seperti Canva bisa sangat berguna tidak hanya untuk menghemat waktu Anda, tetapi juga membantu Anda mendapatkan inspirasi untuk membuat desain undangan gathering Anda. Ada banyak pilihan template siap pakai yang gratis maupun berbayar dan bisa Anda custom tapi berdasarkan format yang telah dirancang secara profesional.

4. Tentukan Style Undangan

Setelah menentukan dimensi atau ukuran undangan dan mendapatkan template yang pas untuk desain undangan pesta Anda, selanjutnya tentukan gaya visualnya. Dan hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah soal pemilihan warna. 

Untuk memilih warna yang tepat, ada baiknya jika Anda menggunakan teori warna sebagai panduan praktis untuk pencampuran warna dan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Memahami hal ini akan benar-benar membantu Anda memilih warna yang unik dan serasi untuk desain undangan Anda. 

Dengan pemilihan warna yang tepat, akan mempengaruhi persepsi undangan Anda. Salah satu cara untuk mempercepat proses ini adalah dengan membuat mood board untuk meletakkan dan menyerasikan tipografi, gambar, warna, dan lain-lain guna menemukan tampilan desain undangan yang unik.

5. Perhatikan Font yang Anda Pilih

Ketika berbicara tentang font dan tipografi pada desain undangan gathering, selalu lebih baik untuk menjadikannya tampak unik dengan mengekspresikan apa yang Anda inginkan dibandingkan menggunakan font umum. Salah satu cara terbaik untuk menemukan banyak font berkualitas tinggi, unik, dan gratis adalah melalui Google Font. 

Meskipun bisa bebas berkreasi dengan font, hindari menggunakan terlalu banyak font karena itu akan membuat desain undangan Anda jadi lebih norak.

6. Pastikan Teks Berada di Center

Saat membuat desain undangan pesta, hindari memasukkan banyak teks ke dalam kartu karena akan membuat penerimanya kelelahan membacanya. Penting untuk membiarkan ada ruang kosong di sekitar gambar, simbol, dan di antara teks. Untuk memberi lebih banyak ruang kosong, Anda bisa memanfaatkan ampersand (simbol ‘&’) pada teks.

7. Pastikan Teks Anda Mudah Dibaca Dan Desainnya Konsisten

Saat memilih font dan tipografi, sangat mungkin bagi Anda untuk mudah terbawa suasana dan mencoba berbagai jenis font yang mungkin sulit dibaca atau dipahami. Sebaiknya, hindari hal ini, ya. 

Begitu juga dengan ukuran font, pastikan Anda memilih yang ukurannya tidak terlalu kecil. Memiliki konsistensi dalam desain Anda sangat penting, terutama jika Anda perlu mencetak undangan dalam jumlah yang banyak.

8. Gunakan Fotografi

Tidak cuma terbatas pada teks dan desain grafis, menambahkan foto yang berfokus pada tema acara gathering bisa jadi cara yang bagus untuk membuat undangan lebih personal dan intim bagi mereka yang menerima undangan Anda. 

Misalnya, jika Anda menggunakan foto atau simbol perusahaan Anda untuk undangan company gathering atau foto keluarga untuk undangan acara family gathering. Itu jauh lebih intim daripada mengirim kartu hanya dengan desain formal di atasnya. 

9. Pertimbangkan untuk Menambahkan Tekstur Pada Undangan Anda

Jika Anda benar-benar ingin membuat undangan Anda menonjol dan memiliki nuansa unik dan artistik, menambahkan tekstur ke desain undangan gathering merupakan pilihan yang tepat. Dalam hal tekstur, ada 3 pilihan tekstur populer yang dapat Anda gunakan.

Di antaranya tekstur debossed yang ditekan masuk ke dalam permukaan kertas dan embossed yang ditekan ke luar permukaan kertas. Ada juga teknik letterpress printing berupa tekstur ukiran jejak teks atau gambar, baik dengan atau tanpa tinta di atas kertas. 

10. Bungkus dengan Kertas Wrap atau Amplop

Langkah akhir dari proses desain undangan gathering adalah pertimbangkan untuk menambahkan sentuhan pribadi seperti tanda tangan unik Anda di bagian bawah undangan. Setelah selesai mendesain undangan pesta Anda, inilah saatnya untuk mengirimkannya. 

Tapi tidak secepat itu, Anda harus mengemasnya ke dalam amplop terlebih dahulu. Pertimbangkan untuk mendekorasi amplop Anda dengan pita, desain, stiker, atau gambar. Amplop akan menjadi elemen pertama dari desain undangan Anda yang akan dilihat penerimanya. 

Jadi, pastikan Anda menggunakan kertas berkualitas tinggi untuk mencetak undangan maupun amplop. Ada beberapa jenis kertas yang patut Anda pertimbangkan untuk membuat amplop. Di antaranya ada kertas art paper 150 gsm, matte paper 120 gsm, kertas HVS 80 gsm atau 100 gsm, samson kraft 70 – 280 gsm, dan kertas earth one white.

Itulah beberapa tips membuat desain undangan gathering yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan kartu undangan yang unik dan elegan. Kesimpulannya, pastikan desain undangan tersebut mencerminkan style, tema, dan vibes yang Anda tuju ketika datang ke pesta Anda. 

Jika Anda menerapkan tips-tips di atas, semua perhatian ekstra terhadap detail akan benar-benar terbayar. Pastikan untuk mengirimkan undangan jauh hari sebelum hari H acara agar para tamu Anda punya cukup waktu untuk mempertimbangkan, merencanakan, dan mengakomodasi kehadiran mereka ke acara gathering Anda. 

Selain membuat desain undangan, penting untuk menyediakan souvenir untuk memeriahkan acara gathering. Selain bisa dijadikan kenang-kenangan yang usable, souvenir tersebut bisa jadi media branding yang kuat untuk perusahaan atau komunitas Anda. 

Dan di antara banyaknya pilihan souvenir, tas merupakan pilihan terbaik karena lebih bermanfaat dan bisa dipakai berkali-kali. Karena akan diberikan kepada para tamu undangan acara gathering, sudah seharusnya jika Anda menyiapkan tas yang berkualitas sebagai souvenir dan OSCAS bisa jadi jasa pembuatan tas yang bisa Anda andalkan.

Baik itu tas selempang, tas pouch, tas ransel hingga tas seminar, OSCAS siap melayani pemesanan dalam partai kecil maupun besar. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena OSCAS menggunakan desain terkini dan bahan tas premium, namun dengan harga yang bersahabat.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini