Rekomendasi bahan untuk membuat tas ransel sekolah

10 Jenis Bahan Tas Ransel yang Bagus dan Awet untuk Sekolah

Membuat tas sekolah harus dengan bahan yang tepat. Oleh karena itu ketahui cara menentukan bahan tas ransel yang bagus dan awet.

10 Jenis Bahan Tas Ransel yang Bagus dan Awet untuk Sekolah

Membuat tas sekolah harus dengan bahan yang tepat. Oleh karena itu ketahui cara menentukan bahan tas ransel yang bagus dan awet.

Berbeda dengan tas untuk kebutuhan fashion, ransel sekolah dipakai hampir setiap hari. Jadi, bahan yang dipilih haruslah tahan banting.

Kualitas sepadan dengan harga. Bahan yang berkualitas tinggi pasti harganya lebih mahal dan sebaliknya.

Agar tidak salah pilih, artikel kali ini akan merekomendasikan bahan tas ransel terbaik dari banyak pilihan yang tersedia di pasaran.

Rekomendasi Bahan Tas Ransel yang Bagus dan Awet

Berikut beberapa rekomendasi jenis bahan pembuat tas ransel sekolah terbaik:

1. Cordura

Cordura adalah salah satu jenis material sintetis. Bukan sekadar jenis kain, tetapi nama Cordura sudah menjadi merek yang dipatenkan.

Keunggulan utamanya yaitu daya tahan dan kekuatannya. Cordura tahan aus serta tahan air.

Secara umum bahan ini sangat cocok untuk ransel agar barang-barang di dalamnya aman. Selain itu kamu juga dapat menemukannya di peralatan militer.

Di Korea terdapat kain serupa Cordura dengan merek Kodra

2. Nilon

Bahan tas ransel yang bagus dan awet selanjutnya yaitu nilon. Jika kamu menginginkan tas yang tahan air, inilah pilihan paling tepat.

Tas outdoor biasanya memprioritaskan bahan nilon karena tahan aus, tahan air dan kehalusannya.

Nilon diketahui sebagai serat sintetis pertama di dunia. 

3. Polyester

Bahan tas polyester tak kalah populer, sebab harganya murah. Bedanya dengan serat sintetis lain, polyester anti keriput dan kusut. 

Ditambah polyester juga punya perlindungan ekstra terhadap UV. Ini dapat mencegah kerusakan ransel akibat paparan sinar matahari terus menerus.

Selain itu bobotnya yang ringan membuat polyester sangat cocok menjadi bahan tas sekolah yang bagus dan awet. 

4. Baby Ripstop

Bahan tas baby ripstop punya pola kotak-kotak yang khas. Pola tenunan inilah yang menghentikan jika terjadi robekan agar tidak semakin meluas.

Ketahanannya terbukti sangat baik. Maka dari itu tas sekolah baby ripstop pastinya kuat dan tahan lama.

Kain baby ripstop juga digunakan untuk membuat tenda hingga pakaian militer.

Sayangnya bahan ini bersifat menahan panas sehingga saat penggunaan luar ruangan di siang hari akan terasa panas.

5. Katun Kanvas

Katun kanvas adalah pilihan bahan tas ransel yang murah. Lebih cocok untuk tas sekolah karena kurang kuat jika membawa barang-barang berat.

Seringkali produsen menambahkan lapisan lilin supaya tahan air, tetapi itu kurang efektif untuk jangka panjang.

Katun kanvas biasanya bukan menjadi bahan utama melainkan campuran dengan jenis bahan lain yang lebih kuat. Dari segi harga memang relatif terjangkau.

6. Kulit Asli

Berdasarkan jenisnya, kulit asli termasuk jenis bahan alami untuk tas. Sejak berabad-abad lalu kulit sudah menjadi bahan baku tas.

Kulit buaya, sapi dan kambing adalah beberapa contoh jenis kulit populer. Banyak produsen mencoba berinovasi, misalnya Hermes dengan bahan tas Togo.

Bagaimanapun, ini merupakan rekomendasi bahan tas ransel yang bagus dan awet kelas premium. 

Akan tetapi, ransel sekolah dari kulit asli jelas harganya mahal. Selain itu merawat tas kulit juga butuh perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga.

7. Kulit Imitasi

Faux leather/vegan leather/kulit imitasi adalah bahan buatan yang menyerupai kulit asli. Ada banyak jenis kulit imitasi dengan karakteristiknya masing-masing.

Sebagai contoh bahan tas Virotex dan Colombo. Keduanya sama-sama kulit imitasi tetapi punya keunggulan yang berbeda.

Selain itu, kulit imitasi harganya murah dan tahan air. Cara merawatnya pun lebih mudah daripada kulit asli.

8. Denim

Bahan tas ransel yang bagus dan awet selanjutnya kain denim. Selain jaket dan celana denim, tas denim juga banyak diminati. 

Denim terbuat dari anyaman serat katun alami. Permukaannya memang kasar tetapi sangat cocok untuk membuat tas yang bergaya. 

Bahan denim dikenal kuat dan tidak mudah koyak.

9. PVC (Poly Vinyl Chloride)

Pernah melihat ransel sekolah transparan? Itu adalah tas dari bahan PVC. 

Bukan cuma transparan, namun PVC juga bisa menghadirkan warna-warna unik yang tidak dimiliki jenis bahan lain.

Tidak semua PVC punya kualitas yang sama. Ini tergantung pada jenisnya. Secara umum PVC bersifat tahan air, tahan api dan tidak mudah sobek.

Namun, lantaran lebih sering digunakan pada tas fashion, kekuatannya tidak terlalu baik. Jadi, sebaiknya untuk membawa barang-barang yang ringan saja.

10. TPU (Thermoplastic Polyurethane)

TPU memiliki tingkat elastisitas tinggi dan sangat tahan terhadap aus. Permukaannya licin sehingga noda tidak mudah menempel. 

Meski mirip dengan PVC, tetapi TPU tergolong bahan ramah lingkungan. Hanya saja, untuk membuat tas dengan bahan ini membutuhkan modal lebih besar.

Beberapa jenis kulit imitasi juga dibuat dari TPU.

Penutup

Jika masih bingung harus pilih yang mana, kamu pelajari dulu bagaimana cara memilih bahan tas yang bagus. Dengan begitu kamu dapat menentukan material mana yang kriterianya cocok untuk model tas sekolah yang ingin dibuat.

Perlu berkonsultasi dengan ahlinya? Kamu bisa hubungi OSCAS.CO.ID untuk pemesanan tas sekaligus akan dibantu memilih bahan terbaik.

Topik Terkait:
Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini