Semua tentang conference yang perlu diketahui

Pengertian Conference, Tujuan, serta Jenisnya

Pengertian conference adalah media sharing pengalaman dan gagasan. Apa saja tujuan dan jenis-jenisnya? Baca lebih lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Conference, Tujuan, serta Jenisnya

Pengertian conference adalah salah satu media sharing pengalaman dan gagasan dengan orang-orang yang satu minat.

Conference bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika pernah menghadiri conference sebelumnya, kamu mungkin juga menyadari bahwa ada beberapa jenis conference.

Supaya lebih jelas, artikel ini akan membahas tentang pengertian conference, tujuan, serta jenis-jenisnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Conference?

Pengertian conference adalah pertemuan antara dua pihak atau lebih untuk membahas topik tertentu secara formal dan terstruktur.

Conference biasanya diadakan secara berkala, misalnya setahun sekali atau dua tahun sekali.

Dengan pelaksanaan conference, harapannya pihak-pihak yang terlibat saling memberikan ide atau solusi mengenai suatu masalah.

Siapa yang biasanya menggelar conference?

Secara umum conference boleh dilakukan oleh siapa saja untuk memiliki bersama, misalnya pelajar, peneliti, pekerja, aktivis, atau politisi. 

Contoh Conference di Indonesia

Dari penjelasan pengertian conference, ketahui contoh-contoh conference yang mungkin sudah cukup familier buat kamu:

Ilmiah: International Conference On Health And Medicine (ICHM).

Bisnis: Indonesia Digital Marketing Conference (IDMC).

Sosial: TEDxJakarta.

Press/news: Press Conference Update Perkembangan Covid-19.

Tujuan Conference 

Tujuan conference tergantung pada topik yang dibahas. Berikut ini beberapa tujuannya secara umum:

Tujuan Akademik

Conference menjadi ajang pertemuan para ilmuwan atau akademisi untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka. Tujuannya membagikan pengetahuan, meningkatkan kolaborasi dan mendapatkan feedback dari rekan sejawat.

Tujuan Bisnis

Selanjutnya, conference untuk pelaku bisnis membahas seputar tren terbaru yang berkaitan dengan bidang bisnis tertentu. Konferensi ini bertujuan memperluas jaringan, meningkatkan keterampilan, mempromosikan produk atau layanan.

Tujuan perdagangan

Di conference, masyarakat juga bisa bertemu dengan banyak vendor, konsepnya seperti pameran. Tujuan konferensi perdagangan yaitu mengumumkan produk atau layanan terbaru serta melakukan transaksi.

Manfaat Mengikuti Conference

Jadi, bisa dikatakan bahwa conference adalah acara yang sangat bermanfaat. Dengan menghadiri conference, Anda akan mendapatkan manfaat seperti:

  • menambah wawasan dari para pembicara
  • membantu kamu tetap up-to-date dengan tren terbaru di industri,
  • membangun jaringan relasi profesional,
  • menjalin kolaborasi dengan pihak-pihak yang punya minat sama,
  • menambah portofolio untuk karir atau studi lanjut,
  • meningkatkan kredibilitas sebagai profesional atau akademisi,
  • mendapatkan sertifikat.

Jenis-Jenis Conference

Selama ini kamu mungkin pernah melihat macam-macam conference. Menurut University of London, jenis conference dibagi menjadi:

Simposium

Simposium dikatakan sebagai bentuk conference informal. Acaranya menghadirkan beberapa pembicara yang menyampaikan presentasi atau masalah spesifik, diikuti sesi tanya jawab peserta.

Seminar

Seminar adalah conference yang bertujuan memberikan informasi, pengetahuan atau keterampilan kepada peserta. Di dalam seminar hanya ada satu atau dua pembicara ahli. Selain itu, audiens seminar cenderung lebih pasif.

Kolokium

Istilah ini merujuk pada conference interaktif. Muatan acaranya berupa diskusi, presentasi atau demonstrasi tentang suatu hasil penelitian. Oleh karenanya, kolokium umumnya dilakukan para akademisi.

Lokakarya

Workshop atau lokakarya artinya conference yang mengharuskan pesertanya berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar. Lokayarka lebih menekankan aspek praktis, contohnya latihan, simulasi atau studi kasus dengan dipandu oleh fasilitator berpengalaman.

Roundtable

Roundtable cocok untuk membahas isu-isu aktual. Jenis conference kelima ini melibatkan diskusi terbuka antara peserta dan pembicara. Rundown acara tidak tetap, melainkan mengikuti arah minat para peserta.

Penutup

Intinya, pengertian conference adalah salah satu cara efektif untuk berbagi wawasan dengan orang-orang yang satu minat. Dalam menggelar conference, kamu juga perlu memperhatikan banyak hal termasuk suvenir. Hubungi konveksi tas OSCAS.CO.ID jika membutuhkan suvenir tas untuk acara conference.

Topik Terkait:
Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini