Rahasia jual tas langsung laris di instagram. Simak lebih lengkap disini!

Biar Laris Manis, Pahami Strategi Pemasaran Produk Tas di Instagram

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang strategi pemasaran produk tas di Instagram. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjual tas di Instagram tapi tidak tahu bagaimana strateginya.

Biar Laris Manis, Pahami Strategi Pemasaran Produk Tas di Instagram

Berbisnis tas bukanlah hal mudah, terlebih banyak pesaing yang juga menjual produk yang sama. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan strategi pemasaran produk tas yang tepat agar tidak kalah saing dengan penjual lainnya. Selain berjualan offline, Anda juga harus memulai jualan secara online.

Di era digital seperti ini, banyak bisnis yang memasarkan produk atau jasanya secara online dengan memanfaatkan berbagai media. Ada berbagai media untuk berbisnis online, salah satunya adalah Instagram. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan pada Q4 2021 (naik 200% dari 2018), Instagram menjadi OG dan trendsetter pemasaran media sosial.

Berdasarkan hal tersebut, Anda dapat mencoba strategi Instagram Marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas sekaligus meningkatkan penjualan tas Anda. Perlu diketahui, Instagram Marketing adalah jenis pemasaran media sosial untuk mempromosikan brand di Instagram.

Mengapa Instagram Marketing Penting untuk Bisnis?

Instagram adalah saluran yang sempurna untuk menjangkau audiens yang sangat besar. Platform media sosial ini memiliki ratusan bahkan milyaran pengguna aktif setiap bulannya. Rata-rata, pengguna menghabiskan 53 menit per hari di Instagram. Hal ini menjadikan Instagram sebagai jejaring sosial kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Facebook.

Berdasarkan data terbaru, pembeli di Instagram diperkirakan telah beralih dari sekedar "menjelajah" menjadi benar-benar "membeli" secara besar-besaran. Menurut Instagram, 44% pengguna berbelanja di platform ini setiap minggu. Data yang sama menunjukkan bahwa 28% dari sesi tersebut direncanakan.

Instagram membantu menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan dan prospek. Orang-orang senang terhubung dengan brand tertentu melalui jaringan Instagram. Bahkan, sekitar  90% pengguna mengikuti setidaknya satu perusahaan di Instagram. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah peluang peningkatan kecepatan penjualan produk di Instagram.

Menurut penelitian Facebook pada tahun 2019, sekitar 65% orang yang disurvei mengunjungi situs web atau aplikasi brand tertentu setelah melihatnya di Instagram. Sedangkan, 46% orang yang diwawancarai membeli dari brand secara online atau offline. Mampu menjangkau pasar yang lebih luas adalah salah satu keuntungan Instagram Marketing.

Instagram membantu brand terhubung dengan audiens yang sangat besar, menghasilkan penjualan produk yang tinggi, dan meningkatkan brand awareness. Selain itu, masih banyak manfaat berjualan di Instagram lainnya. Jika Anda ingin memulai jualan tas di Instagram, Anda harus memahami strateginya terlebih dahulu.

Memahami Strategi Pemasaran Produk Tas di Instagram

Ada banyak sekali produk dan jasa yang ditawarkan di Instagram. Setiap bisnis mungkin menggunakan strategi yang berbeda-beda untuk menggaet pelanggan. Agar tidak kalah dengan pebisnis tas lainnya, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Ada beberapa tips pemasaran tas di Instagram, salah satunya sebagai berikut ini:

1. Selaraskan Rencana dan Sasaran Pemasaran

Instagram harus menjadi bagian integral dari rencana pemasaran bisnis Anda. Untuk membuat strategi pemasaran Instagram yang efektif, mulailah dengan melihat kalender pemasaran bisnis Anda dan lakukan brainstorming konten Instagram yang relevan untuk setiap inisiatif.

Rencanakan konten Instagram untuk setiap langkah proses, mulai dari teaser hingga pengumuman kolaborasi. Dalam hal ini, Anda dapat memetakan kalender Instagram di mana saja yang sesuai untuk tim Anda. Entah itu di papan tulis, spreadsheet, atau bahkan platform kolaboratif.

Saat Anda menambah beberapa ide konten ke kalender pemasaran Anda, perhatikan apa tujuan setiap yang Anda posting. Dengan begitu, Anda dapat menyelaraskan strategi pemasaran di Instagram Anda dengan tujuan pemasaran Anda. Setiap bisnis mungkin memiliki sasaran yang berbeda-beda, misalnya sebagai berikut ini:

  • Meningkatkan brand awareness terhadap penawaran atau bisnis Anda
  • Membuat orang tertarik dan terlibat dengan konten Anda
  • Mendorong orang melakukan klik website dari bio atau story Instagram Anda
  • Menjual produk secara langsung dari toko Instagram Anda

2. Sesuaikan Jadwal Posting Instagram

Strategi pemasaran produk tas selanjutnya adalah menyesuaikan jadwal posting Instagram. Haruskah Anda memposting konten tas setiap hari, beberapa kali sehari, atau hanya beberapa kali seminggu? Mendapatkan frekuensi posting Anda dengan benar sangat penting untuk strategi pemasaran produk tas di Instagram.

Menurut penelitian oleh Later, ukuran akun menentukan frekuensi posting yang tepat. Secara umum, akun kecil disarankan untuk mempublikasikan postingan beberapa kali sehari. Sementara akun akun besar dengan 250.000 pengikut atau lebih disarankan untuk memposting sekali per minggu.

Bukan hanya berapa jumlah posting saja, waktu mempublikasikan konten juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda memposting konten saat audiens Anda online, mereka lebih cenderung melihat dan terlibat dengannya. Agar mengetahui kapan followers Anda online, Anda dapat merisetnya.

Untuk mengetahui kapan followers Anda online, buka Insight Instagram dan ketuk Total Followers. Gulir ke bawah untuk melihat hari apa dalam seminggu dan jam berapa followers Anda yang cenderung online. Lalu, Anda bisa menambahkan waktu tersebut ke jadwal posting reguler Anda.

Meskipun Anda dapat memposting pada saat itu, Anda dapat menghemat waktu dengan menjadwalkan konten Instagram terlebih dahulu. Baik Facebook Business Suite maupun Creator Studio memungkinkan Anda menjadwalkan konten sehingga Anda selalu dapat mempublikasikannya pada waktu yang ideal.

3. Perkuat Jangkauan Instagram Dengan Hashtag

Untuk meningkatkan jangkauan konten Instagram Anda, penggunaan hashtag sangatlah penting. Pengguna Instagram dapat mengikuti hashtag untuk melihat tema tertentu dan mereka juga dapat menemukan konten Anda dengan mencari hashtag. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan hingga 30 hashtag pada postingan feed dan reels, dan hingga 10 hashtag pada story.

Biasakan menambahkan setidaknya satu hashtag di postingan bisnis Anda untuk memperkuat akun Anda. Kemudian tambahkan hashtag kampanye yang relevan dan campuran hashtag industri, deskriptif, lokasi, atau viral. Nah, berikut ini beberapa contoh hastag tas terpopuler di Instagram:

#tas #tasmurah #taswanita #tasimport #tascewek #tasselempang #tasbranded #tasransel #slingbag #tasimportmurah #dompet #jualtas #bag #tascantik #tasbatam #tasfashion #taslucu #grosirtas #taskekinian #sepatu #ransel #totebag #taswanitamurah #fashion #tassekolah #tasbagus #tasjakarta #taskeren #taskulit #tasslempang

4. Menjalankan Iklan Instagram

Kampanye iklan Instagram menjadi salah satu cara yang bagus untuk membangun brand dan meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih konten Anda yang mana dengan kinerja paling baik. Untuk menemukan konten terbaik Anda, gunakan fitur Instagram Insights Setelah itu, ketuk Boost Post untuk meningkatkan jangkauannya.

Selanjutnya, pilih target yang ingin Anda sasar. Hal ini dapat Anda ketahui dengan melihat dari data lebih banyak DM, lebih banyak kunjungan profil, atau lebih banyak kunjungan situs web. Kemudian tentukan target audiens dan berapa anggaran yang diperlukan untuk menjalankan iklan di Instagram. 

Untuk tujuan yang lebih kompleks seperti menghasilkan prospek atau meningkatkan penjualan ke eCommerce, gunakan Facebook Ads Manager untuk membuat kampanye. Anda dapat menjalankan iklan di Instagram, Facebook, dan Audience Network atau menyesuaikan materi iklan untuk penempatan berkinerja tinggi seperti Reels dan Story.

Jika Anda baru mengenal iklan Instagram dan belum banyak memahami tentang itu, ada baiknya Anda memulai dengan anggaran kecil terlebih dahulu. Pertama-tama, jalankan kampanye uji coba. Kampanye iklan semacam itu bertujuan untuk mengukur rata-rata biaya per seribu tayangan (BPS atau CPM), biaya per klik (BPK), dan biaya per hasil.

Setelah mendapatkan hasilnya, gunakan hasil awal tersebut sebagai tolok ukur. Kemudian lakukan uji materi iklan, pemirsa, atau penempatan baru untuk melihat apa yang dapat Anda capai dengan anggaran yang lebih besar.

Rekomendasi Distributor Tas Tangan Pertama 

Ingin bisnis tas Anda lebih menguntungkan? Pastikan Anda membeli tas di Oscas Indonesia. Berdiri sejak tahun 2015, Oscas memiliki pengalaman yang cukup lama dalam memproduksi tas berkualitas. Oscas siap melayani pembuatan berbagai jenis tas mulai dari tas seminar, tas promosi, tas kantor, tas wanita, tas goodie bag, tas pakaian, dan masih banyak lagi lainnya.

Oscas melayani pesanan tas dalam jumlah besar maupun kecil. Sebagai pabrik tas tangan pertama, Oscas berani memberikan garansi harga termurah. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang berbisnis tas, karena bisa membeli tas dengan harga murah dan menjualnya dengan harga tinggi.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini