Ukuran Spanduk Family Gathering Beserta Jenis Bahan dan Ide Desain

Menyiapkan acara reuni keluarga memang memerlukan persiapan yang matang. Mulai dari rundown acara hingga ukuran spanduk family gathering yang sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana ukuran standarnya?

Ukuran Spanduk Family Gathering Beserta Jenis Bahan dan Ide DesainPexels by Nicole Michalou

Jika Anda pernah menghadiri acara family gathering atau reuni keluarga, Anda akan tahu bahwa banyak hal yang benar-benar membuat acara tersebut benar-benar menyenangkan. Mulai dari hidangan, souvenir, spanduk, ID card, dan lain-lain.

Jika banyak orang yang hadir untuk acara tersebut, ini bisa menjadi waktu yang fantastis untuk menyediakan banyak makanan, games, dan challenges seru bersama anggota keluarga. Tapi, bagaimana jika Anda ditugaskan untuk mengaturnya tapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana? 

Nah, kami di sini untuk membantu Anda membuat pilihan ukuran spanduk family gathering, jenis bahan serta ide desain yang menarik dan bisa Anda buat sendiri. 

Terlepas dari ukuran dan desainnya, fungsi spanduk dalam acara family gathering sebenarnya cenderung menunjukkan keseriusan Anda sebagai pihak panitia atau penyelenggara dalam mengadakan acara tersebut. Spanduk dalam acara reuni keluarga ibarat seperti pohon dan lampu Natal saat musim perayaan tiba. 

Ukuran Standar Spanduk Family Gathering

Spanduk selamat datang untuk menyambut tamu atau anggota keluarga yang menghadiri acara, berikut beberapa pilihan ukuran spanduk yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan:

  • 5 x 1 meter
  • 4,5 x 2 meter
  • 3 x 1 meter
  • 4 x 0,8 meter
  • 3 x 0,8 meter
  • 2 x 1,5 meter

Pilihan Jenis Bahan Spanduk untuk Acara Family Gathering

Rayakan kumpul-kumpul keluarga Anda dengan memajang ukuran spanduk family gathering yang dengan desain khusus. Tunjukkan kepada semua orang betapa Anda menghargai waktu bersama dengan membuat spanduk reuni yang menyertakan nama dan foto keluarga Anda. 

Anda bisa mencetak desain Anda secara digital sehingga desain full color Anda terlihat tajam dan tidak pudar atau terkelupas. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk memajang spanduk ini baik di dalam maupun di luar ruangan karena tergantung jenis bahan spanduk yang Anda pilih. 

Bagi Anda yang bingung menentukan jenis bahan yang cocok untuk acara reuni keluarga Anda, berikut ini referensinya:

1. Spanduk Vinyl

Jika Anda berencana mencetak ukuran spanduk family gathering Anda dengan metode digital printing, maka bahan vinyl menjadi pilihan yang tepat. Bahan ini menjadikan spanduk Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah sobek. 

Tintanya juga tak akan mudah luntur walaupun terkena panas dan hujan. Sehingga sangat cocok untuk dipajang di acara family gathering bertema outdoor. 

2. Spanduk Albatros

Bahan ini recommended untuk Anda yang membuat spanduk reuni keluarga indoor. Itu karena bahan albatros bertekstur halus dan lembut. Selain itu, bahan ini biasanya jua sering dimanfaatkan untuk mencetak foto berukuran besar.

3. Spanduk Luster

Jenis bahan spanduk lain yang cocok untuk acara reuni keluarga bertema indoor adalah bahan luster. Bahan ini bertekstur kasar, tipis, dan mengkilap sehingga tidak perlu Anda laminasi lagi.

4. Spanduk Flexi Korea

Bahan ini memiliki kualitas yang cukup bagus sebagai spanduk family gathering lantaran hasil cetakannya lebih bagus dan bahannya lebih tebal. Itulah sebabnya spanduk berbahan flexi Korea sangat cocok untuk acara reuni keluarga atau acara lainnya yang bertema outdoor. 

Ide Desain Spanduk Family Gathering yang Inovatif

Setelah mengetahui tentang ukuran dan jenis bahan untuk membuat spanduk family gathering, saatnya Anda menentukan desainnya. Spanduk untuk acara reuni keluarga tidak harus didesain dengan komputer menggunakan CorelDraw atau Photoshop terlebih dahulu.

Sebaliknya, desain spanduk handmade bisa jadi ide yang unik, inovatif, serta lebih personal bagi keluarga yang bersangkutan. Berikut ini beberapa ide desain spanduk family gathering yang mungkin bisa menginspirasi Anda:

1. Spanduk dengan Lukisan Cetakan Tangan (Handprints)

Untuk membuat spanduk reuni keluarga ini, Anda akan memerlukan beberapa alat dan bahan, seperti:

  • Kain polos berukuran minimal 3 x 1 meter sebagai media untuk melukis. 
  • Air dan sabun atau bahan pembersih lainnya.
  • Tisu
  • Cat

Dengan spanduk ini, Anda cukup menuliskan nama keluarga Anda. Kemudian, pasang spanduk di pintu depan acara reuni keluarga Anda, dan saat tamu masuk, mereka dapat mengecat tangan mereka dan membubuhkan cap tangan mereka di spanduk polos. Menarik, bukan?

Jika Anda ingin memberikan sedikit sentuhan yang dipersonalisasi, Anda dapat meletakkan pena atau spidol di sana sehingga setiap orang dapat menuliskan nama mereka di samping cetakan tangan mereka. Ide desain spanduk ini akan tampak bagus di acara reuni keluarga di dalam ruangan, tapi tidak recommended untuk acara di luar ruangan. 

2. Desain Spanduk Footprints (Nama Keluarga)

Untuk membuat desain dan ukuran spanduk family gathering ini, Anda memerlukan alat yang hampir sama dengan yang Anda perlukan untuk opsi desain yang pertama. Namun, perbedaannya adalah bahwa dengan menggunakan spanduk ini, orang-orang harus melepaskan sepatu atau alas kaki mereka dan meletakkan jejak kaki mereka di spanduk tersebut. 

Mungkin perlu sedikit waktu bagi Anda untuk membersihkan cat dari kaki Anda, tetapi ide desain spanduk jelas merupakan salah satu gagasan yang paling kreatif dari sekian desain spanduk yang pernah ada.

3. Spanduk Goni

Ide desain spanduk family gathering dari goni juga merupakan gagasan yang tak kalah inovatif. Untuk membuat spanduk ini, Anda akan membutuhkan kain goni yang dipotong kotak-kotak. Kedengarannya memang sedikit merepotkan, tapi tetap saja layak untuk dicoba. 

Potongan kotak-kotak tersebut bisa Anda tuliskan huruf-huruf untuk mengeja nama keluarga Anda untuk kemudian disusun di tali dengan meroncenya. Ini cara yang bagus untuk membuat spanduk Anda terasa lebih personal. 

4. Spanduk Lambang Keluarga

Beberapa keluarga ada yang benar-benar diwakili oleh lambang atau simbol tertentu. Dan jika keluarga Anda adalah salah satunya, maka Anda bisa membuat ide desain ini di spanduk reuni keluarga Anda. 

5. Spanduk Jemuran Foto

Untuk memasang spanduk unik ini, berikut adalah beberapa hal yang Anda perlukan:

  • Tali
  • Dua tiang atau pohon untuk mengaitkan tali
  • Klip estetik

Cara membuatnya yakni kencangkan tali atau tali ke dua tiang, sehingga membentuk "tali jemuran". Kemudian, pasang foto setiap anggota keluarga. Anda dapat memilih untuk melakukan pengambilan gambar sendiri, atau Anda dapat meminta setiap peserta membawa foto cetak mereka sendiri untuk dipasang saat mereka masuk.


Itulah penjelasan mengenai ukuran spanduk family gathering beserta jenis bahan dan ide desainnya yang menarik, kreatif, dan inovatif. Membuat spanduk reuni keluarga yang berkualitas penting agar acara tersebut senantiasa melekat di hati dan dapat Anda gunakan kembali di acara reuni keluarga pada tahun-tahun berikutnya.

Selain spanduk, souvenir juga penting untuk memeriahkan acara family gathering. Dan salah satu pilihan souvenir yang useful adalah tas. Untuk keluarga tercinta, pastinya tas yang menjadi souvenir haruslah yang berkualitas juga. 

Kabar baiknya, kini telah hadir OSCAS sebagai konveksi tas No. 1 di Bandung yang menyediakan layanan pembuatan tas berkualitas untuk berbagai acara. Mulai dari tas untuk family gathering, tas ransel, tas seminar, tas mika, dan masih banyak lagi. Baik dalam partai besar maupun kecil, pesanan Anda akan tetap dilayani dengan penawaran harga yang kompetitif.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini